Gaet Konsumen Muslim, Perancis Mulai Produksi Kosmetik Halal

gomuslim.co.id– Pasar halal di dunia tengah berkembang, banyak negara yang mencoba menggarap pasar ini sebagai salah satu pengggerak perekonomian mereka. Beberapa sektoral industri juga coba di optimalkan untuk meraih keuntungan di mega tren ini, seperti fashion halal, makanan dan minuman halal, produk kosmetik, hingga obat-obatan dan travel halal.

Tidak hanya negara muslim atau negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim saja yang mencoba menggarap pasar ini. Terbukti, negara-negara yang minoritas muslim juga coba menangkap peluang ini. Beberapa negara Eropa seperti Inggris, Kroasia, Rusia hingga Perancis seakan berlomba-lomba menghadirkan berbagai produk halal yang menarik. Untuk Perancis, negeri fashion ini mencoba menggarap pasar halal di segmen fashion dan kosmetik, dan benar saja, saat ini produk kosmetik halal sedang ramai diperbincangkan di negeri Napoleon Bonaparte tersebut. Bahkan, semakin banyak pengunjung yang mendatangi toko pertama yang didedikasikan untuk makeup halal yang dibuka di galeri Champs Elysees.

Dilaporkan LeParisien (24/10), kosmetik di negara tersebut terdiri mulai dari pewarna kuku, lipstic, hingga alat kosmetik yang lainnya tersebar di ruangan tersebut dengan ukuran, dan bentuk yang terlihat tidak bisa dibedakan dari produk kosmetik konvensional, kecuali logo segi delapan kecil yang ditempelkan pada kiri bawah dengan tulisan "halal".

Tanda pasar yang berkembang itu juga terletak di sebuah galeri dari Champs Elysees, yang terletak di jalan protokol kota Paris.,Dengan sepasang Suami Istri pemilik toko tersebut yang telah memberikan referensi makeup, parfum dan krim yang disajikan di negara ini sesuai dengan agama Islam.

"Kami meluncurkan toko fisik ini berdasarkan izin dari Dewan Iman Muslim Perancis. Kami membuka toko ini juga untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan kosmetik yang halal dan saat ini hal tersebut mendapatkan permintaan yang tinggi,” ujar Amel, pemilik dari toko tersebut.

Untuk diketahui, produk-produk dari brand Hasna Kosmetik ini diproduksi dari Turki, Asia dan UEA dengan harga jual yang cukup terjangkau. Untuk pernis kuku, pelanggan hanya membutuhkan uang sebesar 10 €. € 8 untuk lipstik, € 10 untuk krim BB.

Sementara itu, pengunjung yang membeli poduk kosmetik halal ini tidak hanya para wisatawan saja, di antara pembeli setia,  Amina erupakan salah satunya yang menjadi pengunjung rutin dari toko kosmetik ini.

"Memiliki produk ini membuat saya merasa lebih nyaman dengan aturan agama saya bahkan jika saya membiarkan untuk membeli produk non-halal. Ini bagus untuk melihat bahwa mereka peduli tentang kami. Ini adalah pengakuan dan bentuk integrasi terhadap umat musli disini,” ujar Ainah.

Lebih lanjut, Rashid yang juga pemilik toko ini menegaskan baha produk kecntikan miliknya sama sekali tidak mengandung lemak hewan manapun sehhingga hal ini terkesan lebih alami.raasyid juga berencana untuk mengekspansi bisnisnya di kota lain di Perancis.

Alkohol atau lemak hewan

Sampai dengan saat ini, Alkohol atau Lemak Hewan memang identik dengan produk makanan dan minuman. Namun, dalam sertifikasi halal, hal ini juga tidak diperbolehkan untuk digunakan di produk kosmetik halal ataupun busana muslim, bahkan obat-obatan. Hal ini juga diutarakan oleh Rasyid, sehingga untuk kosmetik halal, pembuat harus memahami bahwa makeup, krim, parfum yang dibuat tanpa lemak alkohol dan babi, karena dilarang dalam Islam.

Itulah sebabnya kosmetik halal lebih disukai oleh vegetarian. Di Perancis,cukup mudah untuk membeli produk kecantikan di berbagai pameran Muslim. Tetapi secara online, yang menjadi mayoritas dalam pemesanan. Dua merek Perancis yang laris adalah Khadijah dan Hasna Kosmetik. (ari/dbs)


Back to Top