Baznas dan Kemenag Kota Tarakan Segera Gelar MTQ Ke-2 Khusus Mualaf

gomuslim.co.id- Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-2 Mualaf Kota Tarakan akan segera berlangsung dalam waktu dekat. Kegiatan ini dipastikan akan berlangsung meriah dan dibanjiri hadiah yang sudah disiapkan oleh panitia. Beberapa hadiah menarik bagi para juara saat ini sudah terkumpul dari para donatur.

Sekretaris Panitia MTQ Mualaf Kota Tarakan Syamsi Sarman mengatakan, ada hadiah berupa barang peralatan rumah tangga, barang elektronik, voucher menginap di hotel berbintang sampai tiket pesawat gratis dengan tujuan Tarakan-Balikpapan PP. “Wah, pokoknya dijamin meriah dan memuaskan hadiahnya,” ujarnya.  

Selain hadiah untuk para pemenang, nantinya ada juga doorprize yang juga disediakan oleh para sponsor untuk para penonton di arena MTQ tersebut. Kemeriahan itu sendiri, menurut pria yang getol membina kegiatan mualaf ini adalah untuk menggembirakan dan memberi semangat kepada para Mualaf dalam berlomba di ajang MTQ ini.

Menurut informasi, kegiatan ini baru satu-satunya dilaksanakan di Indonesia. Sebelumnya tidak ada kegiatan MTQ yang secara khusus diperuntukan bagi para mualaf. “Yang saya tahu, ini satu-satunya ajang MTQ khusus mualaf di Indonesia,” katanya.

Karenanya, panitia mengupayakan agar acaranya semeriah mungkin, begitu pula dengan hadiahnya. Semua ini bertujuan untuk menggembirakan dan mendorong semangat para Mualaf dalam berlomba.  “Intinya kita memberikan dorongan buat para mualaf supaya mereka merasa diperhatikan,” tambahnya.

Lebih lanjut Sarman mengungkapkan kegiatan ini memberikan dampak positif bagi para mualaf supaya mereka giat belajar dan menekuni agama. “Nah, itulah misi utamanya. Harapan kami di balik perlombaan ini adalah bagaiamana mualaf-mualaf ini mau belajar dan menekuni menuntut agama yang sudah dengan kesadaran mereka pilih sesuai keyakinannya,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan sebuah amal yang sangat bermanfaat dan berdampak positif bagi pembinaan Mualaf. Mereka bukan hanya sekadar masuk Islam, tapi bagaimana mereka mau belajar dan menekuni agama yang mereka pilih ini. “Untuk itulah kami berharap akan lebih banyak lagi pihak yang ikut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan amal ini,” harapnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, MTQ Mualaf Kota Tarakan yang tahun ini merupakan periode ke-2. Rencananya kegiatan ini akan digelar pada tanggal 5 dan 6 November 2016 mendatang di halaman Masjid Agung Al-Ma’arif. MTQ ini pesertanya dikhususkan untuk kalangan muslim yang berlatar belakang Mualaf.

Beberapa cabang lomba yang disiapkan panitia adalah lomba tilawah, cerdas cermat agama, praktik shalat, lomba adzan dan kultum. Ada satu cabang lomba yang sangat banyak menyita perhatian penonton yaitu lomba testimoni hidayah. Dimana para peserta menceritakan pengalaman hidupnya menjadi seorang Mualaf. Pertunjukan MTQ ini sendiri akan dibuka untuk umum dengan doorprize selama dua hari yang telah disediakan panitia atas sumbangan dari para sponsor acara.

MTQ  khusus untuk para mualaf di Kota Tarakan ini terselenggara atas kerjasama Baznas Tarakan dengan Kementerian Agama Kota Tarakan. “Baznas akan kembali menggelar MTQ Mualaf yang kedua tahun ini. MTQ Mualaf pertama sudah kita mulai tahun lalu dan Alhamdulillah berjalan sukses, mudah-mudahan tahun ini juga demikian,” jelasnya.

Karena pelaksanaannya bekerjasama dengan Kementerian Agama, maka pihaknya membentuk panitia gabungan dari personil kedua belah pihak yang akan bersam-sama melaksanakan event tersebut. “Hingga saat ini sudah ada peserta lomba MTQ Mualaf yang mendaftar untuk cabang-cabang lomba yang akan dipertandingkan,” ungkapnya.

Ketua Panitia Gabungan yang juga Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Tarakan H. Ramli mengatakan pihaknya akan berusaha semaksimal mungin menyukseskan acara ini bersama-sama dengan Baznas Tarakan. Ia berharap acara ini bisa dicontoh oleh daerah lainnya dan dapat ditingkatkan sampai ke tingkat Provinsi.

“Kami sudah sepakat, baik dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tarakan maupun Ketua Baznas Tarakan untuk berusaha semaksimal mungkin agar acara MTQ Mualaf ini nantinya dapat berjalan dengan sukses. Kita juga akan mengundang tamu peninjau dari berbagai daerah lainnya se-Kaltara. Kami akan undang Kemenag se-Kaltara, organsiasi Mualaf se-Kaltara dan Baznas se-Kaltara. Insya Allah akan hadir juga Kepala Kanwil Kemenag Kaltara yang baru saja beberapa waktu lalu dilantik oleh Menteri Agama,” pungkasnya. (njs/dbs)


Back to Top