Kabupaten Ogan Komering Ulu Dapat Tambahan Kuota Haji Tahun Depan

gomuslim.co.id– Ibadah Haji merupakan sebuah kewajiban bagi setiap umat Muslim yang sudah mampu, baik dari segi usia yang cukup atau kemampun finansial yang juga memadai. Ibadah haji juga menjadi salah satu dari Rukun Islam, yakni pada Rukun Islam yang kelima. Namun, saat ini banyak dari masyarakat Indonesia yang cukup sulit untuk menunaikan Ibadah haji, karena waktu tunggu yang terlampau lama.

Untuk diketahui, saat ini waiting list atau masa tunggu haji juga tergolong lama. Masa tunggu ibadah haji sendiri lebih dari 10 tahun. Jika baru mendaftar haji ketika mampu, maka calon jemaah masih harus menunggu lagi sekira 10 tahun ke depan.

Namun, terdapat kabar baik bagi calon Jemaah Haji asal Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Pasalnya, Kabupaten ini pada tahun 2017 mendatang akan mendapatkan tambahan kuota haji sebesar 30 persen dibanding musim haji tahun 2016. Jumlah kuota haji untuk Ogan Komering Ulu pada tahun 2016 sendiri hanya mendapatkan 272 orang, sedangkan kuota haji tahun 2017 bertambah jadi 334 orang.

Kepastian tambahan kuota haji ini diungkapkan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Ogan Komering Ulu (OKU), Ishak Putih yang didampingi Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji, Mahmud, di Baturaja, Selasa (8/11). "Calon jamaah haji yang sudah dipanggil sekarang ini merupakan pendaftar tahun 2010 dan 2011," katanya.

Ishak mengatakan perubahan penambahan forsi haji belakangan sudah terjadi dua kali sampai awal November ini. "Calon jemaah haji yang sudah kami panggil sebanyak 334 orang dan diharapkan jumlah tersebut akan terus bertambah hingga April 2017. Estimasi kami jumlah yang ada saat ini masih akan mengalami perubahan dengan tambahan forsi baru sesuai peluang akibat ada calon jamaah mengundurkan diri atau meninggal dunia," katanya.

Lebih lanjut, ia berujar bahwa operasional ibadah haji 2017 akan dimulai April dan kemarin pihaknya sudah melakukan pembukaan manasik haji bagi calon jamaah sudah masuk forsi berangkat 2017. "Jumlah ini memang belum final karena kami yakin masih akan ada tambahan, terutama calon jemaah cadangan. Kalau tahun lalu OKU mendapat jatah cadangan 18 orang, lalu bertambah lagi tujuh orang," kata Ishak.

Ishak menambahkan untuk tahun ini siapapun calon yang masuk cadangan, akan diprogramkan langsung diberi vaksin manangitis, persoalan berangkat atau belum akan disesuikan dengan putusan pemerintah pusat. "Jika mereka memang dipanggil dipastikan sudah siap berangkat dan andai belum berangkat jamaah bersangkutan sudah ada persiapan," katanya.

Beberapa waktu lalu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Sodiq Mujahid mendesak pemerintah untuk mengupayakan kuota haji 2017 kembali menjadi normal. DPR RI juga akan berusaha untuk membantu Kemenag memperjuangkan kuota normal dan penambahan dari kuota negara lain yang tidak digunakan.

"Kami akan membantu Kemenag dengan melakukan diplomasi dengan kerajaan Arab Saudi dan parlementer negara-negara lain yang memiliki sisa kuota yang tidak terpakai setiap tahun," ujar Sodiq. (ari/dbs)


Back to Top