IIE 2016

‘Saudi Public Transport’ Ramaikan Pameran Haji dan Umrah International Islamic Expo

gomuslim.co.id- International Islamic Expo (IIE)- Umrah-Hajj & Islamic Tourism yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC)  pada 28 sampai 30 Oktober 2016. Selain berisi pameran dari biro perjalanan, IIE juga menghadirkan akomodasi penunjang perjalanan ibadah tersebut. Salah satunya adalah perusahaan transportasi asal Arab Saudi.

Adalah Saudi Public Transport Company (SAPTCO). Perusahaan ini ikut meramaikan event pameran Haji dan Umrah ke-12 ini. Direktur Quality & Safety Yaser Ismail Noussr menjelaskan kepada gomuslim, bahwa keikutsertaan mereka di IIE 2016 sebagai bagian dari promosi lebih lanjut SAPTCO yang sudah melayani jemaah Haji di seluruh dunia selama 37 tahun terakhir.

“Hampir semua umat Muslim di seluruh dunia setiap tahunnya menjalankan ibadah Haji atau Umrah ke Masjidil Haram. Karena itu SAPTCO hadir untuk menunjang akomodasi tersebut. Keunggulan kami adalah, kami memiliki 7000 armada bus, kereta, kargo, mobil Limousine, dan masih banyak yang lainnya untuk melayani para jemaah, “ jelas Yaser.

Selain itu, tambah Yaser, sejak tahun 2011, SAPTCO bekerja sama dengan PT. Deka Perkasa Adijaya Indonesia membuka cabang di Jakarta untuk kantor SAPTCO di Indonesia. “Karena para jemaah ini tidak semua bisa bahasa Arab, begitu juga perwakilan perusahaan biro perjalanan di negara-negara non Arab. Salah satunya, kami membuka cabang di Indonesia untuk mempermudah transaksi, “ ungkapnya.

Sebelumnya, sejak 29 Mei 1979 SAPTCO resmi dioperasikan. Hal ini berkaitan pada masa-masa awal dideklarasikan berdirinya Arab Saudi pada tahun 1932 dan saat itu belum terbentuk perusahaan transportasi darat seperti armada bus. Perusahaan ini merupakan unit usaha yang bergerak dalam pelayanan transportasi publik yang melayani rute perjalanan ke berbagai daerah di Arab Saudi.

Saat ini ribuan bus tersebar di seluruh cabang SAPTCO di beberapa wilayah Saudi dan telah melayani angkutan antar kota di wilayah Saudi maupun beberapa kota di negera-negara tetangga.  Layanan antar kota meliputi kota-kota besar seperti Riyad, Damam, Mekah, Madinah, Jeddah dan kota-kota kecil lainnya. Armada bus SAPTCO telah menghubungkan lebih dari 385 tempat meliputi kota dan desa-desa kecil di seluruh Arab  Saudi.

SAPTCO bermarkas di Riyad dan mempunyai cabang-cabang seperti di Damam, Jedah, Mekah, Khamis, Ghasim, Tabuk, Thaif dan banyak lagi cabang lainnya di setiap kota besar Saudi. Banyak jemaah haji yang menggunakan jasa layanan dari SAPTCO untuk kepentingan ibadah haji. Perusahaan ini adalah perusahaan resmi yang bergerak dalam layanan transportasi bagi jemaah haji dan juga masyarakat setempat.

Selain diikuti biro-biro perjalanan wisata dari Indonesia, pameran IIE ini juga diikuti exhibitor internasional dari berbagai negara, mulai dari negara-negara di Asia Tenggara hingga negara-negara Timur Tengah. Bidang usahanya mulai dari perusahaan penerbangan international, tour operator, penyedia jasa hotel,  provider visa, restauran dan catering sampai pengusaha transportasi di Arab Saudi.

Tahun ini IIE menyiapkan 120 booth untuk menampung perusahaan-purusahaan yang bergerak di bidang Umrah-Haji dan wisata muslim dari dalam dan luar negeri. Dari sisi kunjungan, selama tiga hari IIE tahun 2014 dikunjungi lebih dari 25.000 orang, untuk tahun 2015 sekitar 27.000 orang.  Untuk IIE tahun 2016 ini ditargetkan bisa menarik lebih dari 30.000 pengunjung. (fau)

Baca juga:

Setia Layani Perjalanan Jemaah Haji Seluruh Dunia

Gelaran Pameran Haji dan Umrah Terbesar Dunia Resmi Dibuka, IIE 2016 Tampil Berbeda

Segera Digelar Pameran Haji dan Umrah Terbesar se-Dunia di Jakarta

 


Back to Top