OPQ 2016

Begini Kemeriahan Closing Olimpiade Pecinta Quran-One Day One Juz

gomuslim.co.id- Perhelatan Olimpiade Pecinta Quran (OPQ) 2016 masuk ke acara penutup pada Mainggu (13/11). Acara closing ini berlangsung meriah. Komunitas One Day One Juz (ODOJ) sebagai penyelenggara acara menghadirkan beragam  kegiatan yang berlangsung di Stadion Patriot Chandrabhaga Bekasi.

Selain dihadiri oleh ribuan peserta Tilawah Akbar, OPQ  dikemas dengan beragam acara, seperti pertunjukan seni, parade kontingen dari 24 Provinsi dan satu negara perwakilan peserta lomba utama OPQ, pembacaan Alquran dan saritilawah lima bahasa, ikrar 1000 pengajar Alquran, dan yang paling ditunggu, yaitu Tilawah Akbar bersama lima Syaikh dari lima benua, termasuk Qari dan Hafidz Quran asal Bosnia, Fatih Seferagic.

Sambutan Baik dari Berbagai Pihak

Pada kesempatan tersebut, hadir pula para pejabat setempat untuk mendukung perhelatan akbar pertama komunitas ODOJ sejak berdiri tahun 2013. Mereka adalah Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Hidayat Nur Wahid, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengapresiasi terlaksananya event OPQ 2016 ini. Katanya, semangat cinta Alquran memang harus masuk ke diri sendiri, keluarga, dan orang-orang terdekat. “Alquran adalah bagian dari kemuliaan Islam. Maka, dengan adanya komunitas ODOJ ini semoga semakin bertambah anggotanya, sehingga makin meluskan semangat cinta Aquran untuk Indonesia, “ papar Gubernur Jabar.

Tilawah Akbar Bersama Syaikh dari Lima Benua

Qari dan hafidz Quran Asal Bosnia, Fatih Seferagic hadir dalam acara penutupan perhelatan OPQ 2016 di Stadion Patriot. Kehadiran Fatih, begitu ia akrab disapa, menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu oleh ribuan masyarakat yang hadir di event yang diselenggarakkan oleh komunitas ODOJ ini.

Pada kesempatan tersebut, Fatih bersama empat Syaikh dari lima benua memimpin Tilawah Akbar bersama masyarakat yang hadir di Stadion Patriot. Para Syaikh tersebut di antaranya Syaikh Abdurahim dari Amerika Serikat, Syaikh M. Thayib dari Sudan, Syaikh M. Khatib dari Syria, dan Syaikh Ali Abdullah dari Australia. Tilawah Akbar dilakukan dengan membaca Alquran juz 30 dimulai dari Surat Al Balad sampai Surat Annas secara bergantian.

Kemudian, lantunan ayat suci Alqran pun menggema seantero Stadion Patriot. Khususnya suara bacaan Alquran dari sang Qari dan Hafidz muda berusia 21 tahun, Fatih Seferagic. Pada kesempatan tersebut, Fatih membaca Surat Al Kafirun sampai Surat Annas dan ditambah Surat Al Mulk untuk mengakhiri Tilawah Akbar.

Ikrar 1000 Pengajar Alquran dan Penampilan Robot ODOJ

Selain Tilawah Akbar, acara closing OPQ 2016 ini juga diisi dengan penobatan dan ikrar 1000 pengajar Alquran untuk mengembangkan Lembaga Pengajaran Alquran (LPQ) ODOJ. Dalam kesempatan tersebut, ODOJ juga meluncurkan program baru mereka, yaitu LPQ untuk mencari bibit-bibit pengajar Alquran yang kompeten, agar para anggota ODOJers di mana saja berada bisa mengakses LPQ ini untuk belajar Alquran.

Selain itu, robot karya ODOJ juga dipamerkan di panggung utama perhelatan closing OPQ 2016 ini. Robot bernama Roky ini adalah ide orisinil panitia OPQ dalam pengerjaannya. Dengan tinggi 150 cm, robot ini menggambarkan sosok santri muda modern yang berkopiah dan mengenakan jas. Tidak hanya itu, robot ini juga mempunyai keahlian khusus di antaranya adalah bisa mengaji dan minum.

“Alhamdulillah Festival Olimpiade Pecinta Quran selama sembilan hari menghadirkan 120 tenat bazar, 81 pengisi acara, dan dihadiri 115.000 orang. Sedangkan pada tanggal 11 sampai 12 November, final lomba-loma utama sudah berlangsung, yaitu lomba MTQ, MHQ, dan Tafsir Alquran yang mana berjumlah 214 orang dari juara-juara perwakilan 24 Provinsi dan satu negara, “ papar Ketua Pelaksana OPQ 2016 Bakat Setiaji.

Pada acara closing OPQ ini, Bakat juga berharap semoga acara ini bisa memberikan bukti bahwa cita-cita ‘membumikan Alquran dan melangitkan manusia’ bisa segera terwujud di Indonesia. Event closing ini ditutup dengan penampilan konser amal untuk Palestina bersama Wali Band.

Sebelumnya, OPQ 2016 berlangsng selama delapan hari mulai tanggal 5 sampai tanggal 12 November 2016 di Islamic Centre Bekasi. OPQ tersebut diisi dengan beragam kegiatan, di antaranya  Festival Alquran, baazar, dan talkshow inspiratif. (fau)


Back to Top