Usung Konsep Muslim Friendly Tour, Korea Selatan Gelar Halal Restaurant Week 2016

gomuslim.co.id- Korea Selatan akan menggelar Halal Restaurant Week pada tanggal 1 hinggal 10 November 2016. Penyelenggaraan kegiatan ini dalam rangka mengenalkan produk dan pariwisata halal yang ada disana. Selain itu, acara ini juga menyambut wisatawan Muslim dunia yang terus meningkat setiap tahunnya ke Korea.

Sebelumnya, President KTO Jung Chang Soo menuturkan bahwa Indonesia merupakan salah satu pasar pariwisata Muslim terbesar. Pihaknya ingin mengampanyekan kembali bahwa Korea Selatan merupakan destinasi wisata yang ramah untuk wisatawan Muslim. Karenanya, KTO meluncurkan kampanye ‘Muslim Friendly Korea’ bagi Muslim di seluruh dunia.

“Sebanyak 190.000 wisatawan Indonesia berkunjung ke Korea. Dan kami tahu Indonesia merupakan nergara dengan mayoritas Muslim terbesar di dunia. Kami mengajak masyarakat untuk berkunjung ke Korea,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Gelaran festival makanan halal ini tentu saja sangat cocok untuk wisatawan Muslim, termasuk asal Indonesia. Jung Chang Soo berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan Muslim dari berbagai negara. “Ada sekitar 700.000 turis Muslim yang berkunjung ke Korea. Tahun ini kami harapkan bisa mencapai 900.000,” katanya.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan bahwa kegiatan Halal Restaurant Week ini memang untuk mengakomodir wisatawan Muslim yang datang ke Korea. Hal ini untuk menunjang kebutuhan informasi terkait restoran ramah bagi Muslim serta berbagai acara lainnya. “Kami selalu berusaha untuk melayani wisatawan dengan sebaik mungkin,” paparnya.

Sementara itu, buklet kupon akan dibagikan kepada wisatawan Muslim dalam acara yang diadakan di bandara Incheon, Insadong, beberapa pusat informasi wisatawan yang telah ditunjuk, dan kantor cabang KTO di negara-negara Muslim. “Hal ini untuk memudahkan pengunjung supaya dapat menikmati destinasi wisata di Korea,” katanya.

Tiket penukaran sendiri dapat diunduh di laman Visit Korea untuk ditukarkan dengan buklet kupon asli. Buklet ini menyediakan informasi tentang 97 restoran ramah Muslim yang tersebar di seluruh Korea, kupon untuk buy one get one, menu-menu yang didiskon, makanan dan minuman gratis, serta informasi lainnya. Selain itu, tersedia juga suvenir dan sampel produk bersertifikat halal.

Restoran yang berpartisipasi dalam festival ini diklasifikasikan menjadi empat kategori: halal cetified, self certified, Muslim friendly, pork free, seperti dijelaskan dalam buku yang dirilis KTO, Panduan Makanan untuk Muslim.

Halal certified merujuk pada restoran yang disertifikasi halal oleh Korea Muslim Federation; Self certified merujuk pada restoran yang dimiliki oleh Muslim; Muslim friendly merujuk pada restoran yang menyediakan pilihan makanan halal tetapi masih menjual alkohol; sedangkan pork free adalah restoran yang tidak menawarkan menu halal tetapi tidak memakai babi dalam menu mereka.

Berbagai kesempatan untuk memenangkan hadiah akan tersedia bagi wisatawan yang menggunakan kupon dan berbagi pengalaman mereka di akun media sosialnya. Halal Restaurant Week merupakan bukti usaha pemerintah Korea untuk mengakomodir kebutuhan wisatawan Muslim dan merupakan tanda bahwa Korea semakin ramah terhadap Muslim. (njs/dbs)


Back to Top