OPQ 2016

Meriahkan Olimpiade Pecinta Quran, ODOJ Hadirkan Klinik Tahsin

gomuslim.co.id- Selain festival Alquran dan acara talkshow inspiratif, One Day One Juz (ODOJ) selaku penyelenggara event Olimpiade Pecinta Quran (OPQ) 2016 juga menghadirkan beragam produk, mulai dari pameran seni dan sejarah Alquran, fashion muslim, makanan, dan lainnya dalam festival bazaar. Tidak hanya produk-produk tersebut, ODOJ juga menghadirkan Klinik Tahsin.

Berbeda dengan stand atau booth di bazaar OPQ yang lain, Klinik Tahsin ini bukan menjual produk atau memberikan promosi, tapi mendengarkan orang mengaji, belajar tajwid dan rekrutmen anggota pengajar Alquran milik ODOJ , yaitu Lembaga Pengajaran  Quran (LPQ). Lembaga Pengajaran Alquran ini adalah jenis kegiatan baru yang diinisiasi oleh ODOJers Jabodetabek untuk mengoordinir bibit-bibit pengajar Alquran dalam komunitas ODOJ.

Adapun LPQ ini baru saja terbentuk sejak Ramadhan 2016 yang diinisiasi oleh ODOJers Jabodetabek. Selain menggelar Klinik Tahsin, LPQ juga menggelar berbagai acara rutin, seperti kursus Tahsin Alquran, Seminar Training Center, dan Training for Trainer untuk para pengajar lembaga pendidikan Alquran.

Pada event OPQ ini, Klinik Tahsin terbuka untuk umum. Seperti sebuah klinik, booth ini juga menerima konsultasi dan pemberian resep. Tapi bukan dalam hal pengobatan, klinik ini memberikan konsultasi dalam hal bacaan Alquran dan resep memperbaiki bacaan Alquran yang belum fasih. Selama sembilan hari, Klinik Tahsin ODOJ dibuka mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB dan akan ditangani oleh pada Ustadz dan penanggung jawab LPQ ODOJ yang mendengarkan bacaan Alquran peserta, juga memberikan pelajaran soal ilmu tajwid, dan lainnya.

Ustadz Sofyan Hadi, salah satu pengajar di LPQ ODOJ yang bertugas di Klinik Tahsin pada Sabtu (05/11) mengatakan kepada gomuslim bahwa Klinik Tahsin ini adalah sebuah upaya ODOJ untuk menjaring bibit-bibit pengajar Alquran untuk LPQ.

“Alhamdulillah sejak pagi sudah banyak yang setoran Tilawah Alquran sekaligus kami tes bacaan tajwid Alquran mereka. Insya Allah, selama sembilan hari ini akan terus berdatangan para calon pengajar Alquran LPQ ODOJ, tidak hanya untuk wilayah Jabodetabek, tapi juga seluruh Indonesia, “ jelasnya.

Selain itu, Ustadz Sofyan mengatakan kalau Klinik Tahsin ini juga akan menjadi cikal bakal Ikrar 1000 Pengajar Alquran pada acara hari kesembilan atau acara closing OPQ bersama ribuan peserta Tilawah Akbar pada Minggu (13/11) di GOR Bekasi. “Maka dari itu, mari ODOJers dan masyarakat umum yang mau ikut  andil mengembangkan Lembaga Pengajaran Alquran untuk datang ke Klinik Tahsin selama acara OPQ berlangsung, “ ajak Ustadz Sofyan.

Adapun, Olimpiade Pecinta Alquran 2016 ini akan berlangsung selama sembilan hari. Untuk tanggal 5 sampai 12 Novembr 2016, Festival Alquran dan bazaar akan berlangsung di Islamic Center Bekasi. Sedangkan pada acara puncak, yaitu tilawah akbar yang akan menghadirkan ribuan anggota ODOJ atau ODOJers, beserta para tamu undangan, yaitu Syaikh dari lima benua dan juga Qari asal Amerika Serikat Fateh Seferagic akan berlangsung di GOR Bekasi. (fau)

 


Back to Top