OPQ 2016

Markas Ruqyah dan Bekam Siap Layani Kesehatan Peserta Olimpiade Pecinta Quran

gomuslim.co.id- Dalam rangka memeriahkan pekan Olimpiade Pencinta Quran (OPQ) 2016 di Islamic Centre Bekasi, panitia menghadirkan beberapa acara dan mengundang UKM untuk mengisi stand dan booth di bazaar OPQ. Salah satu yang menarik dalam pantauan gomuslim adalah stand Griya Tazkiyah Qurani (GTQ) Markas Ruqyah dan Bekam.

GTQ Ruqyah dan Bekam telah ditunjuk oleh panitia OPQ untuk melaksanakan kegiatan Bakti Sosil (Baksos) Bekam selama event tersebut berlangsung. Pelaksanaan OPQ sendiri telah dimulai Sabtu, 5 November 2016 kemarin bertempat di Islamic Centre Bekasi. Selanjutnya, pada 13 November 2016 akan bertempat di Stadion Patriot Candrabhaga sebagai acara akbar penutupannya.

Salah seorang terapis GTQ Laila menuturkan GTQ Ruqyah dan Bekam mempunyai beberapa layanan dalam terapi dan pengobatan secara Islami. “Klinik kami memiliki berbagai macam terapi untuk ikhtiar kesembuhan. Terapi tersebut diantaranya ada ruqyah, psikoterapi, bekam, terapi lintah, gurah, dan pijat refleksi,” ujarnya saat ditemui tim gomuslim, Selasa (08/11).

Lebih lanjut, Laila menjelaskan terapi Bekam (Alhijamah) merupakan metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah satis (kental) yang mengandung toksin dari dalam tubuh manusia. Berbekam dengan cara melakukan pemvakuman di kulit dan pengeluaran darah darinya. Pengertian ini mencakup dua mekanisme pokok dari bekam, yaitu proses pemvakuman kulit kemudian dilanjutkan dengan pengeluaran darah dari kulit yang telah divakum sebelumnya.

“Kami juga punya beberapa layanan dalam terapi bekam. Ada berbagai macam bekam yang bisa dilakukan tergantung kebutuhan pasiennya. Ada bekam holistik dan ada juga bekam biasa. Alatnya ada yang menggunakan jarum dan sayat. Selain itu, ada juga bekam untuk balita. Kemarin ada pasien balita punya kelainan jantung, alhamdulillah kita bekam dengan sayat sembuh meski umurnya baru 1 tahun,” ujarnya.

Menurut Laila, bekam merupakan salah satu pengobatan yang paling ideal dan terbaik bagi kaum Muslim. Hal demikian karena menurutnya, didalam bekam terkandung kesembuhan dan terdapat kebaikan. “Terapi bekam ini diyakini dapat meringankan otot yang kaku dan mempertajam pandangan mata orang yang dibekam. Selain itu juga bisa jadi penetral ketegangan emosi seseorang,” tambahnya.   

Selain itu, menurut Laila, terapi bekam juga ada yang berkhasiat untuk meningkatkan kesuburan. “Kesuburan ini tidak hanya dilihat dari sisi perempuannya saja, tetapi juga dari sisi laki-lakinya. Bekam kesuburan ini untuk menguatkan syaraf-syaraf yang ada disekitar rahim perempuan dan beberapa titik untuk laki-laki,” ucapnya.

Selain bekam, kata Laila, klinik tersebut mempunyai terapi lintah. Terapi Ini,kata dia, bisa menyembuhkan beberapa penyakit berat seperti diabetes yang sudah membusuk, atau perempuan yang punya jerawat banyak. “Jadi terapi lintah ini memang diperuntukan ketika seseorang mengalami penyakit yang cukup berat,” katanya.

Klinik GTQ Markas Ruqyah dan Bekam ini buka setiap hari sepanjang event OPQ 2016 berlangsung. Laila mengatakan hingga saat ini, para pengunjung cukup antusias dengan hadirnya stand ini. “Sampai saat ini yang bekam sudah ada sekitar 50 orang. Padahal kami hanya menyiapkan beberapa terapis saja,” tuturnya.

Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin berikhtiar kesembuhan melalui terapi ini dapat mengunjungi stand GTQ Markas Ruqyah dan Bekam selama acara OPQ. Selain itu, bisa juga datang ke kantor klinik Markas Ruqyah dan Bekam Griya Tazkiyah Qur'ani di Jalan Mawar Merah Raya II blok 33 no 13 rt 04 rw 01 Prumnas Klender Pondok Kopi Jakarta Timur. “Kami buka setiap sabtu sampai kamis mulai pukul 9 pagi sampai 6 sore. Libur di hari Jum’at,” paparnya.

“Bekam itu baik buat kesehatan. Jadi jangan takut untuk terapi bekam karena manfaatnya sangat banyak. Berbekam ini berfungsi untuk pencegahan dari berbagai penyakit. Insya Allah tidak akan sakit. Sebelum dibekam, kita pasti selalu pijat dulu supaya para pasien merasa nyaman,” tandas Laila. (njs)


Back to Top