Jadi Agama Terbesar Kedua, Populasi Muslim Terus Bertambah di Italia

gomuslim.co.id- Populasi Muslim di beberapa negara terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Salah satunya di negara Italia. Di negeri pizza tersebut, populasi Muslim terus bertambah pesat dalam kurun waktu dua dekade terakhir. Tercatat pada 1970, jumlah umat Islam saat itu hanya sekitar 2000 orang. Namun, pada akhir tahun 2015, jumlahnya sudah mencapai 2 juta orang.

Saat ini, Italia memang memiliki komunitas Islam yang terus berkembang. Menurut angka resmi, ada lebih dari 1,5 persen Muslim yang tinggal di Italia secara hukum. Hal ini menunjukan bahwa Islam merupakan agama kedua yang paling banyak diikuti di negara itu. Tapi hanya segelintir saja masjid yang terdaftar di pemerintahan Italia, kebanyakan Muslim melakukan ibadah di rumah-rumah dan pusat kebudayaan Islam.

Direktur Pusat New Religions Studies (Cesnur), Sosiolog Massimo Introvigne mengaku terkejut dengan angka tersebut. Hal demikian mengingat pada beberapa puluh tahun sebelumnya umat Islam di Italia masih terhitung ribuan. “Jumlah ini mengejutkan juga karena pada 1970 hanya ada sekita 2.000 sampai 3.000 orang,” katanya sebagaimana dilansir dari publikasi Express, Selasa (1/11).

Lebih lanjut akademisi Italia itu mengatakan, jumlah Muslim di Italia akan terus bertambah selama imigran dari Afrika dan Timur Tengah terus berdatangan. “Kedatangan para imigran dari berbagai negara ke Italia menjadi salah satu alasan semakin banyaknya pemeluk agama Islam disini,” tambahnya.

Selain itu Massimo juga mengungkapkan Muslim di Italia memang berkembang dengan sangat pesat. Meski menjadi agama terbesar kedua, tapi saat ini hanya ada empat masjid yang terdaftar secara resmi oleh negara tersebut.

Terdapat kurang lebih sekitar 2.000 Masjid belum terdaftar di pemerintahan Italia. Sebagai upaya memudahkan hubungan antara umat Muslim dan pemegang otoritas di Italia, Dewan Islam Italia melakukan peningkatan integrasi.

Sementara itu, seorang fotografer asal Italia Stefano Romano mengungkapkan, setiap bulan sekitar 30-an orang menjadi mualaf. Akan tetapi, Muslim di Italia masih kesulitan untuk mendapatkan pengetahuan Islam. Menurut dia, di Italia masih sulit mencari buku mengenai Islam terlebih buku panduan doa dan salat.

“Peningkatan populasi Muslim di Italia cukup tinggi. Hampir setiap bulan puluhan orang menjadi seorang mualaf. Namun hal ini belum diimbangi dengan sarana untuk belajar lebih dalam mengenai ajaran Islam. Kami masih kesulitan mencari buku dan referensi mengenai Islam di tempat terdekat,” ujarnya.

Di Italia, Islam memang belum diakui sebagai agama resmi negara. Hal ini membuat banyak umat Islam dari Afrika Utara dan Asia Selatan merasa didiskriminasikan atas dasar ras dan agama. Padahal menurut angka resmi, ada lebih dari 800.000 warga Muslim yang tinggal di Italia secara hukum. Pejabat setempat juga memperkirakan ada sekitar 100.000 lainnya hidup di sana secara permanen tanpa surat-surat resmi.

Menteri Dalam Negeri Italia Angelino Alfano mengatakan pada bulan Agustus lalu bahwa tempat-tempat salat di garasi seharusnya tidak diperbolehkan lagi. Partai-partai sayap kanan negara tersebut telah menyerukan larangan pada setiap Masjid yang dibangun dengan dana dari donor di luar Italia. Sementara usulan untuk membangun masjid bergaya tradisional di beberapa tempat telah sering mengalami perlawanan dari dewan lokal. (njs/express/dbs)


Back to Top