Genjot Penjualan Produk Halal, AladdinStreet Targetkan Penjualan 50 Juta Dollar Singapura di Tahun Pertama

gomuslim.co.id – Peluncuran AladdinStreet bersama dengan pemerintah Singapura akan mendorong perusahaan ritel dan Usaha Mikro Kecil dan menegah (UMKM) untuk menggunakan e-commerce sebagai sarana dalam menjangkau lebih banyak pelanggan.

AladdinStreet Singapura sendiri menargetkan SG $ 50 juta penjualan dalam tahun pertama dari pembukaan kantor operasional pada bulan Juli 2016. Perusahaan ini sendiri diluncurkan pada 21 Oktober dan telah mendaftarkan hampir 60 pedagang, yang lebih dari setengahnya mengantungi sertifikat halal.

Berdasarkan laporan dari publikasi Marketing (27/10), AladdinStreet juga sedang dalam pembicaraan dengan 140 pedagang khususnya UKM dari berbagai industri dan bertujuan untuk berkolaborasi dengan 300 pedagang pada bulan Agustus mendatang. Untuk diketahui, AladdinStreet Singapura adalah unit usaha patungan dengan Malaysia Aladdin Group.

Jika berhasil, kesepakatan ini diharapkan akan memberikan konsumen dan pedagang akses ke 650 juta akun di lebih dari 200 wilayah, yang memungkinkan akses lebih cepat ke pasar Cina yang luas. Pada gilirannya, hal ini juga akan membantu memenuhi target penjualan sebesar SG $ 50 juta dalam tahun pertama operasi. Namun, Juru bicara perusahaan menolak untuk mengungkapkan rincian spesifik tentang kesepakatan dengan pemerintah mengenai hal ini.

AladdinStreet Singapura sendiri menambah daftar dari 29 negara lain yang tergabung kedalam Grup Aladdin dan pasar berikutnya adalah negara Cina dengan memunculkan AladdinStreet Cina. Dalam hal ini,  perusahaan mengatakan saat ini terdapat lebih dari 20 juta Muslim di Cina, di mana permintaan dari pasar domestik untuk produk halal oleh umat non-Muslim juga meningkat mengingat produk makanan halal baru-baru ini mnjadi acuan untuk kesehatan. Peluncuran AladdinStreet Singapura juga memberikan pilihan yang layak dan aman bagi umat Islam dan non-Muslim asal Cina hingga AladdinStreet Cina diluncurkan.

Aladdin Grup sendiri berbasis di Kuala Lumpur dengan co-founder mereka yakni seorang astronot Malaysia, selebriti dan ahli bedah bersertifikat Sheikh Muszaphar Shukor Al Masrie. Dia memulai merintis perusahaan ini dengan dua co-founder lainnya di Malaysia.

Sheikh Muszaphar juga mengatakan bahwa saat ini telah terjadi peningkatan terhadap awareness dari manfaat kesehatan untuk produk halal, bahkan di negara-negara non-Muslim sekalipun. namun, para produsen dari industri halal hanya dapat memenuhi 20% dari permintaan ini karena kurangnya platform pemasaran yang handal. Berkaca dari hal tersebutlah, AladdinStreet dibentuk.

"Bahkan salah satu importir terbesar produk halal sebenarnya adalah Singapura, dan negara ini memiliki track record  yang baik dalam pemerintahan dan standar yang tinggi untuk halal, Aladdinstreet.com.sg akan membantu UKM ini agar dapat mengakses pasar yang lebih uas untuk potensi yang maksimal," katanya.

Dimiliki oleh Muslim dan non-Muslim, AladdinStreet Singapura mengatakan situsnya pada dasarnya adalah sebuah e-marketplace halal yang menampilkan produk-produk berkualitas dan premium, produk halal yang melayani semua segmen baik untuk B2B dan B2C, dan dari berbagai macam jenis produk barang halal, seperti kosmetik, busana muslim, hingga obat-obatan bersertifikakt halal. (ari/dbs)


Back to Top