OPQ 2016

Inilah ‘Robot Bisa Mengaji’ Karya ODOJ di Olimpiade Pecinta Quran

gomuslim.co.id- Olimpiade Pecinta Quran (OPQ) 2016 resmi dibuka pada Sabtu (05/11). Pada kesempatan tersebut, selain diisi dengan beragam acara menarik, seperti pertunjukan seni, sambutan-sambutan, dan bazaar, penyelenggara One Day One Juz (ODOJ) juga memperkenalkan kepada masyarakat dan tamu undangan yang hadir soal robot RoQi, yaitu robot bisa mengaji atau robot OPQ.

Robot ini adalah ide orisinil panitia OPQ dalam pengerjaannya. Dengan tinggi 150 cm, robot ini menggambarkan sosok santri muda modern yang berkopiah dan mengenakan jas. Tidak hanya itu, robot ini juga mempunyai keahlian khusus di antaranya adalah bisa mengaji dan minum.

Adapun, alasan utama pembuatan robot ini adalah untuk memberikan semangat kepada anak-anak agar memiliki semangat belajar, terutama belajar mengaji Alquran.

“Selain diisi dengan festival Alquran dan tilawah akbar, kami juga mau memperkenalkan robot bisa mengaji. Hal ini semoga bisa memotivasi anak-anak dan siapa saja untuk terus memperdalam ilmu Alquran dan juga mau belajar mengaji bagi yang belum bisa. Masa robot saja bisa mengaji, manusia yang diberi akal pikiran dari Allah gak bisa, “ pungkas Ketua Panitia OPQ 2016 Ustadz Bakat Setiaji.

Ketua Panitia OPQ juga mengatakan kalau event OPQ ini juga mempunyai slogan, yaitu ‘mimpi yang harus terbeli’. Maksudnya adalah, tambah Ustadz Bakat, mimpi kita untuk sama-sama meraih surga Allah harus kita upayakan lewat beragam cara menebar kebaikan, salah satunya dengan dakwah melalui kegiatan Olimpiade Pecinta Alquran ini.

Dari slogan; ‘mimpi yang harus terbeli’ tersebut, ODOJ juga mempersembahkan maskot OPQ, yaitu Kang Odji. Pemilihan nama maskot ini diambil dari dua suku kata, yaitu KANG dan ODJI yang merupakan sapaan akrab dialek khas Sunda atau Jawa. Sedangkan ODJI adalah akronim dari One Day One Juz Istiqomah.

Selain itu, Ketua ODOJ Ustadz Ricky Adrinaldi mengapresiasi terselenggaranya event OPQ ini yang merupakan acara terbesar ODOJ sejak berdiri 2013 lalu. “Alhamdulillah, semoga sukses acara sembilan hari ini. Karena OPQ adalah bagian dari usaha kami untuk menggerakkan masyarakat muslim Indonesia untuk dekat, mempelajari, dan mentadabburi Alquran, “ pungkas Ustadz Ricky.

“Kami mengajak kaum muslimin untuk hadir di acara OPQ selama sembilan hari ini. delapan hari pertama adalah festival Alquran  berupa talkshow dan bazaar, sedangkan di hari kesembilan adalah closing OPQ yang akan ada lomba MHQ dan MTQ yang merupakan final dari para pemenang di perwakilan seleksi 24 Provinsi dan 1 negara. Insya Allah di acara closing akan sangat meriah dengan menghadirkan banyak tamu undangan dari ulama Indonesia dan Syaikh dunia, juga berkumpulnya ribuan ODOJers, “ tambah Ketua OPQ Ustadz Bakat.

Adapun, Olimpiade Pecinta Alquran 2016 ini akan berlangsung selama sembilan hari. Untuk tanggal 5 sampai 12 Novembr 2016, Festival Alquran dan bazaar akan berlangsung di Islamic Center Bekasi. Sedangkan pada acara puncak, yaitu tilawah akbar yang akan menghadirkan ribuan anggota ODOJ atau ODOJers, beserta para tamu undangan, yaitu Syaikh dari lima benua dan juga Qari asal Amerika Serikat Fateh Seferagic yang akan berlangsung di GOR Bekasi. Pada acara closing nanti, ODOJ juga akan menampilkan secara lengkap ‘robot bisa mengaji’ di hadapan ribuan peserta Tilawah Akbar di acara tersebut. (fau)

 


Back to Top