Kini Dubai Lakukan Sertifikasi Syariah pada Saham Properti

gomuslim.co.id- Dar Al Sharia Islamic Finance Consultancy LLC baru-baru ini menyatakan bahwa saham Damac Properties Syariah untuk tujuan investasi dan perdagangan telah mengantongi sertifikat syariah. Hal ini diperoleh melalui review kegiatan dan rasio keuangan untuk memastikan kepatuhan Damac dengan prinsip-prinsip syariah sebagaimana diatur di bawah Organisasi Akuntansi dan Auditing untuk Lembaga Islam Keuangan (AAOIFA) Standar Syariah, Dubai Financial Market (DFM) Standar Syariah dan prinsip syariah yang berlaku umum.

Dar Al Sharia merupakan layanan satu pintu untuk penyedia solusi syariah. Perusahaan ini menjadi perintis dalam menyediakan secara lengkap penasehat dan jasa konsultasi Syariah untuk semua segmen Keuangan Islam yaitu bank syariah, perusahaan keuangan Islam (termasuk jendela Islam), perusahaan Takaful, Dana Islam dan Sukuk. Dar Al Sharia menyediakan kombinasi unik dari Syariah jasa konsultasi disesuaikan untuk memenuhi yurisdiksi dan peraturan yang berbeda.

Perusahaan ini telah menerima berbagai penghargaan internasional dan regional, diantaranya, penghargaan CPI Award untuk Best Syariah Advisory Service Provider tahun 2014 dan 2015, Global Islamic Finance Award untuk Konsultasi Keuangan Islam Terbaik untuk 2010-2015, Islamic Finance News (IFN) Award untuk terbaik Keuangan Konsultasi Islam - 2010-2015 dan IFN terbaik Syariah Advisory Firm pemberian - 2009-2013 dan 2015.

Sementara itu, Chief Financial Officer Goup Damac Properties, Adil Taqi,  mengutarakan bahwa pihaknya merasa bangga menerima sertifikasi dari Dar Al Sharia, yang menyatakan bahwa saham  Damaca Group sesuai Syariah. “Sertifikasi ini akan membuka cakrawala baru bagi kita dengan mengambil lebih luas lagi calon investor yang mencari instrumen keuangan berbasis syariah dan efek yang tercatat untuk konsistensi mereka dengan prinsip-prinsip dan peraturan Islam,” tegas Taqi.

Seperti dilansir dari publikasi Al Bawaba, Dar Al Sharia Islamic Finance menegaskan bahwa sesuai keuangan auditan Damac pada 30 Juni 2016, rasio keuangan yaitu rasio konvensional pinjaman, rasio investasi konvensional, rasio aset likuid dan rasio pendapatan non-complian, berada dalam batas yang dapat diterima sesuai dengan ketentuan Standar Syariah AAOIFA dan DFM Standar Syariah untuk perdagangan saham. Keuangan Damac Properties ini akan ditinjau setiap tiga bulan untuk memastikan sistem syariah yang berkelanjutan sesuai dengan status pemenuhan prinsip syariah berdasarkan perubahan dalam posisi keuangan dan kegiatan.

Damac Propert, pada tanggal 30 Juni 2016 saja telah menyediakan sekitar 16.000 rumah. Perusahaan ini memiliki portofolio perkembangan lebih dari 44.000 unit pada berbagai tahap kemajuan dan perencanaan. Yaitu terdiri atas  13.000 kamar, apartemen dan vila hotel, yang akan dikelola oleh Damac Hotels & Resorts. Dengan visi dan momentum, Damac Properties membangun generasi berikutnya dari kemewahan hidup Timur Tengah.

Damac Properties, bagian dari Damac Holdings yang didirikan pada tahun 2002, sebagai perumahan pribadi, rekreasi dan pengembang komersial di Dubai dan Timur Tengah. Sejak itu, Damac Properti telah berkembang pesat menyebar ke Afrika Utara, Yordania, Lebanon, Qatar dan Arab Saudi. Perusahaan ini memiliki beragam keahlian yang memungkinkan mereka untuk memiliki pengawasan yang baik dalam pengelolaan semua aspek proyek hak dari akuisisi lahan, penunjukan arsitek dan desainer, konstruksi dan penjualan untuk layanan purna jual.

Damac Hotels & Resorts, bagian dari keramahtamahan perhotelan, dengan pengembang real estate mewah. Damac Properties, telah mengumumkan bahwa pihaknya telah menandatangani kontrak eksklusif dengan InnSpire, penyedia global solusi  dalam hal melibatkan tamu hotel terkemuka di seluruh dunia. Berdasarkan perjanjian yang baru, 4.000 unit di 15 properti dalam portofolio Damac Hotels & Resorts akan ditingkatkan untuk menyediakan solusi khusus bagi InnSpire Tamu Engagement pada tahun 2016 dan 2017.

“Pada Damac Hotels & Resorts, kami memiliki beberapa nilai-nilai kunci yang mendorong hotel & resort ini secara keseluruhan untuk dapat memahami kebutuhan tamu kami. Sementara terus berinovasi untuk meningkatkan pengalaman tamu dan mempertahankan kompetitif di tepian industri perhotelan mewah. Dengan penekanan yang jelas pada nilai-nilai ini, InnSpire adalah pilihan yang jelas bagi kita untuk bermitra menyediakan pengalaman yang pastinya elegan dan unggul untuk tamu. Dan secara bersamaan menyediakan kami sebuah operator, dengan data dan informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi dan melampaui standar tinggi  yang dimiliki para tamu,” papar Vice President Corporate Communications Damac Properties, Tim Fallon.

Perihal kemitraan dengan Damac, Martin Chevalley, CEO dan Co-founder dari InnSpire mengatakan sangat senang dan seperti punya hak istimewa untuk memiliki kesempatan bekerja dengan Damac. Sehingga melalui Damac yang telah memiliki merek global seperti Paramount Hotel & Resorts, Bugatti dan Versace. “Pada saat yang sama, kami percaya bahwa pilihan ini sesuai dengan kemewahan dan inovasi untuk bekerja dengan InnSpire adalah bukti bahwa solusi cerdas kami benar-benar membantu hotel untuk  menjual lebih banyak, menghibur lebih baik dan mengoptimalkan operasi mereka,” kata Checalley  menyambut baik.

Portofolio perhotelan Damac Properties  akan terus membangun hingga mencapai sekitar 15.000 unit kamar hotel, apartemen, Hotel,  dan villa yang akan terlayani hingga tahun 2021. Perusahaan yang menangani proyek perhotelan ini dioperasikan atas kendali Hotel AYKON & Resorts, Damac Maison Royale, Damac Maison dan Damac Maison De Brand Ville. Damac Properties juga memiliki kemitraan dengan merek-merek mewah global seperti Paramount Hotel & Resorts, Bugatti, Versace, dan lain-lain, yang akan memperkenalkan konsep perhotelan yang unik, sehingga tidak akan ditinggalkan pasar yang membutuhkan  layanan ini.

Saat ini, Damac telah memiliki sekitar 1.450 unit hotel di lima tempat yang beroperasi. Hotel pertama untuk menerima upgrade menjadi Damac Maison The Vogue, hotel bintang 4.5, ada 177 kamar di jantung distrik Burj Dubai. (iys/dbs)


Back to Top