Rayakan Ulang Tahun ke-10, Islamic Fashion Festival Gelar Pameran Busana Muslim di Indonesia

gomuslim.co.id– Sebuah perhelatan busana muslim internasional tahunan selalu mengundang banyak desainer dari banyak daerah dan negara. Kegiatan ini ditujukan untuk memperlihatkan keragaman berbusana muslim, daripada menjadi panduan tren berbusana bagi umat muslim.

Yang Mulia Dato Sri Raja Rezza Shah selaku Pendiri dan Ketua Islamic Fashion Festival (IFF), melihat dari pengamatannya bahwa terdapat banyak cara masyarakat muslim di setiap daerah atau negara dalam hal berpakaian yang sesuai dengan syariat Islam masing-masing yang dianut.

"Saya contohkan, ketika saya pergi ke Pakistan, masyarakat muslimah lebih mengutamakan menutup dada daripada rambut. Sebab itu, banyak muslimah yang menumpuk selendang di dada. Sementara itu, gaya berbusana muslimah di tempat lain mungkin lebih fokus untuk menutupi tangan atau kaki," jelasnya.

Dari pengamatannya tersebut, ia mencoba untuk menunjukkan keanekaragaman model busana muslim dalam setiap pagelaran IFF. Dengan mengundang banyak desainer dalam pertunjukkan IFF, ia mengharapkan agar masyarakat atau pengamat fesyen akan lebih menghormati perbedaan dalam cara berbusana muslim.

"Kita bukan majlis fatwa yang bisa menentukan patokan cara berbusana muslim. Justru kita ingin hidangkan cara menutup aurat yang berbeda-beda, supaya kita bisa lebih menghormati perbedaan yang ada. Oleh karena itu, saya lebih suka membawa enam desainer dan sekurang-kurangnya tiga," pungkasnya.

Lebih lanjut, Yang Mulia Dato Sri Raja Rezza Shah menilai bahwa Indonesia memegang tempat spesial bagi sejarah perjalanan IFF. Hal ini, karena IFF yang lahir di Malaysia mendapat tempatnya dalam presentasi internasional di Jakarta yang merupakan kota kaya budaya, khususnya Islam.

"Sejak saya dirikan pada 2006 di Kuala Lumpur, saya telah mengajak Indonesia bergabung dengan Malaysia, karena Indonesia menjadi kiblat fashion muslim dalam 20 tahun terakhir. Sejak itu, kami sudah selenggarakan tur festival ini di Jakarta dan beberapa kota lainnya di Indonesia. Syukur alhamdulillah show IFF ini sudah ke-39 kalinya diselenggarakan dalam waktu 10 tahun," ungkapnya dalam sambutan acara IIF yang diselenggarakan di Hotel Four Season, Jakarta Selatan, Minggu (30/10/2016).

Pameran Busana Muslim 

Selain Jakarta, kota-kota besar seperti Bandung, Palembang, Bali, Surabaya, Padang, dan Medan juga biasa menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan IFF. Kini, 12 desainer di bawah organisasi Indonesia Modest Fashion Designer juga telah dirangkul untuk menunjukkan kreasi fashion muslimah mereka.

"Kali ini kami melibatkan Indonesia Modest Fashion Designer yang mewadahi desainer muslim di Indonesia. Kali ini juga kami bawa desainer dari Malaysia dan Australia serta bekerja sama dengan swasta agar menjadikan fesyen muslimah semakin dilihat dan terus berkembang," tambahnya.

Perayaan ulang tahun IFF ke-10 kali ini terbagi atas beberapa aktivitas, seperti pameran busana muslimah siap pakai oleh 12 desainer lintas daerah dan bangsa, acara gala dinner bersamaan dengan fashion show muslim bersama selebriti Ibu kota, dan peluncuran kolaborasi IFF dengan Festival Film Indonesia (FFI). (ari/dbs)


Back to Top