Kembangkan Bisnis Syariah, Sahid Group Segera Bangun Hotel Syariah

gomuslim.co.id- Pengembangan wisata halal terus dilakukan oleh beberapa perusahaan dan pemerintah. Pengelola perhotelan saat ini menangkap peluang pasar berbasis syariah dengan melakukan sertifikasi halal. Sebab, banyak wisatawan asing, khususnya dari Timur Tengah, yang mencari hotel syariah.

Industri hotel di Tanah Air bakal kehadiran pemain baru namun muka lama. Jejaring hotel milik pengusaha Sukamdani Sahid, Sahid Group, mengaku sangat tertarik untuk mengembangkan bisnis syariah. Bahkan baru-baru ini mereka mengungkapkan rencananya untuk membangun hotel syariah di beberapa tempat.

Vice President Director Sahid Group Hariyadi Sukamdani mengatakan bahwa industri hotelnya akan membangun hotel syariah. “Kami memang ada pemikiran untuk membangun hotel syariah. Portofolio kami memang ke arah tersebut. Hal ini untuk menunjang wisatawan Muslim yang semakin banyak berkunjung ke Indonesia,” ujarnya di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu (26/10) siang.

Hariyadi mengakui adanya tren yang cukup bagus di sektor usaha hotel syariah yang tidak hanya mengedepankan konsep hotel sesuai syar’i, tapi hotel syariah juga sudah mulai banyak yang menyuguhkan gaya hidup. “Hotel syariah tumbuh bagus. Jika tak ada aral melintang, Sahid Group berencana membangun sebuah hotel di Gunung Menyan, Bogor,” ungkapnya.

Lebih lanjut Hariyadi mengungkapkan, pihaknya belum bisa memberikan angka investasi untuk pembangunan hotel syariah. “Nantinya hotel syariah yang akan berkapasitas 80-100 kamar hotel tersebut, berdekatan dengan institut agama Islam dan pesantren. Pembangunannya ditunda tahun depan karena melihat perekonomian yang slowing down,” tambahnya.

Selain membangun hotel syariah, Sahid juga berencana akan mengkonversi satu hotel di Lampung menjadi hotel syariah. Konversi ini juga akan dilakukan tahun depan. “(Hotel) di Lampung juga kami pertimbangkan untuk convert menjadi syariah. Tidak hanya mengubah hotel menjadi syariah, tapi juga sepaket dengan renovasi dan dihitung utuk okupansi atau apa,” ujarnya.

Sahid Group merupakan sebuah perusahaan konglomerasi yang bergerak di bidang perhotelan di Indonesia. Sahid Group didirikan pada tahun 1953 oleh Sukamdani Sahid Gitosardjono. Saat ini Sahid Group mengelola 20 hotel di seluruh Indonesia di bawah bendera Sahid Hotels. Selain Hotel, Sahid Group juga memiliki bisnis di bidang media (Bisnis Indonesia Group), tekstil, properti, kesehatan dan pendidikan.

Sementara itu, Sahid Group juga melakukan kerjasama dengan PT Bank Muamalat yang melingkupi pembiayaan bidang usaha pendidikan, pembiayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), pengelolaan keuangan serta korporasi.

Dalam kesempatan tersebut, Sukamdani mengajak pelaku bisnis untuk mengalihkan penggunaan jasa keuangan ke produk syariah. Ia mengatakan kerja sama Sahid Group dengan Bank Muamalat diharapan dapat menjadi contoh bagi pelaku bisnis lainnya. Produk pembiayaan bank syariah ini dinilai sangat diminati pelaku usaha. “Bagi hasil yang ditawarkan bank syariah cenderung tetap, tak fluktuatif seperti bank konvensional,” jelasnya.

Dia juga mengharapkan nota kesepahaman yang telah ditandatangani segera diwujudkan sehingga menjadi praktik sosialisasi yang baik dan jelas tetang kelebihan menggunakan jasa perbankan syariah. “Melalui kerja sama ini, kami yakin akan menjadi pertimbangan bagi pebisnis yang selama ini cenderung condong menggunakan bank konvensional untuk beralih ke bank syariah," ujarnya. (njs/dbs)


Back to Top