Tak Lupa Identitas, Begini Aktivitas Dakwah Muslim Kolombia

gomuslim.co.id- Aktivitas dakwah terus dilakukan Muslim Kolombia. Hal ini dilakukan demi menjaga eksistensi dan identitas mereka sebagai umat Muslim di negara bagian selatan benua Amerika itu. Muslim Kolombia selalu berusaha menunaikan ibadah, hidup dengan damai, dan terus berdakwah mensyiarkan ajaran kebaikan di tengah-tengah masyarakat.

Muslim di Kolombia mampu berintegrasi secara penuh dengan semua lapisan masyarakat. Menurut data, jumlah Muslim di Maicao ada sekitar 1.300 orang. Sebagian besar menjalani pekerjaan sebagai pelaku bisnis. Jumlah mereka terus menyusut. Pada tahun 1980-an, jumlah Muslim yang ada di Maicao 5.000 orang. Namun, sebagian besar dari mereka pindah ke kota-kota lainnya di Kolombia yang dianggap lebih menguntungkan untuk tempat usaha.

Menurut Pedro Delgado penduduk asli Kolombia yang telah memeluk Islam sejak 20 tahun lalu, tak kurang dari 500 anak dan remaja Muslim setiap hari melangkahkan kaki ke Masjid Omar Ibn Al Khattab untuk belajar Alquran dan bahasa Arab. Masjid memang memiliki peran penting dalam memberikan pendidikan semacam itu.

Delgado menambahkan Masjid Omar Ibn Al Khattab tidak hanya bagi anak-anak dan remaja, namun berfungsi sebagai pusat pembelajaran Alquran dan bahasa Arab untuk kalangan Muslim di Kota Maicao. “Masjid yang menjadi pusat kegiatan Muslim di Maicao ini merupakan masjid kedua terbesar di Amerika Latin. Masjid ini memiliki rancangan dan arsitektur yang unik. Bagi penduduk lokal, masjid ini kerap disebut la Mezquita,” ujarnya.

Selain itu, di dalam kawasan Masjid Omar Ibn Al Khattab ini juga terdapat Dar Alarkan School yang menjadi pusat pendidikan Muslim. Masjid yang dibangun pada September 1997 ini dapat menampung lebih dari 1.000 jamaah. Selain Masjid Omar Ibn Al Khattab, ada beberapa masjid lain yang terdapat di Kolombia. “Di antaranya Masjid Agung Istanbul yang ada di ibu kota Kolombia, Bogota. Ada masjid di kota besar lainnya, yaitu di San Andres dan Cartagena,” paparnya.

Menurut catatan sejarah, awal mula Muslim yang tinggal di wilayah ini adalah para imigran yang berasal dari negara-negara timur tengah pada sekitar akhir abad ke-19. Kemudian, disusul para imigran yang berasal dari Asia Selatan dan kini juga banyak warga lokal yang tertarik menjadi mualaf.

Kolombia memiliki populasi Muslim sebanyak 86 ribu jiwa yang berarti mencakup 0,2 persen dari total penduduk yang berjumlah sekitar 42 juta orang. Kebanyakan Muslim Kolombia adalah orang Lebanon, Suriah, dan Palestina. Mereka datang ke Kolombia sekitar 1880 hingga 1960.

Mereka datang karena perang yang terjadi di Timur Tengah dan mencari kehidupan yang lebih baik lagi dibandingkan tempat asal mereka. Kebanyakan, para imigran pertama tampak sebagai Muslim yang taat dibandingkan dengan generasi kedua dan ketiganya. Muslim generasi pertama sebagian besar masih berbicara dalam bahasa Arab antara satu dengan yang lain. (njs/dbs)


Back to Top