Inilah Menteri Keuangan Baru Arab Saudi

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, Arab Saudi menetapkan Capital Market Authority (CMA)  Chairman atau Kepala Otoritas Pasar Modal yang baru. Menteri Keuangan  baru tersebut adalah Mohammed Al-Jadaan yang dilantik melalui dekrit kerajaan dan menggantikan Ibrahim Al-Assaf yang telah menjabat sejak tahun 1996.

Sebelum pengangkatannya sebagai Ketua Dewan CMA pada 29 Januari 2015, Al-Jadaan adalah salah satu mitra pendiri Al-Jadaan dan Partners Law Firm yang terdaftar di Chambers dan Mitra sejak tahun 2004 sampai 2014 sebagai pengacara terkemuka di perusahaan komersial dan perbankan  atau keuangan daerah di Arab Saudi.

Keputusan resmi Pemerintah Arab Saudi terhadap pelatikan Al-Jadaan tersebut berlangsung pada Senin (31/10) yang juga menunjuk kepala baru untuk Komisi Angkutan Umum dan Perusahaan Desalinasi Air, dalam pengolahan air bersih dan pembangkit listrik Arab Saudi. Dekrit Kerajaan Saudi itu juga mengalihkan tanggung jawab untuk perlindungan konsumen dari kementerian perdagangan dan investasi kepada menteri kesehatan, Tawfiq Al-Rabeeah.

Pada Selasa (01/11), menteri baru tersebut mengatakan bahwa ia memiliki keyakinan besar dalam visi yang baik untuk ekonomi Arab Saudi meskipun banyak tantangan yang akan ia hadapi ke depan.

"Keyakinan saya pada Tuhan yang besar, dan kemudian kepada wali (raja), pada keputusan negara ini semoga berdampak baik bagi  pertumbuhan dan kemakmuran keuangan, ekonomi dan sosial, dalam rangka tahun 2030 visi kerajaan, meskipun semua tantangan pasti ada, “ kata Al-Jadaan dalam rilis resminya.

Selain itu, publikasi Arabnews menyebutkan Kementerian Keuangan adalah posisi kunci dalam Kerajaan dan perubahan tersebut dimaksudkan untuk mendukung langkah kerajaan dalam restrukturisasi ekonomi akibat turunnya pendapatan dari minyak.

Sebagai Kepala CMA, Al-Jadaan telah mengawasi pelonggaran persyaratan peraturan Arab Saudi membuka bursa bagi investor asing selama setahun terakhir. Al-Jadaan memiliki pengalaman yang luas dalam memberikan saran tentang semua aspek pasar modal, penataan, mendokumentasikan dan negosiasi pembiayaan proyek internasional yang kompleks dan memberikan nasihat tentang hal-hal korporasi dan komersial.

Tidak hanya itu, Al-Jadaan juga fokus pada isu-isu yang termasuk ekuitas dan penawaran utang umum, merger dan akuisisi, usaha patungan dan perjanjian pemegang saham dan hal yang berkaitan dengan hukum Islam dan keuangan Islam. Al-Jadaan telah mewakili klien korporasi dan komersial sebelum sejumlah pengadilan kunci dan komite peradilan di Arab Saudi. Dia juga seorang penasihat khusus dewan direksi di Morgan Stanley Arab Saudi.

Sebelumnya, Menteri Keuangan yang lama Al-Assaf (67) menjadi anggota veteran terakhir dari Kabinet untuk tetap berada di pos utama melalui serangkaian perombakan pemerintah setelah Raja Salman berkuasa tahun lalu, termasuk satu menteri pada Mei lalu menggantikan menteri perminyakan yang lama menjabat. Saat ini, dia ditugaskan menjadi menteri lain dan tetap berada di kabinet kerajaan dan menerima gelar sarjana seni dalam ilmu ekonomi dan politik dari Universitas Raja Saud, Riyadh, pada tahun 1971. (fau/arabnews/dbs)

 


Back to Top