Peringati Milad ke-19, Pusat Dakwah Islam Jawa Barat Gelar Islamic Book Fair 2016 di Kota Bandung

gomuslim.co.id- Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jawa Barat dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-19 menggelar rangkaian kegiatan di Jabar Islamic Book Fair 2016 mulai tanggal 2 sampai 8 November 2016. Pameran ini berlangsung di Bale Asri Pusdai Jabar Jalan Diponegoro No. 63, Bandung.
 
Pameran ini menghadirkan 100 stand yang diisi 90 penerbit dari berbagai daerah, seperti DKI Jakarta, Solo dan Jawa Barat. Beberapa dari mereka menampilkan buku-buku terbarunya.
 
Acara pembukaan pameran ini dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Ikapi, Ketua Ikapi Jawa Barat, Ketua Kadin Jawa Barat, dan instansi terkait lainnya dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa. Dalam sambutannya, Iwa Karniwa yang juga mewakili Gubernur Jawa Barat mengapresiasi acara pameran Jabar Islamic Book Fair 2016.
 
Menurutnya, buku adalah jendela dunia sehingga melalui bukulah kita dapat melihat berbagai perkembangan yang terjadi di dunia. Dalam kesempatan itu, sekda juga menyerahkan secara simbolis bantuan paket buku kepada beberapa Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang berada di wilayah Jawa Barat. Di antaranya, sebanyak 50 paket buku untuk 50 TBM di Bandung, 20 paket buku untuk TBM di Garut, dan 30 paket buku TBM yang tersebar di beberapa wilayah di Jawa Barat.
 
Sementara itu, Ketua Ikapi Jawa Barat, Anwarudin menyampaikan bahwa saat ini Ikapi Jabar mewajibkan minimal dalam satu tahun diadakan tiga kali pameran buku. Hal ini merupakan langkah upaya Ikapi Jawa Barat dalam menyikapi rendahnya minat baca masyarakat Indonesia di tengah penggunaan gadget yang setiap tahunnya meningkat.
 
Dengan adanya pameran buku, diharapkan minat baca masyarakat Indonesia khususnya Jawa Barat dapat meningkat, sehingga mampu mencerdaskan kehidupan bangsa.
 
Dalam pameran Jabar Islamic Book Fair 2016, panitia tidak hanya menghadirkan jenis buku-buku bertemakan islami, pelajaran dan umum. Namun ada beragam rangkaian acara menarik lainnya, seperti Lomba Cerdas Cermat Majelis Ta’lim Kota Bandung, Workshop Gerakan Literasi Sekolah Kota (GLSK), Public Speaking Contest Kategori Bahasa Indonesia Tingkat SMP dan SMA, Lomba Mengaji Tingkat Pelajar, Lomba Tatalu Tingkat SMP dan SMA, Seminar Remaja Masjid se-Indonesia, dan Tabligh Akbar.
 
“Untuk menarik perhatian pengunjuang, panitia juga menghadirkan venue replika rumah Nabi Muhammad SAW dan pedang-pedang rasul beserta para sahabat dan venue memanah yang akan memberikan pengalaman pengunjung untuk merasakan sensasi memanah. Cara ini merupakan salah satu upaya untuk menstimulus masyarakat agar tertarik datang ke acara Jabar Islamic Book Fair 2016,” ungkap Ketua pelaksana Jabar Book Fair Idham Fitriani, Kamis,  (3/11).
 
Idham menjelaskan strategi ini merupakan upaya Pemprov Jabar dalam melakukan sosialisasi budaya membaca dengan mengemas acara-acara menarik di dalamnya, dan mendekatkan buku kepada masyarakat. (nat/dbs)
 


Back to Top