Kenalkan Islam Kepada Masyarakat Australia, Komunitas Muslim Queensland Gelar Open Day di Masjid Rockhampton

gomuslim.co.id- Komunitas Masyarakat Muslim di Queensland Tengah menggelar kegiatan Open Day Masjid Nasional di Masjid Rockhampton berberapa waktu lalu. Acara ini digelar setiap tahun untuk membuka kunjungan masjid bagi masyarakat sekitar supaya mereka lebih dalam mengenal Islam.

Ratusan warga Australia memenuhi masjid lokal di Rockhampton. Mereka memenuhi undangan umat Muslim setempat. Dalam acara tersebut, mereka saling berbagi makanan lezat, tur keliling masjid, dan tanya jawab mengenai budaya serta ajaran agama Islam pada Muslim lokal.

Salah satu kegiatan dari Open Day adalah mencicipi makanan khas Timur Tengah dan negara-negara yang mayoritas penduduknya Islam. “Saya rasa biasanya kita merasa sama-sama takut dan mengasosiasikan agama tertentu, tetapi setiap agama memiliki hal yang positif. Dan disini saya bisa bertanya mengenai Islam lebih dalam,” ujar Celeste Sherwood, warga Rockhampton.

Perwakilan Komunitas Masyarakat Muslim Queensland Mustafa Elkhishin mengatakan, Muslim setempat merasa senang atas tanggapan masyarakat umum terhadap kegiatan ini. Kegiatan ini terasa lebih ramai dibandingkan tahun lalu. “Ada beberapa pertanyaan bagus untuk memahami mengenai Islam dan mitos terkait Islam,” ujarnya sebagaimana dilansir dilansir dari publikasi chincillanews.com.au.

Lebih lanjut Elkhishin mengungkapkan, Muslim Rockhampton merupakan komunitas besar di wilayah tersebut. Terbukanya masyarakat dan memahami Muslim dengan berdiskusi merupakan hal yang penting untuk mereka. “Masyarakat sangat butuh dialog mengenai keislaman,” tambahnya

Dalam acara tersebut, mereka mengundang Imam Mohammed Akram Buksh dari Brisbane sebagai pembicara. Dia berbagi pengalamannya perlakuan masyarakat sebagai muslim. Di wilayahnya, dia masih mengalami diskriminasi begitu juga keluarganya. Mohammed berharap, acara ini dapat membawa kedamaian di antara masyarakat.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Australia lebih bisa mengenal Islam dan tumbuh sikap toleransi. Bagaimanapun pesan perdamaian harus kita suarakan karena Islam itu rahmat atau kasih sayang bagi seluruh alam,” ujarnya.

Istilah Open Day sendiri di Australia merupakan sebuah kegiatan dimana sejumlah tempat menggelar acara. Dalam acara ini kemudian mereka membuka pintu lebar-lebar bagi masyarakat yang belum pernah mengunjungi tempat-tempat tersebut. Biasanya, Open Day dilakukan oleh museum, galeri, bank, atau beberapa bagian dari tempat-tempat yang tidak terlalu terbuka untuk publik.

Ide inilah yang kemudian digunakan oleh Komunitas Muslim di Queensland Tengah dengan menggelar Open Day  di Masjid Rockhampton. Tujuannya yaitu untuk mengajak warga supaya lebih mengenal Islam.

Imam Mirza Akbar yang berbasis di Brisbane mengatakan banyak warga yang bukan Muslim merasa terkejut ketika mendapati banyaknya persamaan yang dimiliki antara mereka dengan warga Muslim. Ia mengatakan banyak hal yang belum diketahui masyarakat umum mengenai Islam. Untuk itu, perlu adanya sosialisasi yang salah satunya dengan Open Day ini.

“Cara hidup yang kita inginkan sama persis dengan yang diinginkan oleh warga Australia lainnya. Jadi pada akhirnya tidak ada perbedaan antara seorang Muslim dengan seorang yang lahir dan besar di Australia,” pungkasnya. (njs/dbs)

 


Back to Top