Buat Publik Simpati, Fotografer Ini Potret Kegiatan Muslim Shalat di Tempat Terbuka

gomuslim.co.id- Ibadah shalat lima waktu merupakan kewajiban bagi seorang Muslim. Namun, terkadang sulit menemukan masjid atau mushala ketika berada di suatu daerah yang penduduk Muslimnya masih minoritas. Akhirnya banyak Muslim di Amerika dan Eropa yang menyempatkan ibadah shalar di tempat-tempat umum namun masih bersih dan suci.

Baru-baru ini, seorang fotografer Muslim di Amerika mengabadikan momen Muslim yang beribadah di luar Masjid. Serangkaian foto dengan Places You'll Pray yang mengambil tema mempotret masyarakat muslim Amerika yang beribadah di luar masjid dan rumah mereka. Siapa sangka, ternyata karya ini mengundang simpati publik yang melihatnya.

Sana Ullah mengungkapkan ide membuat proyek foto tersebut ia dapatkan saat dirinya selesai melaksanakan shalat di ruang ganti di sebuah mall. Pengalamannya tersebut kemudian ia garap menjadi sebuah karya yang tidak biasa. “Awalnya saya berpikir banyak Muslim disini yang selalu mencari tempat dan kesempatan untuk beribadah. Karena sulit ditemukan masjid di tempat publik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sana mengatakan bahwa tujuan dari proyek foto ini bukanlah untuk memamerkan semua kesalehan maupun ketaatan mereka. Tapi, untuk menunjukkan kemudahan muslim dalam beribadah dan menggambarkan sisi kehidupan muslim yang jarang dibahas di media.

“Muslim tidaklah sejahat yang selama ini diberitakan di beberapa media, yang suka menyakiti orang lain. Masih banyak muslim yang cinta damai dan menemukan kedamaian dengan beribadah lima kali sehari,” tuturnya sebagaimana dilansir dari Buzzfeed.

Sana Ullah biasanya akan meminta subyek yang ia foto untuk membawa mereka ke tempat terbuka di mana ia pernah beribadah, baru mengambil fotonya. Ia juga menjelaskan kalau ia sering mengambil foto mereka yang salat berjamaah. “Sebelumnya memang sering mengambil foto saat ibadah shalat berjamaah,” katanya.

Tidak hanya itu, fotografer perempuan itu juga mewawancara subyek yang ia foto, menanyakan bagaimana pengalaman mereka beribadah di tempat terbuka tersebut. Misalnya saja, saat ia mewawancarai seorang pemain basket dari Florida yang pernah salat di lapangan.

“Waktu itu aku bertanya, bagaimana perasaannya saat shalat didepan publik. Lalu dia menjawab, saat pertama kali shalat di lapangan, banyak orang melihat. Awalnya terasa canggung, tapi lama kelamaan jadi biasa saja seperti shalat di masjid saja, " Sana bercerita.

Sementara itu, dalam beberapa kasus, Sana juga kerap mengambil foto secara spontan saat melihat seseorang yang tengah beribadah di tempat umum. Ia berharap, proyeknya ini dapat menjadi jembatan komunikasi antara pemeluk Islam dengan umat agama lainnya. “Semoga semua orang melalui karya ini dapat memahami keadaan Muslim ketika harus beribadah di tempat umum, ” harapnya. (njs/Buzzfeed/dbs)


Back to Top