Perkuat Hubungan Tokoh Muslim Dunia, Kemenag Gelar Konferensi Studi Islam Internasional

gomuslim.co.id- Bulan November 2016 mendatang Kementrian Agama (Kemenag) akan menngelar sebuah event tahunan berkelas Internasional di Lampung. Acara tersebut bertajuk Annual International Conference Islamic Studies (AICIS) atau Konferensi Studi Islam Internasional. Gelaran tahun ini adalah yang ke XVI dan akan berlangsung di Institut Agama Islam Raden Intan Lampung, pada tanggal 1  sampai 4 November 2016 mendatang.

Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kemenag Amsal Bakhtiar mengatakan persiapan untuk acara tersebut sudah masuk tahap final dan dia berharap AICIS yang mengambil tema The Contribution Of Indonesian Islam To The World Civilization ini bisa berjalan dengan baik.

Selain itu, event internasional ini juga membuka penulisan makalah ilmiah yang akan dipresentasikan. Berdasarkan hasil penilaian Tim Reviewer Paper AICIS tahun 2016 terhadap 1.345 submitted papers yang diterima oleh panitia melalui sistem web online maupun surat elektronik, sebanyak 350 makalah diterima (accepted papers) untuk dipublikasikan dalam The 16th AICIS Proceeding dan dipresentasikan dalam forum ilmiah AICIS.

Ratusan makalah itu terbagi dalam dua kategori. Kategori pertama adalah pemakalah terpilih (selected presenters) yang akan diundang untuk mengikuti kegiatan AICIS 2016 dan wajib mempresentasikan papernya dalam forum parallel session atas biaya Panitia. Biaya tersebut meliputi transportasi domestik dan akomodasi selama kegiatan.

Adapun, kategori kedua, pemakalah mandiri yang diundang atas biaya lembaga dan/atau pribadi untuk mengikuti kegiatan AICIS 2016 dan dapat mempresentasikan papernya dalam forum parallel session (optional).

Kasubdit Pengembangan Akademik Diktis, M. Zain mengingatkan panitia agar menjamin semua paper yang lulus seleksi otentik dan terhindar dari plagiasi. Senada dengan M Zain, Sterring Committe AICIS 2016, Amany Lubis mengatakan bahwa paper yang sudah diterima menjadi tanggung jawab panitia untuk menelaah kembali mulai dari judul dan isinya.

Selain itu, M. Zain juga mengatakan penyelenggaraan AICIS ini  bertujuan memperkuat intellectual networking antara para dosen dan peneliti dengan tokoh-tokoh dunia sesuai dengan ilmu yang ditekuninya. Karenanya, AICIS 2016 akan menghadirkan pemateri dari dalam negeri dan luar negeri.

Nama-nama yang dijadwalkan hadir pada event AICIS ini antara lain: Prof. Dr. Monchef Ben Abdel Jelil (University de Saosa Tunisia), Prof. Dr. Sumanto Al-Qurtubi (King Fahd University of Petroleum and Minerals, Saudi Arabia), Dr. Annabel Teh Gallop (British Library), Prof. Wan Mohd Nor Wan Daud (ISTAC Malaysia), dan Prof. Bhajan Grewal (Victoria University).

Selain itu, dijadwalkan hadir juga dalam event ini adalah ebberapa tokoh Muslim Dunia, yaitu Dr. Minako Sakai (UNSW), Prof. Tomas Lindgren (Umea University, Sweden), Dr. Kevin W. Fogg (Oxford University), Habiburrahman el-Shirazi (Indonesian Novelist/Humanist), Dr. Muhammad Hadi bin Muhammad Melayong (Brunei Darussalam), Prof. Magdy Behman (Estern Mennonite University, USA), Dr. Minako Sakai (University of New South Wales, Australia), dan Prof. Dr. David Carter (University of Canberra, Australia). (fau/kemenag)


Back to Top