Gaet Konsumen Muslim, Inggris Segera Gelar Muslim Lifestyle Expo 2016

gomuslim.co.id- Konsumsi makanan dan produk-produk halal menjadi sangat penting bagi seorang Muslim. Terlebih jika tinggal di negara yang populasi Muslim masih minoritas. Kehati-hatian dalam memilih produk halal tentu harus diperhatikan. Kesadaran akan gaya hidup halal menjadi hal utama dalam setiap aktifitas Muslim dimana pun berada.

Menanggapi persoalan tersebut, Muslim Inggris pada akhir bulan Oktober ini akan menyelenggarakan pameran bergensi Muslim Lifestyle Expo (MLE). Pameran ini menghadirkan para pengusaha Muslim sukses beserta produk mereka. Beberapa jenis usaha dan produk halal akan menjadi sajian khusus bagi konsumen Muslim di negara tersebut.

Kegiatan yang akan berlangsung 29-30 Oktober di Manchester itu akan memamerkan produk-produk gaya hidup Muslim secara global. Produk tersebut mulai dari pakaian, makanan halal, pariwisata halal, sampai ke mainan anak-anak yang dibuat oleh perusahaan Muslim.

Salah seorang pengusaha yang akan berpartisipasi dalam pameran adalah Ali Imdad. Imdad merupakan seorang pengusaha restoran yang khusus menghidangkan makanan penutup. Ia sadar bahwa muslim tidak akan pergi ke bar atau klub. Sehingga ia bersama temannya mendirikan sebuah tempat yang dapat menjadi alternatif bagi muslim untuk menghabiskan waktunya, tanpa harus merasa khawatir akan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Usaha yang dibuka pada tahun 2013 ini telah mengalami perkembangan. Hal itu seiring dengan adanya peningkatan pendapatan dari Muslim, khususnya para pemuda. “Kebutuhan Muslim dimana pun pasti akan selalu ada. Namun, seorang yang taat beragama tentu akan sangat hati-hati dalam mengonsumsi setiap makanan dan minuman,” ujarnya.  

Menurut Globall Economic Islam, di seluruh dunia, sektor makanan diperkirakan bernilai lebih dari 2 triliun poundsterling pada akhir dekade ini. Angka ini mengalami peningkatan dua kali lipat dibandingkan ekonomi global secara umum.

Sementara itu, saat ini jumlah 1,6 miliar Muslim di dunia menjadi pasar yang menjanjikan dan masih belum banyak digarap. Pasalnya, pasar Muslim di seluruh negara mencapai 27 ribu triliun rupiah pertahun dan meningkat 6500 triliun rupiah setiap tahunnya.

Wakil Presiden sebuah produk Muslim Ogilvy Noor Shelina Janmohamed mengatakan, target pasar Muslim tentu sangat menggiurkan bagi para pelaku usaha bisnis halal. “Sebuah kesempatan besar dilewatkan perusahaan-perusahaan besar dunia, dan ini diambil alih oleh perusahaan baru yang didirikan para pemuda Muslim,” ujarnya

Lebih lanjut, ia menuturkan, saat ini pasar global mulai melirik pasar Muslim. Salah satunya, seperti keputusan Marks & Spencer yang menjual produk Burkini, pakaian renang Muslimah. Meskipun banyak yang tidak setuju pakaian renang tertutup perusahaan itu membuat produk tersebut.

Disisi lain, Lebih dari 90 persen konsumer Muslim mengungkapkan, agama sangat berperan penting dalam hal apa saja yang mereka beli. Misalkan kebutuhan akan hidup halal yang menjadikan mereka mencari barang-barang halal untuk dikonsumsi. Selain itu, H & M, salah satu rantai fashion terbesar di dunia, menarik perhatian dengan iklan yang menampilkan model berjilbab dalam produk mereka tahun lalu.  

Pendiri Muslim Lifestyle Expo Tahir Mirza, mengatakan kegiatan ini bertujuan mengenalkan produk halal dan memfasilitasi Muslim dalam pemenuhan kebutuhannya. “Pasar Muslim adalah pasar yang besar dan belum dimanfaatkan. Kami hanya mencoba memfasilitasi ke permukaan,” katanya.

Lebih dari 100 perusahaan dari 15 negara akan mendirikan kios-kios mereka dalam pameran ini. Peserta pameran akan mencakup produsen dan pemasok merek makanan halal, perlengkapan mandi dan kosmetik, busana sederhana, biro perjalanan, keuangan Islam, hiburan dan produsen kartu ucapan dan mainan.

Pameran juga akan diramaikan oleh fashion show, demonstrasi memasak dan pertunjukan stand up komedi. Selain itu juga akan ada seminar tentang pemberdayaan pengusaha perempuan, motivasi bisnis  dan lokakarya tentang seni Islam. Diharapkan akan ada 10 ribu pengunjung dalam pameran ini. (njs/dbs)


Back to Top