Lewat Ajang Spain Halal Expo, Hipmi Ajak UKM Bandung Go International

gomuslim.co.id– Kota Bandung memang tidak ada habisnya dalam menghadirkan variasi dan kreasi untuk berbagai hal. Ibukota Provinsi Jawa Barat ini sangat terkenal dengan tempat wisata dan kulinernya yang sangat inovatif dan fresh.

Untuk kuliner sendiri, Kota Kembang sering meluncurkan kuliner baru yang mampu membuat penasaran banyak orang. Selain ide kreatif dan menu makanan yang enak, Bandung menjadi tempat pilihan nongkrong anak muda Indonesia. Tidak heran jika Bandung kini banyak bermunculan cafe-cafe yang mengusung berbagai berkonsep, mulai dari konsep indoor, outdoor dan foodtruck. 

Belum lama ini, mojang Bandung berinovasi dengan menghadirkan wisata kuliner baru yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Inovasi ini tertuang ke dalam sebuah minuman yang ada atau menjadi ikon di sebuah film box office Hollywood. Jika Anda pencinta Film Harry Potter, pasti tidak asing dengan minuman yang satu ini, Butter Beer. Minuman Butter Beer mulai populer setelah muncul di film dan novel Harry Potter. Bukan hanya dari sektor kuliner saja, UKM asal Bandung juga sangat inovatif dalam menghadirkn produk-produk baru yang tentunya disukai banyak kalangan masyarakat.

Berkaca dari hal ini, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Bandung akan mempromosikan berbagai produk Usaha Kecil Menengah (UKM) di Spanyol dengan memanfaatkan ajang Spain Halal Expo pada 10 sampai 11 November 2016.

Ketua HIPMI Kabupaten Bandung Andri Juwandi mengatakan ajang pameran tersebut dijadikan sebagai kesempatan untuk memasarkan produk UKM Kabupaten Bandung ke dunia internasional. Menurutnya, panitia Spain Halal Expo hanya mengundang peserta dari Kabupaten Bandung dan Kota Bandung untuk berangkat langsung ke Spanyol. "Ini jadi peluang bagi kami untuk membawa dan memperkenalkan produk-produk asal Kabupaten Bandung di Spanyol," katanya. 

Andri menyebutkan produk UKM yang akan dipromosikan akan mengangkat produk unggulan yang gencar dipromosikan oleh Pemerintah Kabupaten Bandung seperti kopi dan kerajinan.

Selain itu, ada clothing dari Desa Kopo, busana muslim dari Soreang, kerajinan tangan dari Jelekong Baleendah, iket Sunda dari Banjaran hingga keripik produksi Cimenyan. Tidak hanya produk-produknya saja yang akan diterbangkan ke Spanyol, beberapa pengusaha UKM juga akan ikut serta.

"Kegiatan di Spanyol merupakan tindak lanjut dari program Edukasi UKM Naik Kelas yang digagas oleh Hipmi Kabupaten Bandung, sebagai upaya mendorong para pelaku UKM yang rata-rata digerakan wirausahawan muda, agar lebih berkembang dan siap menghadapi persaingan global."

Sementara itu, Wakil Bupati Bandung Gun Gun Gunawan menyambut baik terobosan Hipmi yang diharapkan membantu para pelaku UKM untuk mengembangkan usaha mereka. "Ini sebuah terobosan yang harus terus dikembangkan, karena potensi UKM di Kabupaten Bandung sangat banyak. Pelatihan atau pembinaan seperti sangat bermanfaat untuk mendorong pengembangan usaha," ujarnya.

Saat ini, di Kabupaten Bandung terdapat ribuan pelaku UKM yang tersebar di 31 kecamatan yang diberikan pembinaan khusus dengan berbagai program. Tujuannya untuk mendorong UKM terus berkembang dan bisa bersaing di pasar dalam negeri hingga mancanegara.

"Jumlah UKM terus berkembang dan datanya terus diperbaharui, agar nantinya mudah untuk dilakukan pembinaan. Data base sangat penting untuk pemerataan pembinaan dan berbagai program bantuan lainnya," paparnya. (ari/dbs)

Baca juga:

Gaet Konsumen Muslim, Spanyol Segera Gelar Expo Halal 2016


Back to Top