Siapkan Pemimpin Masa Depan, Rumah Zakat Luncurkan Program Taruna Juara

gomuslim.co.id- Program pemberdayaan pemuda terus dilakukan oleh beberapa lembaga. Salah satunya dilakukan oleh Rumah Zakat (RZ). Baru-baru ini RZ bersama Anggito Abimanyu telah meresmikan program Taruna Juara kepada warga di Jalan Banteng No. 51 Sinduharjo Ngalik, Sleman Yogyakarta. Program ini merupakan pelatihan dan pembinaan bagi mahasiswa untuk mengabdikan diri di masyarakat. 

CEO Rumah Zakat Nur Efendi dalam keterangan resminya mengatakan, program baru ini dilakukan untuk menggali potensi besar yang ada dalam diri pemuda. “Ini adalah program yang baru ada dan diresmikan di daerah Sleman. Sengaja kami resmikan pada momen Sumpah Pemuda untuk menambah semangat dari para peserta yang sebagian besarnya adalah generasi muda,” ujarnya.  

Lebih lanjut Efendi mengungkapkan, program Taruna Juara ini merupakan program pelatihan dan pembinaan jiwa kepemimpinan untuk dengan konsep rumah tinggal sebagai pusat pembinaan. Mahasiswa memperoleh subsidi biaya untuk tinggal dan mengikuti rangkaian program secara berkelanjutan sebagai bentuk persiapan generasi pemimpin masa depan yang beriman dan memberikan solusi terhadap permasalahan bangsa.

“Semoga ke depannya program ini dapat semakin berkembang. Dengan itu kita dapat terus membina para generasi muda yang berjiwa pemimpin, senantiasa dekat dengan Alquran, dan selalu mengajarkannya kepada yang lain,” tambahnya.

Kegiatan tersebut dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Fatih yang merupakan alumni SD Juara Yogyakarta dengan metode Scud Memory yang juga santri Tahfidz. Menurut Efendi, demo hafalan Alquran dengan menggunakan metode Scud Memory menjadi hal yang menarik sekaligus menjadikan suasana semakin khidmat dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu, Acara peresmian dihadiri oleh donatur, takmis masjid, RT, RW, Kepala Desa, serta perwakilan lembaga kemahasiswaan dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Islam Indonesia, dan Universitas Negeri Yogyakarta. Selain peresmian program Taruna Juara, diadakan pula Aksi Siaga Sehat, demo hafalan Alquran metode Scud Memory, dan pembagian 35 paket sembako untuk warga.

“Selain launching kita juga ada Siaga Sehat di rumah Kades (Pak Iswanto) dan pembagian sembako sebanyak 35 paket dengan mendatangi langsung rumah-rumah warga.” kata PIC Program Taruna Juara.

Peluncuran program Taruna Juara tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU dilanjutkan dengan pengguntingan pita. Setelah diresmikan, hadirin dipandu untuk bersama melihat-lihat bangunan Asrama Taruna Juara. Adapun program ini akan efektif mulai dijalankan pada tahun 2017, namun pendaftaran sendiri sudah dibuka dari sekarang.

Kegiatan yang diberikan itu berupa pelatihan Alquran dan pembinaan leadership. Salah satu pelatihan yang diberikan ialah melakukan pembinaan Alquran untuk lansia dalam setiap pekannya. 

Adapun tujuan program Taruna Juara, yaitu menyiapkan generasi pemimpin masa depan yang beriman, melahirkan generasi Hafidz minimal 4 juz, menjadi solusi terhadap permasalahan sosial di masyarakat, mengembangkan potensi mahasiswa yang memiliki jiwa kepemimpinan, dan menyiapkan mahasiswa untuk menghadapi dunia pasca kampus.

Sementara untuk persyaratannya antara lain mahasiswa muslim laki-laki, dapat membaca Alquran, pernah mengikuti organisasi kemahasiswaan, bersedia tinggal minimal satu tahun maksimal dua tahun, diutamakan yang telah selesai mengikuti KKN, lulus administrasi dan wawancara.

Kegiatan program yang dilakukan adalah tahsin (membaca dengan cermat dan baik), tahfidz (menghafal), talaqqi (menyetor hafalan), ziyadah (menambah hafalan), muroja’ah (mengulang hafalan), dan tasmi (memperdengarkan hafalan).

Selain itu, kegiatan pembinaan Leadership untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan adalah Leadership Sharing setiap hari yaitu kajian Leadership setiap pekan dengan mendatangkan pemateri dari RZ, donatur RZ, atau tokoh eksternal. Ada juga Leadership Visit (mengunjungi tokoh Leadership).

Mengenai kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pendampingan baca Alquran kepada lansia atau orang tua setiap pekan.

Fasilitas yang diperoleh seluruh peserta program adalah sarapan setiap hari, parkir luas, Free wifi, air, listrik, ruang belajar ber-AC, satu kamar untuk 2 orang (lengkap dengan tempat tidur, lemari, dan meja kursi), mesin cuci bersama, perlengkapan makan dan kamar, tim pengajar Alquran profesional dari Pondok Taruna Alquran, rumah nyaman dan bersih, gratis biaya pendaftaran, dan biaya program sebesar satu juta per bulan. (njs/rz/dbs)


Back to Top