Ini Prestasi Naheed Kurban Nenshi, Wali Kota Muslim Pertama di Kanada

gomuslim.co.id- Hidup di sebuah kota yang memiliki udara dan lingkungan yang bersih menjadi dambaan setiap orang. Hal ini karena faktor kebersihan udara dapat menentukan kualitas hidup suatu penduduk kota. Baru-baru ini, kota Calgary di Kanada dinyatakan sebagai kota yang memiliki kualitas udara terbaik di dunia. Udaranya bersih dan hijau sepanjang tahun.

Di Kota ini, pada musim dingin, penduduknya bisa melakukan olahraga ski dan snowboard. Jika musim panas dapat bersepeda pada jalurnya, ski air, ataupun golf. Terletak di propinsi Alberta Kanada, kota ini memiliki tingkat kebersihan yang sangat tinggi. Tidak ada sampah yang berserakan. Kota ini juga tidak akan ditemukan orang yang meludah sembarangan dan tidak ada pula poster-poster atau iklan kertas yang ditempel di jalan.

Sungai-sungai di kota ini bersih dan hampir tembus pandang. Sebagaimana dilansir dari publikasi National Geographic, Calgary yang berpenduduk sekitar 1.195.194 jiwa itu punya sejumlah fakta menarik. Salah satunya adalah kota ini dipimpin oleh walikota beragama Islam bernama Naheed Kurban Nenshi. Pria kelahiran 3 Februari 1972 itu merupakan seorang Muslim pertama yang menjadi wali kota di Kanada.

Setelah terpilih di tahun 2010, Naheed kembali memenangkan pemilihan wali kota di tahun 2013. Lahir di Toronto, orangtua Naheed merupakan imigran dari Tanzania. Selain dipimpin wali kota muslim, Calgary yang termasuk kota modern ternyata punya julukan Cow Town atau Kota Sapi.

Berbagai pernghargaan pun diraih Naheed Kurban Nenshi. Salah satunya adalah penghargaan tertinggi anugerah World Best City Mayor 2014 versi Lembaga City Mayors Foundation. Hal ini lantaran kinerjanya dalam memimpin kota kecil tersebut dinilai terbaik dari sepanjang tahun lalu. Selain itu, Nenshi juga dianggap berhasil memanfaatkan jejaring sosial untuk mensosialisasikan program pemerintah.

Calgary sendiri sudah masuk dalam nominasi kota terbersih sedunia selama tujuh tahun terakhir. Kota ini juga menduduki peringkat pertama dalam daftar 10 kota terbersih di dunia pada tahun 2015. Calgary memiliki populasi lebih dari 1 juta penduduk, tetapi pemerintahan Calgary memiliki langkah-langkah yang cerdas untuk menjaga kotanya tetap bersih dan rapi.

Penduduk Kota Calgary diajarkan mengenai lima prinsip dasar untuk membuat lingkungan tetap bersih dan sehat. Kelima prinsip tersebut adalah tentang sistem limbah yang berkualitas, ketersediaan air bersih dan air minum, pembuangan limbah dan sistem daur ulang, kemacetan lalu lintas, dan polusi udara. Dengan adanya sistem yang bagus ini, Calgary mencoba menumbuhkan dan menyebarkan kesadaran akan pelestarian lingkungan.

Fakta menarik lainnya, kota ini punya pertunjukan Calgary Stampede yang dianggap sebagai pertunjukan outdoor terbaik di bumi. Di acara yang diselenggarakan selama 10 hari ini masyarakat bisa menyaksikan pertunjukan atau kompetisi rodeo terbesar di dunia, konser, hiburan, eksibisi, pameran dan parade.

Calgary juga berada di peringkat kelima (bersama Kota Adelaide) dalam daftar kota paling layak huni di dunia tahun 2014. Daftar ini disusun oleh Economist Intelligence Unit (EIU). Fakta menarik lainnya, di Calgary ada lebih dari 100 gedung terkoneksi melalui sebuah jembatan.

Jembatan setinggi 15 meter di atas permukaan tanah ini bisa membuat masyarakat atau wisatawan berjalan sejauh 18 kilometer tanpa harus keluar gedung. Lalu ada Kebun Binatang Calgary yang merupakan terbaik ketiga di Amerika Utara. Fakta lainnya, Calgary tidak memungut pajak penjualan.

Hal serupa juga diterapkan di seluruh Provinsi Alberta. Meskipun termasuk kota yang kering dengan curah hujan rendah, suhu terendah di Calgary bisa mencapai  minus 45 derajat celcius, sedangkan suhu tertinggi mencapai 36 derajat celcius. (njs/dbs)


Back to Top