Aplikasi ‘Thailand Muslim Friendly Destination’ Permudah Wisatawan Muslim Temukan Makanan Halal

gomuslim.co.id- Terkait pariwisata halal, Thailand juga tak mau tertinggal. Berbagai promosi dan peningkatan kualitas destinasi wisata terus dilakukan Pemerintah setempat untuk menjamu para wisatawan muslim yang hendak berkunjung ke negeri gajah tersebut.

Salahs atunya, baru-baru ini Thailand merilis aplikasi yang memudahkan wisatawan muslim mendapatkan makanan halal di negara tersebut. Tidak hanya berisi informasi mengenai mesjid dan restoran halal yang ada di sekitar pengguna, aplikasi ini juga bisa memberikan panduan untuk menuju ke tempat tersebut.

Aplikasi bernama Thailand Muslim Friendly Destination ini dapat diunduh secara gratis di smartphone berbasis Android and iOS. Aplikasi ini diinisiasi oleh Badan Pariwisata Thailand (Tourism Authority of Thailand/TAT).

Tidak hanya berisi informasi mengenai mesjid dan restoran halal yang ada di sekitar pengguna, aplikasi ini juga bisa memberikan panduan untuk menuju ke sana. Jika pengguna tidak memiliki akses internet, terdapat pula e-book­ offline yang berisi alamat lengkap mesjid dan restoran halal di Thailand. Aplikasi ini tersedia dalam bahasa Thailand dan Inggris, namun sedang dalam proses untuk penambahan bahasa lain, termasuk bahasa Arab dan Indonesia.

“Kami berharap aplikasi ini akan berguna bagi para wisatawan Muslim dari Indonesia  yang akan berlibur ke Thailand,” kata Direktur TAT Jakarta, Nithee Seeprae, seperti dilansir dari publikasi NationalGeographic.

Saat ini, Thailand menempati peringkat kedua di atas 10 tujuan wisata halal non-OKI dari MasterCard Crescent Penilaian global Travel Indeks Muslim (GMTI) yang dilakukan pada tahun 2016. Indeks tersebut  juga menyebutkan bahwa Malaysia dan Singapura mempertahankan posisi mereka sebagai tujuan utama untuk pasar perjalanan Muslim, di kategori OKI dan non-OKI (ada 57 negara anggota Organisasi Kerjasama Islam.) Studi keseluruhan tertutup pada 130 tujuan campuran negara OKI dan non-OKI.

Pada tahun 2015, wisata Muslim mewakili 117 juta perjalanan, hampir 10% dari seluruh pasar wisata. Hal ini diperkirakan akan tumbuh menjadi 168 juta pengunjung pada tahun 2020, sebesar 11% dari segmen pasar dengan nilai pasar diproyeksikan melebihi USD200 miliar. Sedangkan untuk Asia dan Eropa adalah dua daerah teratas di dunia menarik pengunjung Muslim akuntansi untuk 87% dari seluruh pasar.

Thailad memang unggul dalam hal rekomendasi wisata halal bagi turis muslim. Hal tersebut terbukti dari  posisi tertinggi dalam hal jumlah turis muslim yaitu enam juta orang yang menikmati wisata halal yang ditawarkan Thailand. Fakta tersebut membuktikan Thailand lebih unggul dari Indonesia, Malaysia, dan Singaura.

Untuk Indonesia sendiri yang menargetkan 20 persen dari 10 juta wisatawan mancanegara menikmati wisata halal yang ditawarkan, yang berarti setidaknya dua juta orang ditargetkan menjadi pasar untuk wisata halal di Indonesia. Namun, ternyata angka tersebut masih lebih sedikit dibanding angka yang berhasil diraih negara lain untuk wisata halal, seperti Thailand, Malaysia dan Singapura. Singapura menargetkan empat juta wisatawan dan Malaysia menargetkan lima juta orang. (fau/dbs)


Back to Top