Begini Kemeriahan Gelaran MTQ Khusus Mualaf di Kota Tarakan

gomuslim.co.id- Perhelatan Musabaqah Tilawati Quran (MTQ) Mualaf ke-2 tingkat Kota Tarakan berjalan lancar. Tercatat ada 73 mualaf sebagai peserta yang mewakili empat kecamatan se-Kota Tarakan yang turut berpartisipasi dalam MTQ ini. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Masjid Agung Al-Ma’arif, Selumit, Tarakan beberapa waktu lalu.

Event tahunan ini digelar atas kerja sama Baznas Tarakan dan Kementerian Agama Kota Tarakan. Kegiatan secara resmi ditutup oleh Wali Kota Tarakan yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setkot Tarakan Ir. Jamaluddin.

Dalam sambutannya, Jamaluddin mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya terhadap kegiatan MTQ ini. Menurutnya, tidak ada di daerah lain di Indonesia yang menyelenggarakan kegiatan tersebut. Ia juga berharap kegiatan ini terus dapat berlanjut dan lebih meriah di masa mendatang. 

“Saya sangat bangga dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak penyelenggara, dalam hal ini Kementerian Agama Tarakan dan Baznas Tarakan. Terkhusus lagi kepada saudara-saudara kita para mualaf yang begitu antusias dalam mengikuti lomba ini. Semoga tahun depan bisa lebih meriah,” ujarnya.

Lebih lanjut Jamaludin juga mengucapkan terimakasih para dermawan yang telah memberikan donasinya demi semaraknya kegiatan ini. “Semoga para muhsinin ini mendapatkan balasan pahala dan kebaikan dari Allah SWT,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Kepala Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Utara H. Suriasyah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tarakan Drs. H. Imam Mochtar, serta pejabat lainnya di Kaltara.

Dalam sambutannya, Suriansyah menyampaikan bahwa Tarakan selalu mempunyai gagasan yang menarik dan berbeda dari wilayah lainnya. “Yang saya tahu ini hanya ada di Kota Tarakan, belum pernah ada di daerah-daerah lain. Tarakan ini memang luar biasa, meskipun kota kecil, di pulau yang kecil tetapi banyak mencetuskan gagasan-gagasan besar hingga di tingkat nasional,” ujarnya.

Di sisi lain, ia juga menjanjikan untuk memperjuangkan agar event tersebut dapat juga dilaksanakan di daerah lain se-Kaltara hingga ke tingkat provinsi. “Insya Allah akan kami anggarkan nanti di Kementerian Agama Provinsi Kaltara, sehingga tahun depan atau di tahun berikutnya sudah bisa dilaksanakan MTQ yang sama di tingkat provinsi,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Imam juga mengharapkan agar kegiatan ini terus dipertahankan kedepannya. “Tahun ini kami masih memiliki anggaran untuk pelaksanaan MTQ Muallaf meskipun pendanaannya bersama-sama Baznas Tarakan. Saya tidak tahu apakah nanti di tahun-tahun berikutnya masih ada. Sehingga saya berharap dengan dukungan Baznas, atau MUI dan LPTQ atau Pemkot Tarakan, nantinya bisa membantu agar kegiatan ini tetap terlaksana seterusnya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Tarakan K.H. Zainuddin Dalila mengatakan kegiatan MTQ ini digelar selama dua hari. Ada beberapa perlombaan yang memeriahkan acara ini seperti lomba tilawah dan cerdas cermat, salat, adzan, kultum dan testimoni hidayah.

Selain itu panitia juga tidak hanya menyediakan hadiah uang pembinaan dan tropi, tetapi juga ada hadiah tambahan dari dermawan yang mensponsori acara ini. “Pokoknya, panitia menjamin yang menang dan tidak menang semua bisa bawa pulang oleh-oleh hadiah,” ujarnya.

Di ujung acara, panitia membagikan hadiah kepada para pemenang dalam bentuk tropi dan uang pembinaan. Selain itu ada tiket pesawat Tarakan-Balikpapan (PP) plus menginap di hotel di Balikpapan selama satu malam, voucher menginap di hotel berbintang dan hotel melati di Tarakan, kulkas,jam dinding, paket busana muslim, paket sembako dan hadiah menarik lainnya.

Panitia pelaksana Syamsi Sarman mengungkapkan kepada Radar Tarakan, pihaknya sengaja memfasilitasi para donatur untuk mensponsori kegiatan ini, agar syiarnya lebih semarak dan untuk menggembirakan para mualaf. Alhamdulillah banyak dukungan hadiah dari para donatur termasuk untuk meramaikan acara ini dengan doorprize,” ungkapnya.(njs/dbs)

 


Back to Top