Gelaran Pameran Haji dan Umrah Terbesar Dunia Resmi Dibuka, IIE 2016 Tampil Berbeda

gomuslim.co.id- Ajang International Islamic Expo (IIE) Haji-Umrah dan Pariwisata Islam tahun 2016 secara resmi dibuka. Pameran haji dan umrah terbesar di dunia ini dibuka langsung oleh Ketua Dewan Audit Merangkap Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Prof DR Ilya Avianti, SE, M.Si., Ak. CPA. Kegiatan ini akan digelar mulai tanggal 28 sampai 30 Oktober 2016 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Dalam sambutannya Ilya mengatakan, industri keuangan syariah terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. “Industri keuangan syariah menjadi pilar ekonomi syariah di Indonesia. Hal tersebut didukung dengan hadirnya produk halal, wisata halal dan fashion syar’i yang sangat berpengaruh terhadap sektor kehidupan masyarakat,” katanya,

Lebih lanjut Ilya menjelaskan, saat ini gaya hidup halal telah menjadi tren masyarakat Indonesia. Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar dunia, Indonesia mempunyai peran besar dalam mengembangkan ekonomi syariah. “Semakin banyak masyarakat yang mau berderma dan membantu orang lain sesuai dengan prinsip syariah,” tambah Ilya. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana IIE 2016  DR H Anggito Abumanyu mengatakan, ajang IIE ini menjadi ajang memperkenalkan inovasi produk halal dan lahan bisnis bagi para pelaku industri syariah. “Perhelatan IIE ini menghadirkan para tokoh, pakar dan pelaku usaha halal untuk saling berbagi. Dengan pertemuan ini, saya berharap dapat mendorong perekonomian Indonesia yang lebih baik,” katanya.

Selain itu, ia berharap kedepannya tata kelola haji dan umroh di Indonesia dapat menjadi lebih baik. Pelayanan dari travel maupun pihak pemerintah, dalam hal ini Kemenag, dapat saling bersinergi bersama-sama. “Kebutuhan masyarakat akan pelayanan terbaik dalam menjalankan ibadah haji dan umroh harus menjadi prioritas bagi pelaku jasa pelayanan travel haji dan umroh,” ungkapnya.

Anggito menambahkan, pada ajang IIE tahun 2015 berhasil menghadirkan lebih dari 28.000 pengunjung. “Tahun ini kita targetkan pengunjung bisa lebih banyak dari sebelumnya. Kita juga menargetkan nilai transaksi 22 miliar dari kegiatan ini. Tentu dukungan masyarakat dan berbagai pihak sangat kita harapkan,” kata Anggito. 

Acara International Islamic Expo (IIE) tahun berbeda dengan event-event sebelumnya. Selain diikuti biro-biro perjalanan wisata dari Indonesia, pameran ini juga diikuti exhibitor internasional dari berbagai negara, mulai dari negara-negara di Asia Tenggara hingga negara-negara Timur Tengah. Bidang usahanya mulai dari perusahaan penerbangan international, tour operator, penyedia jasa hotel,  provider visa, restauran dan catering sampai pengusaha transportasi di Arab Saudi.

Potensi jamaah umrah dan haji di Indonesia memang sangat besar. Setiap tahun sekitar satu juta penduduk Indonesia berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah umrah. Sedangkan untuk haji, setiap tahun Indonesia mengirimkan sekitar 165 ribu jemaah haji, dan merupakan jemaah haji terbesar di dunia. 

“Selain pameran, tolkshow, dan seminar, di IIE ini nantinya akan menghadirkan artis papan atas Indonesia seperti Rossa, Bunga Citra Lestari (BCL), dan Fathin Shidqia Lubis yang akan turut memeriahkan acara ini,” tuturnya. (njs)


Komentar

    Tulis Komentar


Back to Top