Permudah Muslim Beribadah, Enam Stadion di Eropa Ini Miliki Masjid

gomuslim.co.id- Populasi Muslim di tanah Eropa terus mengalami peningkatan. Hal demikian seiring dengan banyaknya penduduk asal Timur tengah yang memutuskan untuk migrasi dan pindah kewarganegaraan. Tidak heran jika tempat ibadah seperti Masjid semakin banyak dibangun termasuk di kawasan stadion sepakbola.

Di Eropa, banyak stadion yang memiliki fasilitas lengkap sehingga membuat para penontonnya merasa nyaman. Namun, bisa dikatakan tidak banyak yang memiliki tempat ibadah masjid. Keberadaan masjid sendiri sangat penting bagi pemeluk agama Islam sebagai sarana untuk melaksanakan ibadah shalat lima waktu.

Untuk menghormati pemain sepak bola atau para pengunjungnya agar bisa menjalankan ibadah, beberapa stadion ini membangun Masjid untuk sarana beribadah bagi pemeluk agama Islam. Publikasi International Sport menyebutkan ada enam stadion olahraga yang memiliki Masjid di Eropa.

Pertama, Etihad Stadium. Stadion ini merupakan markas Manchester City yang terletak di kota Manchester, Inggris. Stadion yang berkapasitas 47.726 tempat duduk itu memiliki masjid di dalamnya. Para pengunjung tidak perlu khawatir jika suatu saat berkunjung ke stadion ini.

Pembangunan masjid sendiri dilakukan setelah The Citizens (julukan MCFC) dibeli oleh pengusaha dari Abu Dhabi, Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, pada 2008 silam. Masjid di Etihad Stadium diyakini berdiri karena pemilik klub City berasal dari negara Timur Tengah, Uni Emirat Arab. Selain itu ada beberapa pemain Muslim yang membela klub ini seperti Bacary Sagna, Samir Nasri, dan Ilkay Gundogan.

Kedua, Allianz Arena. Stadion milik Bayern Muenchen ini juga memiliki masjid. Stadion berkapasitas 75.000 tempat duduk itu pernah menjadi stadion final Liga Champions 2011-2012 yang mempertemukan Muenchen dengan Chelsea.

Masjid di Allianz Arena didirikan untuk menghargai pemain Munchen yang muslim seperti Xherdan Shaqiri, Emre Can, dan Franck Ribery. Masjid itu juga didirikan untuk memfasilitasi suporter yang beragama Islam.

Ketiga, Central Stadium Kazan. Stadion selanjutnya yang memiliki masjid di dalamnya adalah Central Stadium Kazan, milik Rubin Kazan. Stadion yang berkapasitas 30.133 tempat duduk itu terletak di tengah kota Kazan, Rusia. Masjid itu dibuat karena 55 persen penduduk di Kazan merupakan umat muslim. Nama masjid di Central Stadium Kazan adalah Qolsharif Mosque.

Keempat, Ewood Park. Stadion markas  Blackburn Rovers FC ini juga merupakan stadion yang memiliki masjid di dalamnya. Memiliki kapasitas 31.367 tempat duduk, Masjid di Ewood Park dibangun dengan harapan untuk memfasilitasi suporter yang datang dari latar belakang dan agama yang berbeda.

Kelima, St. James Park. Stadion ini merupakan kandang dari Newcastle United. Terdapat masjid di St.James Park karena banyak pemain muslim yang bermain di Newcastle. Para pemain yang beragama Islam itu adalah Papiss Demba Cisse, Mehdi Abeid, Moussa Sissoko, dan Massadio Haidara.

Terakhir, Macron Stadium. Stadion ini menjadi markas Bolton Wanderers. Sebelumnya, nama stadion yang berkapasitas 28.723 tempat duduk itu adalah Bolton Reebok Stadium. Masjid di Macron Stadium didirikan karena cukup banyak warga di Bolton, Inggris, yang menganut agama Islam.

Bagi Anda pencinta sepakbola, tidak perlu khawatir kesulitan menemukan tempat ibadah karena masjid-masjid di stadion ini bisa menjadi rekomendasi saat berkunjung ke Eropa. (njs/dbs)


Back to Top