Kompetisi Robotik Madrasah 2016 Sukses Digelar, Ini Daftar Juaranya

gomuslim.co.id- Kompetisi Robotik Madrasah 2016 berlangsung selama dua hari Minggu-Senin (30-31/10/2016).  Event kedua yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Madrasah Ditjen ini berlangsung di Mall of Indonesia, Jakarta Utara.

Kompetisi Robotik Madrasah diikuti oleh 90 peserta yang lolos seleksi dari ratusan siswa yang mendaftar, peserta dibagi menjadi 45 tim, satu tim berjumlah dua orang dari setiap jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Setelah melalui tahap seleksi per harinya, para peserta tersebut masuk final pada Senin malam (31/10). Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin hadir untuk menutup Festival Robotik dan mengumumkan pemenangnya. Penutupan Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah 2016 juga dihadiri Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, Direktur Pendidikan Madrasah M. Nurkholis Setiawan, Kepala Pusat Informasi dan Humas Mastuki, Kabid Penmad Kanwil Kemenag Prov. DKI Jakarta Sadirin.

"Kita boleh saja bermimpi, namun setidaknya impian itu merupakan penyemangat dalam menjalani kehidupan kita dalam mengembangkan potensi yang kita miliki. Awal inovasi dan kreativitas seseorang diawali dengan mimpi. Karena, dengan kita sering bermimpi, akan semakin terasah potensi kita. Karena semua penemuan di dunia ini merupakan karya cita tangan manusia yang bermula dari impian, tidak datang begitu saja," kata Menag dalam sambutannya.

Kepada para peserta, Menag juga berpesan bahwa robot yang bertindak seperti manusia bukanlah ancaman, tetapi jika manusia bertindak seperti robot, itu baru ancaman.

"Kita patut berbangga, sebagai lembaga pendidikan agama, madrasah membuktikan dirinya sebagai lembaga pendidikan yang terbukti memproduksi generasi muda yang bertaqwa serta berilmu teknologi. Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah ini merupakan wahana penyaluran kreativitas potensi siswa-siswi madrasah dalam mengaktualisasikanya," ungkapnya.

Penutupan festival dan kompetisi ini ditandai dengan penekanan tombol sirine melalui layar. Para pemenang juara 1, 2, dan 3 dari setiap tingkatan dihadiahi uang jutaan rupiah. Selain itu, untuk juara 1 tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) diberi hadiah satu set robot, sementara untuk juara 1 tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) diberi hadiah wisata ke Jerman.

Adapun, para juara Festifal dan Kompetisi Robotik Madrasah 2016 di tiap kategori di antaranya; Kategori Design Robotik Tingkat MI, yaitu MI Madrasah Pembangunan UIN Jakarta (Juara 1), MIN Demangan Madiun (Juara 2), dan MI Wahid Hasyim Yogyakarta (Juara 3). Untuk  Kategori Robot Strategi Tingkat MTs diraih oleh; MTsN Kediri II (Juara 1), MTsN Kota Bandung (Juara 2), dan MTsN Yogyakarta (Juara 3). Sedangkan untuk Kategori Mobile Robot Challenge Tingkat MA diraih oleh; MAN Insan Cendikia Gorontalo (Juara 1), MAN 3 Tanggerang (Juara 2), dan MA 2 Model Medan (Juara 3).

Tahun ini, peserta  Lomba Robotik terdiri dari 30 peserta Madrasah Ibtidaiyah, 30 peserta Madrasah Tsanawiyah dan 30 peserta Madrasah Aliyah. (fau/kemenag)

 


Back to Top