OPQ 2016

Final Lomba Utama di Olimpiade Pecinta Quran Resmi Dibuka

gomuslim.co.id- Hari ketujuh di pekan Olimpiade Pencinta Quran (OPQ) 2016 yang diselenggarakan One Day One Juz (ODOJ) masih berlangsung meriah. Perlombaan utama seperti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ), dan Musabaqah Tafsir Quran (TQ) secara resmi telah dibuka pada Jumat (11/11). Kegiatan ini secara langsung dibuka oleh Wakil Walikota Bekasi, H. Ahmad Syaikhu.

Dalam sambutannya Ahmad Syaikhu mengucapkan terimakasih kepada penyelenggara OPQ dalam hal ini ODOJ yang telah memilih kota Bekasi sebagai tempat digelarnya acara tersebut. “Selamat datang kami ucapkan kepada seluruh peserta MTQ, MHQ dan TQ dari seluruh penjuru Tanah Air. Tak lupa kami juga mengucapkan terimakasih kepada panitia penyelenggara karena telah memilih kota Bekasi sebagai tempat dari kegiatan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Syaikhu mengungkapkan Kota Bekasi memiliki visi ke depan ingin menjadi kota yang Ihsan dan masyarakatnya berjiwa Qurani. “Semoga dengan penyelenggaraan kegiatan ini, keberkahan Allah senantiasa menyertai kota ini sehingga bisa menunjang dalam mewujudkan cita-cita mulia itu,” tambahnya.

Selain itu, di sela-sela sambutannya, Syaikhu juga melantunkan ayat suci Alquran dengan sangat merdu layaknya seorang Qori Nasional. “Sebagai Muslim tentu kita harus bisa membaca Alquran dengan sebaik-baiknya secara benar. Selain mampu membaca, kita juga dituntut untuk memahami isi kandungan Alquran dengan baik, dan tentu yang utama juga dengan mengamalkan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, Lomba MTQ, MHQ, TQ dalam rangkaian kegiatan OPQ tahun 2016, dengan ini saya nyatakan secara resmi dibuka,” ujar Syaikhu seraya mengetuk mic sebagai tanda dimulainya perlombaan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum ODOJ Ricky Arinaldi menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan OPQ 2016 khususnya kepada seluruh panitia. “Terimakasih juga kepada peserta, dan semua partner di OPQ. Mudah-mudahan ini menjadi semangat Quran yang tidak hanya terjadi di hari ini saja, tetapi juga besok dan seterusnya termasuk nanti di tangal 13 november di puncak tilawah akbar,” ungkapya.

Ricky juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta MTQ, MHQ dan TQ yang telah datang dari jauh-jauh. “Saya sangat mengapresiasi sekali para peserta dari seluruh penjuru nusantara dari Papua, Nusa Tenggara, bahkan ada juga peserta kita dari negara Mesir,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana OPQ 2016 Bakat Setiaji menuturkan kegiatan perlombaan utama ini akan dilaksanakan hari ini sampai besok hari. “Hari ini saya memohon dukungan dan doa dari semuanya agar penyelenggaraan sampai hari terakhir bisa betul-betul memberikan manfaat dan menjadi catatan sejarah bagi kita dan anak cucu kita,” harapnya.

Sebagai informasi, pelaksanaan final lomba utama kali ini terdiri dari tiga kategori yaitu kategori tilawah, hafizh atau hafalan, dan tafsir Alquran. Dari ketiga lomba ini akan dibagi ke dalam tujuh golongan yaitu MTQ untuk ikhwan (laki-laki), akhwat (perempuan) dan anak-anak. Selanjutnya, MHQ untuk ikhwan, akhwat, dan anak-anak. Dan terakhir lomba Tafsir Alquran.

Selain itu, di acara pembukaan ada pula pembacaan puisi perjuangan ODOJ yang dibacakan oleh Khairurrahmah. Dalam puisi tersebut terselip pesan supaya anggota komunitas dan umat Islam selalu terjaga dalam jamaah kebaikan. Terakhir, Wakil Walikota Bekasi memberikan kenang-kenangan simbolis kepada Ketua Pelaksana OPQ dan Ketua Komunitas ODOJ.

Pekan Olimpiade Pecinta Quran 2016 ini berlangsung sejak Sabtu (05/11) sampai Sabty (12/11) di Islamic Center Bekasi yang diisi dengan festival Alquran dan talkshow inspiratif. Sedangkan pada hari kesembilan, yaitu Ahad (13/11), acara closing akan diisi dengan Tilawah Akbar bersama ribuan ODOJer dan juga para tamu undangan, seperti Syaikh dari lima benua dan Qari asal Bosnia Fatih Seferagic. (njs)


Back to Top