Salam UI Peringati Hari Sumpah Pemuda dengan Ajang Olimpiade Alquran

gomuslim.co.id– Dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda 28 OKtober mendatang, banyak pemuda-pemudi Indonesia memperingatinya dengan berbagai cara. Ada yang menyambutnya dengan upacara, membacakan teks sumpah pemuda, dan beberapa kegiatan lainnya.

Untuk para mahasiswa ini, Hari Sumpah Pemuda diperingati dengan cara yang cukup religius, yakni dengan melakukan serangkaian kegiatan perlombaan keagamaan yakni dengan mengadakan kegiatan membaca Alquran. Universitas Indonesia (UI) akan menggelar Universitas Indonesia Quranic Olympiad (UIQO) 2016. Kegiatan ini digagas oleh Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM) Nuansa Islam Mahasiswa (Salam) UI.

Ketua UKM Salam UI Rangga Kusumo menyampaikan kegiatan ini dilakukan untuk membentuk karakter mahasiswa melalui Olimpiade Alquran. "UIQO 2016 bertujuan untuk mendekatkan kembali civitas akademika dengan Alquran. Agar Alquran menjadi inspirasi bagi siapa pun," ujarnya, beberapa hari yang lalu.

Terlebih menurutnya, seluruh pedoman yang diajarkan di dalam Alquran berkaitan dengan pedoman pembentukan akhlak, mental, dan karakter seseorang. "Kami berharap Alquran bisa menjadi inspirasi bagi siapa pun. Dan UI dapat semakin sejuk dengan lantunan ayat suci Alquran di berbagai sisi kampus," tuturnya.

Rangga mengklaim, UIQO 2016 adalah event terbesar tahun ini yang berlangsung kampus UI. Rencananya, kegiatan yang mengangkat tema: "Membangun Generasi Muda Muslim Cendikia yang Maju dengan Alquran" ini akan berlangsung pada 27 Oktober hingga 6 November 2016 di Masjid kampus UI Depok.

Lebih jauh ia menjelaskan, kegiatan ini berisi penuansaan nilai Alquran dalam bentuk perlombaan seputar Alquran. Terdapat beberapa cabang-cabang musabaqah, yaitu Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Tartilil Quran, Musabaqah Hifzhil Quran, Musabaqah Fahmil Quran, Musabaqah Syarhil Quran, Musabaqah Khaththil Quran, Musabaqah Karya Tulis Ilmiah kandungan Alquran, Debat Ilmiah Kandungan Alquran.

"UIQO 2016 ini juga merupakan salah satu upaya kampus untuk menyongsong MTQ MN XV 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Universitas Negeri Malang (UM)," tuturnya.

Salam UI merupakan kependekan dari Nuansa Islam Mahasiswa Universitas Indonesia yang merupakan unit kegiatan mahasiswa yang bergerak dalam bidang keagamaan Islam. UKM ini resmi berdiri di bawah naungan Kemahasiswaan UI dan menjalankan kegiatannya dalam rangka mewadahi aktivitas Islam di Universitas Indonesia.

Sebagai salah satu Lembaga Dakwah Kampus di Indonesia, Salam UI aktif berkontribusi secara nasional sebagai bagian dari Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus Nasional (FSLDKN).

Salam UI sendiri didirikan pada tanggal 28 Oktober 1998 sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa dibawah Direktur Kemasiswaan UI. Salam UI juga disebut sebagai Lembaga Dakwah Kampus (LDK) karena merupakan representasi lembga dakwah yang diakui eksistensinya oleh Rektorat di tingkat universitas. Didirikannya Salam UI tak lepas dari momentum reformasi yang menginginkan perubahan di segala bidang, yang imbasnya juga mempengaruhi perubahan kelembagaan yang ada di kampus UI. Melihat peluang tersebut, para pendiri Salam UI mempersiapkan proses transisi kemandirian sebuah lembaga dakwah tingkat universitas yang sebelumnya berada di bawah naungan Senat Mahasiswa UI (sekarang BEM UI). Pada masa awal pendidriannya, Salam UI fokus pada pembinaan mahsiswa muslim, dan kaderisasi kelembagaan guna mencapai bentuk organisasi lembaga dakwah yang ideal.

Didirikannya Salam UI juga menjadi simbol pemersatu bagi Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) yang telah berdiri sebelumnya (dengan namanya masing-masing.seperti MII MIPA, FSI FE, dan FUSI Psikologi). Walaupun mayoritas lembaga syiar fakultas usianya melebihi Salam UI, namun melalui Badan Koordinasi Lembaga Dakwah Kampus tercipta sebuah sinergitas kesatuan visi, emosi, dan kreasi lembaga dakwah yang tercermin dari adanya isu dan momen yang diusung bersama oleh Lembaga Dakwah Fakultas. (ari/dbs)


Back to Top