Duta Wisata Jadi 'Agent of Change' Pariwisata Halal di Serambi Mekkah

gomuslim.co.id- Setelah menang di tiga kategori Kompetisi Pariwisata Halal (KPHN) 2016, Provinsi Aceh menggelar sebuah acara untuk meningkatkan promosi wisata halal dunia. Acara tersebut melibatkan para muda-mudi dari Provinsi yang mempunyai julukan Serambi mekkah ini. Ajang bernama Duta Wisata ini adalah program yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2006.

Malam penobatan Duta Wisata Aceh 2016 yang mengangkat tema “Mewujudkan Aceh sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia” berlangsung pada pekan lalu, Sabtu malam (15/10/2016) di Auditorium Hotel Harmoni Kota Langsa.

Pada kesempatan tersebut, Kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Fahlevi dalam sambutannya memberikan harapan besar bagi calon duta wisata yang diikuti oleh 20 pasangan peserta dari 20 Kabupaten dan Kota se-Aceh agar kedepan dapat menjadi Public Relation (PR) bagi daerahnya masing-masing.

“Menjadi duta wisata Aceh tidak hanya sekedar tampil dengan sebutan Duta Wisata saja, namun seorang duta wisata yang baik dan profesional harus menjadi PR yang mampu membangun pencitraan positif tentang Aceh melalui berbagai pengalaman, pengetahuan dan talenta yang dimiliki,” jelas Reza, seperti dilansir dari publikasi resmi DisbudparAceh.

Tahun ini hanya ada 20 pasangan calon Duta Wisata Aceh yang ikut serta ditingkat provinsi, adapun yang tidak ikut serta yakni pasangan dari Kabupaten Pidie, Kabupaten Aceh Singkil, dan Kabupaten Nagan Raya. Berdasarkan keputusan dewan juri pada malam penobatan Duta Wisata Aceh 2016, berikut ini adalah nama-nama yang berhasil menyabet juara untuk masing-masing kategori:

Duta Wisata Aceh 2016 Kat. Intelegensia – Agam Imlan Siddiq dari Bener Meriah dan Inong Yulia Usfa dari Banda Aceh

Duta Wisata Aceh 2016 Kat. Favorit SMS – Agam Imlan Siddiq dari Bener Meriah dan Inong Nadia Putri Aulia dari Kota Sabang

Duta Wisata Aceh 2016 Kat. Favorit Media Sosial – Agam Reza Saputra dari Aceh Besar dan Inong Qurratu Falmuriat dari Aceh Besar

Duta Wisata Aceh 2016 Kat. Persahabatan – Teuku Haswan Chalid dari Simeulue dan Cut Mutia Sari dari Kota Lhokseumawe

Duta Wisata Aceh 2016 Harapan III – Agam Anizul Farmi dari Kota Sabang dan Inong Mariam Mahira dari Kota Langsa

Duta Wisata Aceh 2016 Harapan II – Agam M Awang Sabil Fikri dari Lhokseumawe dan Inong Qurratu Falmuriat dari Aceh Besar

Duta Wisata Aceh 2016 Harapan I – Agam Aan Risnanda Valevi dari Kota Banda Aceh dan Inong Nadia Putri Aulia dari Kota Sabang

Duta Wisata Aceh Juara III – Agam Zulfikar dari Aceh Selatan dan Inong Naula Aulia dari Bireuen

Duta Wisata Aceh Juara II – Agam Reza Saputra dari Aceh Besar dan Inong Farah Mita Suranda dari Aceh Jaya

Duta Wisata Aceh 2016 Juara I – Agam Fadli Nora Iranda dari Aceh Tengah dan Inong Cut Putri Nuzulia Syarif dari Aceh Utara.

Adapun, kegiatan Pemilihan Duta Wisata Aceh 2016 ini, sebut Reza telah berjalan dengan baik sesuai dengan harapan dan nilai-nilai adat istiadat budaya Aceh yang Islami. Hal ini menjadi nilai lebih, di mana Aceh yang telah terpilih mewakili Indonesia sebagai Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik untuk melaju ke ajang kompetisi World Halal Tourism Award (WHTA) 2016 yang akan berlangsung Desember mendatang di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

“Keberhasilan Aceh ini tentu saja tidak terlepas dari dukungan semua pihak, khususnya masyarakat Aceh dan masyarakat di luar Aceh umumnya yang secara sukarela telah berkenan melakukan voting dan ajakan voting secara online serta publikasi secara masif melalui berbagai media, khususnya media sosial,” sebutnya.

Reza menambahkan, untuk membangun pencitraan positif tentang Aceh dan meningkatkan kunjungan wisatawan, perlu dilakukan berbagai kegiatan promosi bersifat masif dan targeted serta memperkenalkan branding “The Light of Aceh” atau “Cahaya Aceh” yang merefleksikan spirit bagi seluruh masyarakat yang disatukan melalui Syariat Islam yang Rahmatan lil ‘alamiin sebagai cahaya benderang yang mengajak pada nilai-nilai kebaikan, kemajuan dan kemakmuran.

“Melalui semangat Rahmatan lil ‘alamiin sebagai filosofi utama pengembangan pariwisata halal nusantara, masyarakat Aceh yang mayoritas Islam diharapkan dapat menjadi masyarakat yang benar-benar Islami dan santun dalam melayani wisatawan berkunjung ke Aceh. Duta wisata ini tentu menjadi bagian dari Agent of Change, dan kami berharap kepada semua pihak dapat terus mendukung Aceh sebagai Destinasi Wisata Halal terbaik dunia, khususnya kepada duta wisata bisa terus berperan menjadi relawan atau “laskar digital” dalam memenangkan Aceh mewakili Indonesia, “ pungkas Reza.

Sebelumnya, Aceh telah berhasil menjadi salah satu pemenang untuk 3 (tiga) kategori dalam Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata RI, yaitu Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik 2016, Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik 2016 dan Daya Tarik Wisata Terbaik 2016. (fau/disbudparaceh/dbs)

Baca juga:

Tingkatkan Promosi Wisata Halal Dunia, Aceh Gelar Pemilihan Duta Wisata

Selamat! Aceh Menang di Tiga Kategori Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016

Pariwisata Halal Makin Populer, Jumlah Kunjungan Wisatawan Muslim ke Aceh Terus Naik

 

 


Back to Top