BRI Syariah Jadi Bank Pertama yang Luncurkan Layanan Laku Pandai

gomuslim.co.id- Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada, perbankan syariah Indonesia melakukan banyak inovasi produk. Salah satunya seperti yang dilakukan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah. Baru-baru ini, BRI Syariah meluncurkan produk baru berupa layanan keuangan tanpa kantor yang diterapkan pertama kalinya di Bank Syariah Indonesia.

BRI Syariah ikut berpartisipasi dalam inklusi keuangan melalui Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusi (Laku Pandai). Dengan nama BRISSMART, layanan ini adalah sarana yang menghadirkan Bank Syariah terdekat. Direktur Utama BRI Syariah Moch Hadi Santoso dalam rilis resminya mengatakan lewat program Laku Pandai, masyarakat yang belum memiliki tabungan atau terkendala jarak yang jauh dari kantor cabang bank bisa memanfaatkan layanan BRISSMART dengan mendatangi agen temanBRIS.

Hadi juga menjelaskan banyak kemudahan yang didapatkan masyarakat melalui layanan Laku Pandai BRISSMART. Beberapa kemudahan tersebut adalah nasabah bisa membuka tabungan di agen temanBRIS terdekat dengan setoran berapapun melalui nomor rekening yang sama dengan nomor ponselnya, sehingga mudah diingat.

Selain itu, nasabah bisa bertransaksi setor tunai, tarik tunai serta transfer di lintas agen temanBRIS. Nasabah juga gratis biaya administrasi bulanan tabungan, tidak ada batas saldo minimal, serta bisa menggunakan fasilitas aplikasi mobileBRIS yang memudahkan nasabah untuk cek saldo serta cek mutasi rekening.

Hadi menjelaskan, BRI Syariah meluncurkan program Laku Pandai dari OJK yang diharapkan dapat mendukung program keuangan inklusif sesuai dengan tujuan Pemerintah Indonesia yang dicanangkan dalam Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI). BRI Syariah telah melakukan berbagai persiapan termasuk pemantapan infrastruktur teknologi informasi serta seleksi para agen Laku Pandai terutama agen tradisional yang disebut sebagai temanBRIS.

Tidak hanya itu, BRI Syariah akan menggarap serius layanan Laku Pandai karena telah siap dan memiliki infrastruktur yang bagus serta didukung dengan pengalaman melayani nasabah dari kota hingga pedesaan atau pelosok Tanah Air. Menurut Hadi, BRI Syariah juga membuka kesempatan kepada nasabah yang memiliki usaha untuk menjadi agen Laku Pandai (temanBRIS), baik yang memiliki usaha toko kelontong, isi ulang pulsa HP, warung dan usaha lainnya.

“Dengan menjadi temanBRIS, agen akan mendapatkan fee sesuai dengan ketentuan maupun kebijakan yang berlaku di BRI Syariah yang berarti akan menambah penghasilan di luar usaha utama agen," tambah Hadi.

Lebih lanjut, Hadi mengatakan dengan semangat inklusi keuangan, layanan BRISSMART tidak membebankan biaya administrasi bulanan tabungan, tidak ada batas saldo minimal, serta adanya aplikasi mobileBRIS yang memudahkan nasabah untuk cek saldo serta cek mutasi rekening.

Saat ini PT. Bank BRISyariah menjadi bank syariah ketiga terbesar berdasarkan aset. PT. Bank BRISyariah tumbuh dengan pesat baik dari sisi aset, jumlah pembiayaan dan perolehan dana pihak ketiga. Dengan berfokus pada segmen menengah bawah, PT. Bank BRISyariah menargetkan menjadi bank ritel modern terkemuka dengan berbagai ragam produk dan layanan perbankan.

Sesuai dengan visinya, saat ini PT. Bank BRISyariah merintis sinergi dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk., dengan memanfaatkan jaringan kerja PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk., sebagai Kantor Layanan Syariah dalam mengembangkan bisnis yang berfokus kepada kegiatan penghimpunan dana masyarakat dan kegiatan konsumer berdasarkan prinsip Syariah. (fau/bris/dbs)

 

 

 

 


Back to Top