Inilah Mushala Keliling Berwujud Bus Khas Malaysia

gomuslim.co.id- Ibadah shalat lima waktu dalam sehari menjadi kewajiban bagi umat Islam. Namun, terkadang di beberapa tempat, umat Muslim kesulitan mendapatkan tempat yang memadai untuk melaksanakan shalat. Baru-baru ini, di Malaysia ada sebuah bus yang bisa difungsikan sebagai tempat shalat. Mushala keliling itu dinamakan dengan Surau Bergerak.

Meski berbentuk bus umum, namun sisi interior di dalamnya sudah disulap menjadi sedemikian rupa sehingga menyerupai tempat ibadah bagi umat Muslim. Musala tersebut menggunakan alat transportasi bus berukuran cukup besar. Hal ini dimaksudkan supaya dapat menunjang sisi mobilitas dan dapat menampung beberapa orang.

Salah seorang pengelola Surau Bergerak mengatakan, di dalam Surau Bergerak itu sudah tersedia perlengkapan untuk shalat. “Kita sudah menyiapkan beberapa peralatan untuk ibadah shalat seperti sajadah, mukena, sarung, dan beberapa perlengkapan lainnya untuk menunjang kenyamanan beribadah bagi Muslim,” ujarnya.

Sebagai informasi, Musola Keliling atau Surau Bergerak ini dibuat oleh Badan Nadwah Islamiyah Pahang, sebuah LSM (NGO). Kehadiran bus tersebut dalam rangka mengatasi masalah kekurangan tempat shalat terutama di area umum seperti pasar malam dan stadion. Layanan pertama di Malaysia itu merupakan ide bersama LSM dengan badan korporasi Telaga Biru Sdn Bhd dan Takaful Ikhlas Sdn Bhd.

“Layanan gratis menggunakan sebuah bus itu sebagai alternatif memudahkan umat Islam menunaikan shalat pada waktu keramaian seperti ketika pertandingan sepak bola dan kegiatan pasar malam. Selain itu, tambahan Musolla Keliling akan ditinjau setelah mendapat tanggapan serta permintaan dalam dua bulan terakhir,” tambahnya.

Namun, menurutnya masih ada beberapa tempat yang menjadi target hadirnya bus ini. Hal ini masih dalam perbincangan khusus, terutama di area fokus ramai seperti Teluk Chempedak. “Saya harap layanan ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat dan semoga lebih banyak perusahaan korporasi membantu terutama dari segi keuangan dalam upaya meningkatkan jumlah Musolla Keliling,” ucapnya.

Selain itu, ia mengungkapkan, ide pembuatan mushala keliling ini juga berawal dari pemikiran bahwa urusan dalam hal ibadah shalat tidak bisa dikesampingkan oleh hal apapun. “Dalam situasi apa pun dan dimana pun, umat Islam tentu harus menjalankan kewajibannya sehari-hari terutama shalat lima waktu. Dengan adanya fasilitas ini, semoga dapat memberikan kemudahan bagi umat Muslim,” tambahnya.

Adapun mengenai berwudhu, ia menambahkan, di dalam bus juga sudah tersedia beberapa keran yang berfungsi untuk sarana berwudhu. “Tenang saja, sudah ada tempat wudhu minimalis dengan jumlah keran mencapai 6 buah. Tempat wudhu tersebut ditempatkan di sisi luar bus,” ucapnya.  

Setelah foto-foto Suaru Bergerak ini dunggah ke media sosial, banyak reaksi positif dari para netizen. Sebagian besar dari mereka menilai hal ini merupakan sebuah gagasan yang kreatif dan inovatif. “Alhamdulillah, Terbaik. Inovatif  dan kreatif. Ini perlu dikomersialkan,” ucap beberapa netizen. (njs/dbs)


Back to Top