OPQ 2016

Inilah Juara Lomba Nasyid Solo dan Grup di Olimpade Pecinta Quran

gomuslim.co.id- Perhelatan pekan Olimpiade Pecinta Quran (OPQ) yang diselenggarakan oleh One Day One Juz (ODOJ) telah memasuki hari keempat, Selasa (08/11) di Islamic Center Bekasi. Seperti di hari-hari sebelumnya, berbagai macam acara digelar dalam rangka memeriahkan kegiatan akbar tahunan ini. Kegiatan tersebut mulai dari talkshow, pameran busana, makanan, produk halal dan yang tidak luput dari pantauan gomuslim adalah final lomba nasyid.

Penanggungjawab Lomba Nasyid, M Zulfi Ali mengatakan perlombaan nasyid terbagi ke dalam dua kategori yaitu nasyid solo dan nasyid grup. “Agenda penyisihan sendiri sebelumnya telah dijadwalkan di tanggal 5 november. Namun, dikarenakan satu dan lain hal, akhirnya kita putuskan untuk langsung final di hari ini. Alhamdulillah ada beberapa peserta yang mendaftarkan diri, dan ada peserta terjauh kali ini dari Lampung dan Tasikmalaya,” ujarnya.

Lebih lanjut Zulfi menjelaskan panitia akan memilih enam juara dari dua kategori lomba nasyid tersebut. Adapun mengenai total jumlah peserta dalam final lomba festival nasyid ini, kata Zulfi, untuk kategori solo total peserta ada 8 orang. Sedangkan jumlah peserta untuk kategori grup ada lima.

“Untuk proses penyisihan sendiri sebelumnya kita telah lakukan dalam verifikasi saat pendaftaran. Dan untuk pemilihan pemenang, nanti akan pilih juara satu, dua dan tiga untuk kategori nasyid solo. Dan dipilih juga juara satu, dua dan tiga untuk kategori nasyid grup. Jadi total juara semuanya kita siapkan ada enam. Para pemenang ini akan diambil dari nilai tertinggi yang telah diberikan oleh dewan juri,” jelasnya.

Sementara itu, dewan juri dalam pelaksanaan lomba ini ada empat orang. Diantara dari mereka adalah Zuharman, Egi Gusthaman, Dian Sukmawan, Teddy Tardiana. “Keempat juri ini merupakan seorang seniman Nasyid Indonesia yang cukup populer. Mereka mempunyai prestasi yang sangat baik dalam bidangnya. Dan saya yakin para dewan juri yang kita pilih ini semuanya hebat-hebat,” tambah Zulfi.

Pengumuman hasil lomba ini dibacakan oleh Teddy Tardiana selaku ketua dewan juri. Hasilnya, untuk kategori solo, juara pertama disabet oleh Taufik Hidayat asal Bekasi. Dia berhasil meraih nilai 1300 dan berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp. 1.000.000,-. Menurut dewan juri, Taufik membawakan sebuah lagu dengan penuh penghayatan, selain itu dia juga memiliki teknik menyanyi yang bagus, powerfull, dan artikulasinya yang baik.

Selanjutnya, juara kedua direbut oleh Agus Adi Tiarna dengan raihan nilai 1285. Atas raihannya itu, dia berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp. 750.000,-. Menurut dewan juri, keistimewaan agus adalah dia menyanyikan lagu sebuah band terkenal tapi tidak terpengaruh oleh ciri khas band terebut. Dia menyanyikan lagu itu sesuai dengan ciri khasnya sendiri dengan baik dan apik.

Untuk juara ketiga jatuh kepada Nova Saputera dengan raihan nilai sebesar 1255. Nova berhak mendapatkan hadiah Rp. 500.000,-. Dewan juri mengatakan, kemampuannya memilih lagu kun anta sangat tepat. Nova bisa menyanyikan lagu itu dengan baik dan menjadi sesuatu yang sangat istimewa.

Sedangkan untuk kategori grup, juara pertama diraih oleh grup Mix Voice asal Lampung dengan raihan poin 1290. Atas raihannya, grup ini berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp. 2.000.000,-. Kemudian, juara kedua diraih oleh Arrahman Voice asal Tasikmalaya dengan raihan poin 1240. Grup ini berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp. 1.750.000,-. Dan terakhir, juara ketiga disabet oleh SND dari Bogor dengan raihan poin sebesar 1210 dan berhak mendapatkan hadiah Rp. 1.500.000,-. (njs)


Back to Top