Baznas Kota Manado Hadirkan Program Pembinaan untuk UKM dan Pelajar

gomuslim.co.id – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sejak beberapa tahun lalu menjadi pengerak perekonomian Indonesia. Bukan hanya di Ibukota Jakarta dan sekitarnya, UMKM juga nyatanya menjamur di berbagai wilayah di Indonesia dan bahkan, sejumlah negara di Amerika Latin menyatakan keinginannya untuk belajar dari Indonesia tentang penjaminan dan pembiayaan bagi UMKM. Hal ini diutarakan oleh Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Braman Setyo, beberapa waktu lalu.

Dengan melihat potensi tersebut, Badan amil zakat nasional (Baznas) Kota Manado, Sulawesi Utara membantu pengembangan ekonomi masyarakat dengan program Manado makmur. Program Manado makmur ini dilaksanakan untuk membantu usaha kecil, agar bisa bertahan bahkan mengembangkan usahanya agar makin maju.

Ketua Baznas Kota Manado, Muardi Rahmola, mengatakan, Baznas Manado telah menyalurkan bantuan bagi 11 mustahik, dari berbagai wilayah di Manado, agar bisa mengembangkan usaha menjadi lebih baik kedepannya. Dia mengatakan, besaran bantuan yang diberikan kepada para pelaku usaha kecil itu, bervariasi, tergantung dari usulan permohonan yang disampaikan ke Baznas dan dinilai apakah layak menjadi penerima atau tidak.

Selain itu, Rahmola berharap, bantuan pembinaan yang diberikan kepada para pelaku usaha kecil tersebut, bisa membantu mereka teus mengembangkan usahanya menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. "Meskipun jumlahnya tidak besar tetapi kami sangat berharap kiranya bantuan ini akan bermanfaat secara maksimal kepada para penerima bantuan," kata Rahmola.

Menurut Rahmola memang bantuan kepada yang behak menerimanya itu, diserahkan secara tetap dan penerimanya adalah benar-benar orang yang membutuhkan dan berhak mendapatkannya.

Dia menambahkan, untuk mengatur agar bantuan yang diberikan kepada para penerima benar-benar tepat sasaran dan tidak menjadi ganda, maka Baznas Manado selalu berkoordinasi dengan provinsi. Secara umum, papar Rahmola, pihaknya memiliki lima program tetap yang diwajbkan untuk membantu kaum yang membutuhkannya, sesuai dengan ketentuan agama.

Program Cerdas

Bukan hanya membantu pelaku UMKM saja, Baznas Kota Manado juga membantu siswa berprestasi lewat program cerdas. "Baznas mendukung peningkatan prestasi siswa menjadi lebih baik lewat program cerdas yang dicanangkan secara nasional," tegas Rahmola

Rahmola mengatakan, untuk tahun ini Baznas Manado sudah menyalurkan zakat khusus bagi siswa yang berasal dari kaum dhuafa, sebanyak tujuh orang agar bisa tetap bersekolah. Dengan zakat yang disalurkan tersebut, dia berharap para siswa berprestasi yang berasal dari keluarga tidak mampu, bisa tetap bersekolah, dan mencetak prestasi menjadi lebih baik.

Katanya, ke depan Baznas Manado menargetkan pemberian bantuan kepada para siswa tidak mampu, lewat zakat dalam program cerdas, sehingga bisa membantunya tetap bersekolah dan berprestasi. Selain iut, kata Rahmola, pada program Manado cerdas tersebut, Baznas Manado membantu anak-anak di taman pengajian tradisional anak (PTA), yang kekurangan materi untuk mengaji.

"Untuk mereka kami menyediakan sejumlah alat yang dibutuhkan seperti buku-buku, dan di Manado kita memberikan kepada PTA Al-Jufri yang hancur akibat bencana akhir pekan lalu," kata Rahmola. '

Rahmola juga mengungkapkan, pihaknya telah menyediakan bantuan sebanyak yang diperlukan, sehingga para siswa dan anak-anak pengajian tetap bisa melanjutkan belajar di sekolah maupun agama, dengan benar. (ari/dbs)


Back to Top