International Islamic Fair 2016: Ajang Temu Kreator Muslim, Parade Budaya, dan Pameran Produk Halal Kelas Dunia

gomuslim.co.id- Satu lagi event pameran produk halal akan berlangsung di Jakarta. Acara bertajuk International Islamic Fair (IIF) 2016 tersebut akan dihelat di JIEXPO Kemayoran Jakarta Pusat pada tanggal 20 sampai 23 Oktober 2016 mendatang. Tak tanggung-tanggung, semua sektor industri akan hadir di event IIF yang menambah semarak event kelas dunia ini.

Chairman of IIF (Ketua Panitia) IIF 2016 Magda Safrina mengungkapkan IIF lahir sebagai wadah bagi negara Islam atau negara berpenduduk Muslim dunia untuk berkumpul dan melakukan pertukaran budaya.

"Dengan ini diharapkan negara-negara Islam bersatu dan kita bisa menjadi kuat dan besar. Ini cita-cita besar yang dimulai dengan komitmen bersama," ungkap Maghda dalam konferensi pers peluncuran IIF 2016 beberapa waktu lalu.

Event  IIF ini sendiri meliputi lima aspek kegiatan yaitu yaitu Islamic Cuture Expo, Islamic Fashion, Islamic Food & Bevarage, Islamic Education & Book Fair, serta Islamic Fair. IIF akan dimeriahkan dengan pameran dan atraksi kesenian, seminar, talkshow, kompetisi, fashion show, bedah buku dan banyak lagi.

Selain itu, IIF 2016 juga akan menghadirkan sejumlah tokoh, sosok kreatif, selebritis maupun partisipan lainnya yang kompeten di bidangnya baik dari Indonesia sendiri maupun dari manca negara.  Diikuti tak kurang 20 negara yang tergabung dalam keanggotaan Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Maghda berharap setiap negara yang terlibat dapat memamerkan progres gaya hidup Islam negara masing-masing dalam setiap bidang.

"Perbaikan gaya hidup Islam yang dipamerkan diharapkan membuat Islam mencerahkan dan kembali berjaya," tutur Maghda.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kemenpar Tazbir menyebut IIF 2016 sejalan dengan upaya Kemenpar untuk membesarkan pariwisata dalam bentuk festival dan pameran keislaman. Tidak hanya itu, IIF 2016 jugamendapat dukungan penuh dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Komite Tetap Timur Tengah dan OKI, serta Kantor Utusan Presiden untuk Timur Tengah dan OKI.

"Kemenpar menyambut baik semua kegiatan yang berjudul dan berbau islami. Ini memposisikan Indonesia lebih baik dalam hal produk-produk Islam," ujar Tazbir.

Selain negara-negara OKI, IFF 2016 juga akan diikuti negara non anggota OKI seperti Cina, Korea, Inggris serta komunitas Muslim dari negara lainnya. Setidaknya, ada sekitar 600 exhibitor yang akan meramaikan even ini.

Ajang Unjuk Gigi Para Desainer Muslim Fashion Indonesia dan Dunia

Pada tahun pertama perhelatan IIF ini, sebanyak 10 desainer asal luar negeri akan meramaikan runway IIF 2016. Para desainer yang akan hadir itu datang dari 8 negara yang berbeda. Tak kurang dari 60 modest wear dalam berbagai gaya rancangan hadir di IIF runway untuk memberikan inspirasi bagi para muslimah.

“International Islamic Fair 2016 akan menjadikan acara ini sebagai salah satu program utamanya. Saya berharap dengan kehadiran para desainer luar negeri mengangkat panggung peragaan busana Indonesia sebagai salah satu panggung peragaan busana penting di dunia," jelas Magda Safrina.

Magda Safrina juga mengatakan IIF memiliki misi untuk membuka keran industri fashion muslim Indonesia ke kancah dunia, serta menjadikan Jakarta sebagai pusat kota mode dunia khususnya untuk busana muslim.

