Produk Baru FWD Life Ini Usung Konsep Asuransi Syariah Berbasis Digital

gomuslim.co.id- Produk keuangan syariah semakin berkembang dengan munculnya banyak program baru. Selain perbankan syariah, sektor ini juga diisi dengan produk-produk baru, seperti reksa dana syariah dan asuransi syariah. Hal ini membuat banyak pelaku usaha di sektor ini berlomba-lomba dalam meluncurkan produk baru yang memudahkan para konsumen untuk menggunakkan produk keuangan yang sesuai syariat Islam.

Salah satunya, baru-baru ini, FWD Life yang telah memperoleh izin unit asuransi syariah pada Agustus 2015 kini sedang bersiap meluncurkan produk baru. Chief of Product Proposition and Sharia FWD Life, Ade Bungsu mengatakan sejak memeroleh izin pada 2015, pihaknya baru memasarkan satu produk, yaitu asuransi jiwa kematian yang dipasarkan melalui partnership distribution. Produk tersebut, kata Ade, adalah produk asuransi jiwa pembiayaan dan saat ini belum tumbuh besar karena baru diluncurkan Februari 2016.

Untuk menyusul produk tersebut, unit syariah FWD Life pun mempersiapkan produk baru selama setahun sejak mulai beroperasi. “Kami melakukan riset pasar setahun dan produk baru ini nanti akan menyesuaikan dengan kebutuhan pasar segmen syariah,” jelas Ade.

Namun, Ade masih enggan mengungkapkan jenis produk asuransi syariah tersebut, apakah berupa unitlink atau asuransi tradisional. “Fokus kami sekarang adalah meluncurkan produk yang akan menjadi core asuransi syariah FWD dan dipasarkan melalui keagenan dan partnership distribution,” ujarnya

Ia menegaskan, dari sisi inovasi produk asuransi syariah FWD Life bukanlah sekedar duplikasi dari asuransi konvensional. “Kami melihat floating market masih besar. Kalau mengeluarkan produk sama dengan konvensional, maka nasabah hanya melihat mana yang benefit lebih tinggi. Tapi, kalau siapkan produk inovatif hanya di syariah, tidak ada di konvensional, maka produk syariah tidak akan menjadi produk kedua, tapi pilihan pertama sebelum nasabah membeli proteksi,” papar Ade.

Ade mengklaim, pihaknya pun punya komitmen tinggi untuk pengembangan sektor asuransi syariah. Menurut Ade, keunikan di FWD syariah adalah melalui pendekatan passion. Kami melihat tren sekarang ini setiap individu punya tren passion masing-masing jadi kami masuk proteksinya ke sana,” pungkasnya.

Rambah Paltform Digital

Selain itu, perusahaan asuransi ini juga secara total berkomitmen untuk mengembangkan dana investasi lewat platform digital FWD Life yang sudah mencapai Rp 500 miliar.

Dalam Media Workshop FWD Life, Selasa (8/11), Ade menjelaskan seiring perubahan digital yang cepat, maka FWD Life pun dituntut untuk terus berinovasi. “Kami berkomitmen membuat platform digital sendiri untuk menyambut generasi yang aktivitasnya fully digital, jadi ketika nanti itu booming kami siap mengantisipasi itu,” tambah Ade.

Sejak memeroleh lisensi unit syariah pada Agustus 2015, pihaknya pun mempersiapkan platform digital secara serius untuk diluncurkan pada tahun ini. Hal itu dilakukan agar asuransi syariah tampil dengan akselerasi penetrasi khususnya di platform digital.

 “Jadi kami meluncurkan e-commerce FWD yaitu website e-FWD. Melalui itu, masyarakat bisa masuk platform e-commerce dan membeli proteksi. Tidak perlu bertemu tenaga pemasar dan datang ke kantor FWD karena mungkin ada yang malas bertemu dengan agen, jadi bisa melakukan pembelian secara e-commerce,” jelasnya.

Sebelumnya, asuransi jiwa FWD yang mulai hadir di Indonesia sejak 2014 mengklaim sebagai pencetus platform penjualan tanpa kertas (paperless) di industri asuransi Indonesia. Kini asetnya mencapai Rp 483 miliar dengan modal disetor Rp 1 triliun. Sejak beroperasi, FWD Life telah mengucurkan dana investasi untuk platform digital sebesar Rp 200 miliar. (fau/dbs)

 


Back to Top