OPQ 2016

Be An Amazing Muslimah: Ini Cerita Oki Setiana Dewi di Talkshow Olimpiade Pecinta Quran

gomuslim.co.id- Cantik bukan berarti berwajah indah dipandang, berkulit putih dan memiliki tubuh yang langsing. Namun cantik yang sesungguhnya adalah cantik dalam segala sisi yakni sholeha, mampu mengisi waktu yang dimilikinya untuk selalu belajar banyak hal, selalu menjaga kebersihan diri, pandai dalam ilmu agama dan tentunya menyibukkan diri dengan One Day One Juz.
 
Hal tersebut adalah penilaian cantik menurut Oki Setiana Dewi pada acara talkshow yang bertajuk "Be An Amazing Muslimah" yang di selenggarakan oleh Olimpiade Pecinta Qur’an (OPQ), Rabu (7/11) di Islamic Center Bekasi. 
 
Aktris film Ketika Cinta Bertasbih ini mengatakan bahwa untuk menjadi muslimah yang hebat adalah wanita yang cantik dari semua sisi. Wanita hebat adalah dia yang menggunakan masa mudanya dengan sebaik mungkin, mempergunakan waktu 24 jamnya dengan belajar dari segala hal, dan tentunya meninggalkan perbuatan yang tidak ada manfaat bagi dirinya. 
 
“Waktu diibaratkan pedang yang dapat menebas leher kita kapan saja, jika kita tidak dapat mempergunakannya dengan sebaik mungkin, sama halnya dengan waktu, jika kita tidak dapat memanfaatkan waktu dengan baik, maka waktu yang akan memotong hidup kita, maka dari itu jangan sia-siakan waktu,” kata ibu dua anak ini.
 
Dia juga mengatakan bahwa keistiqomahan dan keikhlasan sangat penting untuk menjadi wanita muslim yang hebat, karena keimanan seseorang dapat naik turun, oleh sebab itu penting bagi wanita muslim untuk terus meminta doa dan perlindungan kepada Allah SWT, karena setan selalu punya banyak cara untuk menganggu manusia. 
 
Di sela-sela talkshow yang diselingi dengan sesi tanya jawab oleh peserta, ada yang bertanya mengenai cara menjaga agar tetap istiqomah dalam menjalani setiap tantangan. “Semakin berat ujianmu, maka semakin tinggi derajatmu. Barangsiapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah SWT maka Allah SWT akan menggantinya dengan yang lebih baik, istiqomah memang sangat sulit namun harus kita pelajari untuk mencapainya dan menanamkannya kepada diri sendiri”, ujarnya. 
 
Menjadi wanita hebat bukan persoalan mudah, dia harus pandai dalam membagi waktu, Oki berbagi pengalaman bahwa untuk membagi waktu yang diperlukan adalah dengan membuat perencanaan setiap hari, apa saja yang akan dikerjakan dan buat skala prioritasnya. 
 
“Teruslah sibukkan diri dengan fokus berbuat kebaikan, upgrade diri setiap hari. Jangan sampai ada waktu yang terbuang sia-sia karena jika kita disibukan dengan keburukan, itu dikarenakan kita terlalu banyak memiliki waktu luang, karena itu mulailah sibukkan diri dari hal-hal positif. Salah satunya melakukan hal-hal yang disukai seperti berbisnis atau berdagang, pilihlah bisnis yang menyenangkan dan sesuai passion. Jika kita memiliki hobi memasak maka berbisnislah di bidang kuliner, jika menyukai fashion maka berbisnislah yang berhubungan dengan busana muslim, hijab atau lain sebagainya,” ucapnya.
 
Wanita yang juga memiliki bisnis busana muslim ternama ini mengatakan bahwa menurutnya pekerjaan yang menyenangkan adalah berdagang. Karena dengan berdagang waktu yang dimiliki menjadi flexible dan tentunya dapat membantu orang lain mendapatkan pekerjaan.
 
Oki juga dikenal sebagai Penulis buku, di antaranya Melukis Pelangi. Saat ditanya mengenai kiat menjadi penulis yang baik seperti apa, Oki menjelaskan bahwa untuk menjadi penulis yang hebat dibutuhkan keistiqomahan. Menulis harus istiqomah, fokus dan berusaha menyelesaikan apa yang dimulai dan disesuaikan dengan target-target selanjutnya. Untuk sebelum memulai menulis disarankan untuk berwudhu dan menulis dengan jujur. Karena sesuatu yang disampaikan dari hati maka akan tersampaikan ke hati.
 
“Karena sesungguhnya kegagalan membuat kita belajar, memperkaya diri dengan informasi baru adalah salah satu wujud mengupgrade diri,” katanya. 
 
Di akhir talkshow Oki menuturkan bahwa untuk menjadi wanita muslimah yang hebat adlah perkara yang mudah, namun prosesnya yang harus diiringi dengan kesabaran hati. 
 
“Mulai saat ini jadilah wanita muslimah hebat yang mampu mengukur diri, membuat target dan tentukan skala prioritasnya berdasarkan mimpi-mimpi yang ingin dicapai. Disiplin dengan waktu, sibukkan diri dengan hal-hal kebaikan dan tentunya luruskan niat karena Allah SWT,” ujarnya. (nat)

Back to Top