“Kehadiran para desainer dunia dan fashion blogger internasional menjadi penting, mereka harus melihat betapa kayanya dunia fashion muslim di Indonesia,” ujar Magda.

Selain itu, lanjutnya, kehadiran desainer dan fashion blogger internasional juga bisa dijadikan ajang bertukar pikiran dan kesempatan bisnis bersama dengan pelaku industri fashion tanah air. Sejumlah nama beken telah diundang dan menjadi line up penampil maupun pembicara di perhelatan IIF ini.


Pameran Travel Haji, Umrah dan Wisata Halal

Semakin lengkap, IIF 2016 juga akan diisi dengan menghadirkan pameran travel umroh, haji dan wisata halal. Wisata halal saat ini memang sedang menjadi tren kalangan traveler muslim, sehingga sangat penting memperkenalkan berbagai destinasi wisata halal kepada masyarakat. Untuk menyemarakan sekaligus menjaga kualitas penyedia layanan travel, Magda mengaku pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH).

“Ini yang membedakan antara IIF dengan pameran serupa, kami memiliki display langsung negara-negara Islam di area pavilion negara, jika pengunjung tertarik mereka bisa langsung memilih paket perjalanannya di area travel,” ujar  Magda Safrina.

Parade Kuliner dan Chef Internasional

Bagi para penikmat kuliner, gelaran IIF 2016 adalah pilihan yang tepat. Karena, di event ini, Anda akan dimanjakan oleh penampilan para chef internasional dan chef kondang Indonesia yang sengaja dihadirkan untuk membuka wawasan kuliner dunia di Indonesia.

Dari Jepang chef Harada akan menampilkan seni membuat sushi yang dikemas dalam acara “Sushi Making Class for Kids”. Pada segmen lain, ajang “Chef Battle” akan mempertemukan chef Jacob Maugery dari Italia melawan chef Muto dari Indonesia.

Dua negara sahabat pun mengambil peran, chef Adu Amran yang merupakan salah seorang juri Masterchef Malaysia dan chef Syed Shah dari Singapura akan tampil dalam “International Halal Food Cooking Demo”.

Tidak hanya itu, dari daratan Timur Tengah, chef Sezai Zorlu asal Turki akan memperkenalkan berbagai kuliner khas negeri Kesultanan Ottoman tersebut. Adapun line up chef Indonesia, selain Chef Muto IIF juga akan diramaikan oleh kehadiran chef Sisca Soewitomo dan chef Erwin Kuditawati.

Kompetisi Islamic Science

Selain menampilkan beragam kegiatan yang bernuansa Islami, gelaran IIF 2016 juga akan diramaikan oleh berbagai kompetisi, di antaranya kompetisi berbasis sains.

Magda menyatakan pihaknya melaksanakan kompetisi tersebut sebagai bagian dari komitmennya untuk ikut dalam upaya mencetak generasi muda Islam Indonesia yang unggul dalam keilmuan. Hal ini terbilang unik mengingat belum pernah sebelumnya kompetisi bernuansa sains dilaksanakan pada sebuah gelaran pameran bernafaskan Islam.

Untuk itu, IIF menjalin kerja sama dengan Cybersecurity Center Institut Teknologi Bandung (CSC-ITB). Adapu beberapa lomba yang akan digelar di ajang IIF ini adalah Muslim Science Olympic, Robotic Competition, dan Kid Cyber Competition.

Adapun pada tataran pelaksanaan teknis kompetisinya akan melibatkan Yayasan Pengembangan Masjid (YPM) Salman ITB selaku panitia pelaksana bekerjasama dengan panitia dari IIF. Tidak hanya lomba sains, IIF juga diisi dengan perlombaan acapella, tari saman, video kreatif, dan lainnya.

Informasi lebih lengkap tentang IIF 2016 bisa diakses di akun media sosial; Twitter dan Instagram: @iifindonesia dan website resmi IFF di www.iifindonesia.com. (fau/iif)

 

 

 

 


Komentar

    Tulis Komentar


Back to Top