BRI Syariah Siap Kucurkan Dana untuk Semen Padang

gomuslim.co.id– PT Bank BRI Syariah sebagai salah satu bank Syariah terbesar di Indonesia kembali memberikan sukuk kepada salah satu perusahaan di Indonesia. Bank yang menjadi Bank Umum Syariah pada 2008 ini juga telah menghadirkan peminjaman untuk program KPR di beberapa provinsi di Indonesia.

Baru-baru ini, BRI Syariah telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Semen Padang untuk pemberian fasilitas pembiayaan kepada para supplier dan distributor rekanan. Kerja sama tersebut telah ditandatangani langsung oleh Direktur Utama BRI Syariah Moch Hadi Santoso dan Presiden Direktur Semen Padang Benny Wendry di Indarung Padang.

"Kerja sama ini membuktikan kepercayaan berbagai pihak termasuk PT Semen Padang untuk mengembangkan bisnisnya, dalam hal ini bisnis yang terkait supplier dan distributor rekanan PT Semen Padang," terang Moch Hadi Santoso dalam keterangan pers yang diterima gomuslim, Selasa (18/10).

Lebih lanjut, dia menerangkan tujuan dari pemberian pembiayaan tersebut adalah untuk membiaya pre and post project supplier serta distributor PT Semen Padang. Jika sesuai dengan rencana, BRI Syariah nantinya akan menggelontorkan pembiayaan sebesar Rp400 miliar untuk Semen Padang.

Hadi Santoso menambahkan, kepercayaan bagi BRI Syariah sangatlah diperlukan, untuk mengingat BRI Syariah pada tanggal 12  Oktober 2016 lalu baru saja menerbitkan sukuk mudharabah subordinasi I dengan jumlah dana sebanyak-banyaknya Rp 1 triliun. Dari aksi penerbitan itu, BRI Syariah menargetkan rasio kecukupan modal (CAR) perseroan bisa meningkat hingga 21%, dari saat ini sebesar 14,3%.

Periode book-building atas sukuk mudharabah tersebut akan dilakukan selama periode 12-26 Oktober 2016, dengan estimasi tanggal efektif 8 November 2016. Rencana penawaran umum dilakukan pada 10 sampai 11 November 2016. Selanjutnya, pendistribusian akan dilakukan pada 17 November 2016 atau bertepatan dengan ulang tahun BRI Syariah yang ke-8.

Sebelumnya, BRI Syariah ikut berpartisipasi dalam inklusi keuangan melalui Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusi (Laku Pandai). Hal ini sebagai upaya untuk merespons kemajuan teknologi sekaligus mendekatkan dunia perbankan dengan masyarakat luas.

BRI Syariah memberikan nama layanan ini BRISSMART (Sarana Menghadirkan Bank Syariah Terdekat) dan menjadi bank syariah pertama yang meluncurkan layanan ini. "Melalui program Laku Pandai, masyarakat yang belum memiliki tabungan atau terkendala jarak yang jauh dari kantor cabang bank bisa memanfaatkan layanan BRISSMART dengan mendatangi agen temanBRIS," ujar Direktur Utama BRI Syariah Moch Hadi Santoso, beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu, Bank BRI Syariah berencana akan melakukan penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO) yang ditargetkan dapat dilaksanakan pada 2018. Langkah ini dilakukan sebagai upaya mendongrak alternatif sumber pendanaan. Jika rencana penggalangan dana melalui IPO tersebut dapat terlaksana, maka secara otomatis pada 2018 perusahaan secara resmi tercatat dan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). (ari/dbs)



Back to Top