Makin Serius Bidik Wisatawan Muslim, Korea Tourism Organization Rilis Destinasi Wisata Halal Pilihan di Negeri Ginseng

gomuslim.co.id- Destinasi wisata halal kini tengah jadi primadona. Betapa tidak, di beberapa negara saat ini sedang bergeliat mengembangkan produk, wisata dan pelayanan yang prima untuk memanjakan wisatawan Muslim. Salah satunya adalah di Korea Selatan. Negara yang terkenal dengan artis K-Pop ini  makin serius bidik wisata muslim untuk dating ke negeri ginseng tersebut.

Baru-baru ini, Korea Tourism Organization (KTO) memperkenalkan sebuah kampanye yang diberi nama 'Muslim Friendly Korea' untuk mengajak para wisatawa muslim dari seluruh negara untuk berkunjung ke Korea. Dalam publikasi resmi KTO menyebutkan Korea tidak hanya akan menawarkan tempat-tempat wisata favorit pada umumnya, tapi juga akan menawarkan kenyamanan bagi wistawan muslim yang berkunjung ke Korea, seperti adanya Seoul Central Masjid, Ruang Sholat di Kantor KTO Tourist Information Center (TIC) di Seoul, zona khusus wisatawan di Kota  Itaewon, serta berbagai restoran hahal.

KTO Jakarta menyatakan bahwa pada tahun 2017 mendatang, pihaknya berencana akan mengembangakan promosi yang aktif bersama dengan perusahaan Korea di Indonesia dan terus mendukung bisnis yang meningkatkan wisatawan Muslim berkunjung ke Korea.

Untuk menarik para traveler, khususnya traveler muslim sebuah video dirilis oleh KTO. Video tersebut memperlihatkan berbagai tempat-tempat wisata menarik di Korea seperti, Istana Gyeongbokgung, Gwanghwamun Square, Sungai Hangang, tempat berbelanja Myeong-dong, Insa-dong, Cheonggyecheon Stream, Dongdaemun Design Plaza, Namiseom Island, N Seoul Tower, Pulau Jeju, dan lainnya.

Selain merilis tempat-tempat wisata tersebut, Korea Selatan juga menjamin para wisatawan muslim agar tidak perlu khawatir lagi mengenai tempat ibadah ataupun restoran-restoran halal yang ada di Korea, karena kantor KTO Tourist Information Center (TIC) di Seoul siap memberikan bantuan terhadap para wisatawan.

Sebelumnya, Jeju Tourism Association meluncurkan panduan berwisata baru yang dikhususkan untuk turis muslim. Panduan berkunjung ke Pulau Jeju tersebut lebih fokus pada hal-hal yang dibutuhkan oleh wisatawan muslim. Dengan demikian, wisatawan muslim yang berkunjung ke Jeju dapat dengan mudah mencari tempat menarik yang ingin dikunjungi, tempat belanja, serta yang terpenting adalah tempat makan yang halal dan tempat untuk Shalat.

Young Jin Kim Presiden Jeju Tourism Association mengatakan pihaknya sangat tertarik untuk menyambut wisatawan yang datang dari berbagai belahan dunia. Mereka akan bekerja sama dengan HalalTrip untuk membuat buku panduan tersebut, sehingga para wisatawan muslim yang datang ke Pulau Jeju dapat menikmati apa yang asosiasinya tawarkan.

Buku panduan ini dibagi ke dalam beberapa bagian yang semuanya fokus dalam menyediakan informasi mengenai atraksi wisata di penjuru pulau, termasuk untuk berbelanja. Buku panduan ini juga menyoroti tempat-tempat makan yang menyajikan hidangan laut lokal serta restoran vegetarian yang telah dinilai oleh CrescentRating. Bab terakhir dalam buku ini fokus pada tempat-tempat untuk beribadah dan masjid di Pulau Jeju. Buku panduan yang berjudul Experience Jeju Island, A Traveller's Haven ini berjumlah 12 halaman dan tersedia dalam bahasa Inggris.

Lebih lanjut, dalam catatan Korea Tourism Organization tahun lalu, sebanyak 740.000 ribu wisatawan muslim berkunjung ke negeri ginseng tersebut. Wisatawan asal Indonesia dan Malaysia masih mendominasi sebagai dua negara teratas yang menyumbang wisatawan muslimnya ke negara tersebut. Negara lainnya yang juga menyumbang banyak warga muslimnya yakni Turki, dengan jumlah wisatawan muslim sebesar 20.000 ribu pengunjung selama periode tahun 2015 lalu.

Tahun ini, diperkirakan jumlah kunjungan wisatawan muslim ke Korea meningkat sebesar 60.000 ribu wisatawan dari kunjungan wisatawan muslim tahun lalu atau menjadi 800.000 ribu kunjungan. Karena itu, berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyediakan berbagai kebutuhan-kebutuhan wisatawan muslim. (fau/kto/dbs)

Baca juga:

Usung Konsep Muslim Friendly Tour, Korea Selatan Gelar Halal Restaurant Week 2016

 


Back to Top