Museum di Washington DC Ini Pamerkan Manuskrip Alquran Turki Usmani

gomuslim.co.id- Kabar gembira untuk muslim Amerika Serikat (AS) datang pada pekan ini. Pasalnya, untuk pertama kali Museum Smithsonian yang berlokasi di Washington DC, salah satu museum ilmu pengetahuan terbesar di AS dan dunia, memamerkan manuskrip Alquran tua, yaitu  tulisan tangan dari zaman awal Turki hingga Turki Usmani,

Adapun, pameran ini sebagai bentuk penghormatan terhadap Alquran dan melawan sikap Islamophobia, dengan mencerminkan keindahan dan kedamaian Islam. Pameran ini disponsori oleh Pemerintah Turki yang bekerja sama dengan Smithsonian Institute, Turkish Airlines, Koc Holding dan Grup Dogan.

Wakil ketua Dewan Koc Holding Yildirim Ali Koc dalam publikasi AFP menyebutkan Islam adalah agama perdamaian dan toleransi. Persepsi Islam saat ini berada di luar realitasnya. Koc juga mengatakan senang melihat manuskrip Alquran tulisan tangan 47 berabad-abad dari Turki yang disajikan di "The Art of Al-Qur'an: Harta Karun dari Museum Turki dan Seni Islam" yang akan dibuka untuk umum pada hari Sabtu (22/10/2016).

Manuskrip-manuskrip Alquran tua ini sebagian berusia lebih dari 100 tahun dibawa dari Museum dan Seni Islam di Istanbul Turki. Pameran ini juga akan mencakup 18 Alquran dari koleksi permanen dari Freer Gallery of Art dan Arthur M Sackler Gallery, termasuk koleksi terbaik dari Smithsonian. Manuskrip Alquran yang paling penting dipamerkan dihasilkan berasal dari Turki hingga ke Afghanistan yang mencapai usia hampir 1.000 tahun sejarah seni Islam antara 8 dan abad ke-17.

Selain pameran, juga akan ada beberapa seminar dan panel pada Seni Islam, tur kurator, kegiatan seni keluarga, pertunjukan cerita dan demonstrasi kaligrafi Alquran. Sebuah simposium Alquran lain rencananya juga akan berlangsung pada 1 Desember mendatang di Kedutaan Besar Turki untuk AS. Pameran akan terus ditampilkan di AS hingga 20 Februari tahun depan

Adapun, Smithsonian Institution adalah suatu lembaga pendidikan dan riset, berikut kompleks museum terkaitnya, yang didirikan pada tahun 1846 dan dikelola serta dibiayai oleh pemerintah Amerika Serikat dari donasi, kontribusi, dan keuntungan dari toko dan majalahnya – yang juga diberi nama Smithsonian. Smitsonian memiliki 19 museum dan galleri, 9 pusat riset serta kebun binatang yang berlokasi di Washington, D.C., Arizona, Maryland, New York City, Virginia, Panama dan tempat-tempat lain. Lembaga ini memiliki lebih kurang 142 juta benda koleksi.

Selain perpustakaan, tempat favorit lainnya di Washington DC adalah museum ini. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan dan warga setempat. Pasalnya, museum ini menawarkan beragam artefak mulai dari jaman prasejarah sampai saat ini dan dari segala penjuru dunia. Salah satu yang paling menarik adalah ada koleksi berlian terbesar dan banyak perhiasan lain yang sangat indah. (fau/dbs)

 

 


Back to Top