Busana Muslim Ala Jepang 'Mejeng' di JFW 2017

gomuslim.co.id– Perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) yang digelar di Senayan City, Jakarta berlangsung selama sepekan yakni dari tanggal 22-28 Oktober. Berbagai parade fashion dari para desainer dipamerkan pada ajang ini, tak terkecuali hijab dan busana muslim.

Desainer busana muslim Rani Hatta turut memamerkan koleksi teranyarnya di perhelatan JFW 2017. Tampil di hari pertama, koleksi Rani kali ini terkesan lebih 'berani' dari biasanya. Kegiatan ini merupakan kedua kalinya Rani ambil bagian di salah satu agenda terpenting di kalender mode Indonesia itu. Tapi kali ini, Rani ikut sebagai anggota Indonesia Fashion Forward (IFF), program inkubasi yang digagas oleh JFW dan British Council untuk meningkatkan kapasitas desainer lokal.

Di JFW 2017, desainer lulusan sekolah mode LPTB Susan Budihardjo ini menyuguhkan koleksi bertajuk 'Youth'. Dengan inspirasinya datang dari gaya murid SMA di Jepang yang unik dan 'nakal'.

"Waktu ke Jepang, aku sempat melihat segerombolan siswi SMA Jepang. Meski berseragam, gaya mereka keren tapi rebellious. Jadi konsepnya rebellious school girl," ungkap desainer yang dikenal dengan garis desainnya yang minimalis itu.

Inspirasinya itu lalu ia terjemahkan ke dalam pilihan busana muslim yang sesuai dengan DNA label Rani Hatta, yakni luxurious sporty modest wear. Jadilah koleksi yang terdiri dari 16 set busana berukuran besar dengan permainan detail pleats, kancing, layer dalam palet monokromatik.

Busana muslim yang ditampilkan di antaranya adalah oversized sweater dengan kerah tinggi (turtleneck), rok lipit, vest tanpa lengan, bomber jacket yang hadir dalam potongan tailor, jogger pants, dan dan hoodie. Sementara material yang digunakan antara lain neoprene, bonded fabric, polyester, scuba, dan kulit sintetis.

"Kami diajari cara branding yang efektif untuk masuk pasar internasional. Kami juga dikenalkan kepada buyers dari luar (negeri) dan yang terpenting manufaktur lokal jadi tidak perlu mengimpor bahan lagi," kata desainer IFF generasi kelima itu.

Berbeda dari tahun sebelumnya, IFF hanya mengikutsertakan lima desainer lokal. Mereka antara lain Michelle Tjokrosaputro dari Bateeq, Anandia Maria Putri Harahap dari I.K.Y.K, Amanda Lestari dari LEKAT, Norma Moi dari Norma Hauri, dan Monique Soeriaatmadja dari SOE.

"Ini supaya kami bisa fokus mengembangkan desainer-desainer terpilih," ungkap Ai Syarief, Creative Advisor JFW. Perbedaan lainnya, lanjut Ai, IFF tahun ini juga menyertakan kelas kepribadian dalam programnya untuk menyiapkan pribadi desainer yang sukses namun tetap rendah hati.

Akses Internet

Perusahaan Internet Service Provider (ISP) CBN mendukung pekan mode tahunan terbesar di Asia Tenggara ini sebagai mitra eksklusif penyedia jaringan internet (exclusive internet service partner). CBN menyediakan koneksi internet unlimited  dengan kecepatan (speed) up to 500Mbps yang tersebar di seluruh area JFW 2017.
”Internet telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan dunia mode. Tidak mengherankan apabila perhelatan mode akbar seperti JFW  membutuhkan koneksi internet yang handal dan berkualitas, agar keseluruhan sistem selama event dapat terintegrasi dengan baik serta informasi lengkap terkait JFW 2017 dapat dinikmati secara real-time di seluruh dunia,” kata Chief Broadband Officer CBN Dedy Handoko dalam keterangan persnya.

Kerjasama antara CBN dengan JFW telah berlangsung sejak tahun 2013, di mana CBN selalu didapuk menjadi mitra eksklusif penyedia jaringan internet (exclusive internet service partner). RR Dewi Nilam Sari Penanggungjawab ICT JFW 2017 mengungkapkan kepuasannya terhadap layanan CBN. “CBN merupakan mitra yang sangat terpercaya bagi seluruh kebutuhan ICT kami, baik untuk perhelatan besar seperti JFW maupun aktivitas harian di kantor," katanya.

CBN juga menyediakan koneksi jaringan WIFI yang dapat dinikmati di seluruh area JFW 2017, serta kesempatan untuk menikmati siaran-siaran televisi premium melalui aplikasi DensTV+ yang dapat di akses melalui multi-screen (smartphone, tablet ataupun komputer) secara gratis. (ari/dbs)


Back to Top