Vote Online Resmi Dibuka, Begini Cara Dukung Pariwisata Halal Indonesia di Ajang ‘World Halal Tourism Award 2016’

gomuslim.co.id- Setelah sukses menggelar Kompetisi Pariwisata Halal Nasional (KPHN) 2016, Kementrian Pariwisata juga merilis 12 nominasi yang akan mewakili Indonesia di ajang penghargaan dunia, yaitu World Halal Tourism Award (WHTA) di Abu Dhabi. 12 nominator tersebut berhasil lolos menjadi nominator resmi setelah melewati diskusi alot pihak pihak dewan juri di England.

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal (TP3H) Kementerian Pariwisata Riyanto Sofyan dalam rilisnya mengatakan pembahasan berjalan agak alot karena jumlah calon nominator yang didaftarkan cukup banyak, satu kategori saja bisa mencapai jumlah lebih dari 80 calon nominator. Karenanya Dewan Juri membutuhkan lebih banyak waktu. Karenanya Pengumuman yang dapat menjadi nominator diundur dan baru diumumkan resmi pada Senin (24/10).

Tidak hanya itu, masa voting tahun ini juga akan melewati dua tahap, dari semua nominator akan memasukan tahap pertama hingga 6 November mendatang, selanjutnya pada tahap kedua akan ada dipilih 5 nominator sekaligus menjadi finalis berikutnya untuk memasuki masa voting hingga 25 November 2016.

Adapun, cara untuk melakukan voting online WHTA 2016 ini adalah: bisa klik bit.ly/votewhta lalu isi biodata singkat dan kemudian klik list nominator di masing-masing kateogori dan piilih nominator dari Indonesia sebagaimana daftar di atas lalu klik SUBMIT. Setelah berhasil Anda akan mendapatkan email berisi, “Thank you for submitting your votes for the World Halal Tourism Awards 2016….”

Pendaftaran nominasi World Halal Tourism Awards akan ditutup pada (14/10/2016) dan diumumkan pada minggu ketiga Oktober 2016. Saat nominasi sudah diumumkan, masyarakat umum dapat memilih pilihan favorit mereka secara online mulai 17 Oktober 2016 sampai 25 November 2016. Selain melalui voting, akan ada pula tim juri independen, yang terdiri dari pelaku industri terkemuka di industri pariwisata halal. Nama pemenang dan runner-up pun kemudian akan diumumkan pada (7/12/2016).

Lebih lanjut, ajang World Halal Tourism Awards 2016 ini merupakan bagian dari dua ajang promosi produk halal terbesar di dunia, yaitu  International Travel Week (ITW) dan World Halal Travel Summit (WHTS). Sebagaimana terjadwal, publikasi Halalfocus menyebutkan kedua acara tersebut akan berlangsung  pada tanggal 25 sampai 28 November 2016 mendatang di Abu Dhabi. Sebelumnya ITW akan berlangsung pada 21 sampai 25 November di Abu Dhabi Nasional Exhibition Center. Kemudian diundur menjad 25 sampai 28 November hingga akhirnya Abu Dhabi merilis pendaftaran nominasi penghargaan tersebut. Informasi lebih lengkap terkait WHAT 2-16 ini bisa diakses di: www.itwabudhabi.com.


Berikut adalah 12 nominator dari Indonesia yang masuk dalam 15 kategori WHTA 2016:

1. World’s Best Airline for Halal Travellers – Garuda Indonesia

2. World’s Best Airport for Halal Travellers – Sultan Islandar Muda International Airport, Aceh, Indonesia

3. World’s Best Family Friendly Hotel – The Rhadana Hotel, Kuta, Bali, Indonesia

4. World’s Most Luxurious Family Friendly Hotel – Trans Luxury Hotel Bandung, Indonesia

6. World’s Best Halal Beach Resort – Novotel Lombok Resort & Villas, Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia

7. World’s Best Halal Tour Operator – Ero Tour, West Sumatera, Indonesia

8. World’s Best Halal Tourism Website – www.wonderfullomboksumbawa.com, Indonesia

10. World’s Best Halal Honeymoon Destination – Sembalun Village Region, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

11. World’s Best Hajj & Umrah Operator – ESQ Tours & Travel, Jakarta, Indonesia

13. World’s Best Halal Destination – West Sumatera, Indonesia

14. World’s Best Halal Culinary Destination – West Sumatera, Indonesia

15. World’s Best Halal Cultural Destination – Aceh

 

Baca juga:

10 Nominasi Pariwisata Halal Ini Akan Wakili Indonesia di Ajang WHTA 2016

 

Back to Top