Perkuat Peran Dakwah Islam Perempuan, Negeri Ratu Elizabeth Segera Bangun Masjid Khusus Muslimah

gomuslim.co.id- Masjid diartikan sebagai tempat ibadah. Akar kata masjid adalah bahasa Arab, yaitu sajada di mana sajada berarti sujud atau tunduk. Masjid-masjid yang ada di dunia tersebut juga memiliki sejarah dan tak jarang juga merupakan wujud dari perkembangan Islam di negara tersebut. 

Seperti baru-baru ini, ada terobosan baru soal Masjid di Inggris. Negeri yang dikenal dengan Kota Londonnya ini menawarkan fasilitas ibadah yang memadai bagi muslimah. Rencana itu dianggap sebagai cara untuk menawarkan fasilitas ibadah yang memadai bagi perempuan. Dengan mengusung nama Bradford Mosque Project pembangunan Masjid ini akan ditargetkan tahun depan dan akan menjadi masjid khusus muslimah pertama di Inggris.

"Tujuan Bradford Mosque Project adalah membangun sebuah masjid khusus perempuan, yang dijalankan oleh perempuan. Ini akan menjadi yang pertama di Inggris," kata Bana Gora, Kepala Eksekutif Muslim Women's Council, seperti yang dilansir dari publikasi The Telegraph. Mereka telah menemukan permasalahan bahwa layanan yang ditawarkan oleh masjid tidak selalu memadai untuk perempuan setelah melakukan audit terhadap sejumlah masjid lokal.

Upaya Bradford Mosque Project memuncak selama setahun terakhir untuk menemukan kota yang tepat bagi masjid ini, termasuk dari segi fasilitas. Bana Gora menyatakan sejumlah ide juga menuai perdebatan, seperti apakah perempuan akan mampu memimpin ibadah di masjid baru. Berkaitan permasalahan yang masih diperdebatkan setahun yang lalu, masjid khusus perempuan pertama di Amerika Serikat telah diresmikan di Los Angeles, California yang segera membelah pendapat para muslimah di Amerika. Masjid baru ini di sisi lain juga menimbulkan kontroversi, misalnya mengenai pelaksanaan shalat Jumat dan keabsahan perempuan menjadi imam shalat Jumat.

Ke depannya masjid ini akan sepenuhnya dikelola dan digunakan khusus kaum wanita muslim di Inggris agar terciptanya ruang yang nyaman sebagai tempat belajar dan menggali informasi yang berkaitan dengan dunia Islam di Inggris.

Sekadar informasi, populasi muslim di Inggris menurut sensus pada tahun 2011 memiliki jumlah pemeluk agama Islam sekitar 2,7 juta orang atau sekitar 4,5 % dari total penduduknya. Selain itu, negara ini juga memiliki 1.200 masjid yang mengadakan khutbah dalam bahasa non-Inggris ini disebabkan 85% imam Masjid di Inggris berasal dari Pakistan, Bangladesh atau India. Saat ini sudah ada lebih dari 1.700 masjid di Inggris dan banyak di antaranya dulunya gereja. Jumlah tersebut belum ditambah dengan sekitar 2.000 mushola serta ribuan masjid dan mushola tak resmi yang berada di negara tersebut mulai dari garasai hingga ruang gedung yang disewa untuk keperluan ibadah umat muslim. (nat/dbs)


Back to Top