Kota Banjarmasin Segera Miliki Satpol PP Syariah

gomuslim.co.id – Sebagai kota dengan mayoritas penduduknya beragama Islam, Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan membuat sebuah inovasi dan gebrakan baru.

Pemerintah Kota ini akan membuat pasukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) syariah pada 2017 untuk menegakkan peraturan syariah di daerah itu. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Satpol PP Kota Banjarmasin Ichwan Nurkhaliq di Banjarmasin,yang mengatakan di tahun 2016 sebanyak 20 orang pasukan Satpol PP syariah akan direkrut.

"Syarat masuk pasukan Satpol PP syariah ini minimal berpendidikan SMA sederajat dan bisa mengaji," katanya.

Perekrutan pasukan Satpol PP syariah itu, ungkap Ichwan, sudah disetujui wali kota, bahkan anggarannya sudah ada di APBD tahun 2016. "Saat ini perekrutan dalam proses, tapi kita pastikan secepatnya sebelum akhir tahun ini sudah bisa terbentuk," paparnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa nantinya pasukan Satpol PP syariah ini memiliki pekerjaan yang akan lebih khusus dibandingkan Satpol PP yang ada saat ini, utamanya menangani pelanggaran asusila di masyarakat dan menegakkan rencana peraturan syariah.

"Kan ada program wajib mengaji bagi anak-anak agar tidak keluyuran tidak jelas saat malam hari, itu nanti tugas Satpol PP syariah melakukan razia," pungkasnya.

Ichwan juga menyatakan bahwa langkah tersebut perlu diambil pemerintah kota untuk mengurangi pelanggaran syariah sebab daerah itu masih sangat kental nuansa dan budaya religinya. Menurut Ichwan, sekarang ini Kota Banjarmasin sudah memiliki 105 tenaga kontrak Satpol PP ditambah sekitar 50 orang yang berstatus PNS, tapi masih kewalahan menegakkan peraturan daerah.

"Sebab banyak yang perlu ditertibkan dan ditegakkan Perda kita, jadi memang harus tambah personil," tambahnya.

Anggota Komisi I DPRD Banjarmasin M Yamin menyatakan penambahan personil kontrak bagi jajaran Satpol PP ini sudah pihaknya setujui. "Tapi kita minta, tidak disalahgunakan, harus sesuai peruntukannya," tuturnya menjelaskan.

Menurut dia, pembentukan pasukan Satpol PP syariah itu dibutuhkan sebab daerah itu memerlukan petugas khusus yang bisa menjaga ketertiban umum sesuai syariah, sebab agama yang dianut mayoritas adalah Islam. "Semoga segala kemaksiatan bisa ditertibkan dengan baik, hingga daerah ini aman, nyaman dan banyak berkahnya," harap Yamin.

Kota Banjarmasin sendiri merupakan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia serta kota terbesar dan terpadat di Kalimantan. Kota ini juga termasuk salah satu kota besar di Indonesia dan Kota terpadat di luar pulau Jawa. Banjarmasin yang dijuluki Kota Seribu Sungai ini memiliki wilayah seluas 72 km² yang wilayahnya merupakan delta atau kepulauan yang terdiri dari sekitar 25 buah pulau kecil.

Sedangkan Islam merupakan agama mayoritas yang dianut sekitar 96% masyarakat Kota Banjarmasin dengan jumlah penganut gama Islam mencapai lebih dari 590 ribu jiwa. Sementara Masjid Jami Banjarmasin merupakan Masjid bersejarah di Banjarmasin yang memiliki bentuk perpaduan arsitektur Banjar dan kolonial.(ari/ant/dbs)


Back to Top