MTQ VII Kota Tangsel: Ribuan Peserta Ramaikan Pawai Taaruf

gomuslim.co.id- Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VII tingkat Kota Tangerang Selatan, Kamis (27/10) kembali digelar. Pawai taaruf menjadi penanda dimulainya perlombaan rutin setiap tahun itu. Ribuan peserta dan para khafilah peserta turut berpartisipasi memeriahkan acara ini. Adapun yang menjadi tuan rumah MTQ pada tahun ini adalah Kecamatan Pondok Aren.

Masyarakat yang sedang melintas sempat terpana saat melihat aksi Pawai Taaruf ini. Para peserta juga terlihat begitu antusias dengan digelarnya MTQ VII tingkat Kota Tangsel ini. Wakalpun  dengan terik matahari pagi hari mulai memanas, antusias peserta tidak terganggu dan terus melanjutkan pawai ta'aruf ini.

Wali Kota Tangsel Hj Airin Rachmi Diany bersama Kepala Kantor Kementerian Agama H Zaenal Arifin, Kapolres Tangsel Plt Sekda Muhammad, tokoh Tangsel KH Zarkasyi Noor, Ketua LPTQ Tangsel, H. Muhammad Sobron, dan sejumlah tokoh masyarakat beserta para kepala SKPD lainnya yang berada di atas panggung utama menyambut iring-iringan rombongan pawai.

Zaenal berharap, MTQ tahun ini berjalan lancar dan sukses. Sukses prestasi dan melahirkan bibit-bibit muda yang kompeten sesuai bidang lomba. Hal ini agar dapat mewakili Tangsel dalam MTQ tingkat Provinsi dan tingkat Nasional mendatang, sehingga dapat berprestasi mengharumkan nama Kota Tangsel.

Apalagi, menurutnya, Kota Tangsel sendiri memiliki slogan religius, maka sudah sepantasnya memiliki sumber daya manusia yang religius. Kemenag Tangsel siap mendukung menjadikan Tangsel menjadi juara umum 3 kali berturut-turut untuk tingkat Provinsi. “Dengan MTQ ini, semoga tercipta generani muda yang Qurani, cerdas, mandiri, religius dan modern. Sehingga generasi muda Islam dapat berkarya, terampil serta produktif dan cinta kepada Alquran,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua LPTQ Tangsel H Muhammad Sobron mengungkapkan, peserta yang MTQ ke-VII ini berjumlah 400 orang. Ia berharap, kegiatan MTQ ini dapat menjadikan masyarakat Islam yang ada di Tangsel semakin mencintai Alquran sebagai kitab sucinya. Sehingga kedepannya masyarakat dapat menghayati, mendalami, mengamalkan apa yang terkandung dalam Alquran.

“MTQ ini sebagai syiar di masyarakat. Semoga masyarakat semakin gemar membaca Alquran. Sebagai proses peningkatan iman Islam dan selalu membaca Alquran dalam kesehariannya. Selain itu, kegiatan ini sebagai ajang silaturrahmi antar masyarakat dengan pemerintah Kota Tangerang Selatan, masyarakat dengan masyarakat yang lain. Semuanya supaya terciptanya keharmonisan hubungan yang diikat dengan pengamalan ayat-ayat Alquran dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sobron menambahkan, MTQ Tingkat Kota Tangsel ini dalam rangka menggali potensi yang ada di masyarakat Tangsel, terutama dalam pengembangan Tilawatil Quran. Selain itu,  tentunya kegiatan ini dapat menjadi pemersatu ummat Islam yang berada di Kota Tangsel.

“Yang tidak kalah penting adalah kegiatan MTQ ini tidak hanya dijadikan sebagai ajang seremonial saja. Tapi, masyarakat juga harus memaknai dan mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Sebelumnya, Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan sejak kemarin telah menyebarkan edaran kepada lembaga-lembaga di bawahnya agar ikut memeriahkan pawai taaruf ini. Mulai dari KUA, Pokjawas, Pokjaluh, Pokjahulu, Kepala RA/MI/MTs/MA, IGRA, PGMI, KKM MI/MTs/MA, FKG dan KKG PAI SD, dan MGMP PAI SMP/SMA/SMK.

MTQ ke-VII Tingkat Kota Tangerang Selatan ini akan berlangsung selama 4 hari ke depan, mulai dari tanggal 27 hingga 30 Oktober 2016. Para juara MTQ nantinya akan mewakili Kota Tangsel di Tingkat Provinsi Banten di masa yang akan datang. (njs/kemenag/dbs)


Back to Top