Rayakan Keberagaman, Apple Rilis Emoji Hijab untuk 'Ngobrol' Online

gomuslim.co.id– Dalam kurun waktu setahun terakhir ini, Apple yakni vendor smarrtphone ternama ingin merayakan keberagaman dengan memunculkan berbagai macam emoji. Perusahaan ini merancang khusus emoji yang mengakomodasi berbagai budaya, warna kulit, bahkan orientasi seksual yang disusul kontroversi.

Namun, hingga kini belum ada satu pun emoji yang merepresentasikan perempuan Muslim sebagai bagian dari masyarakat dan pengguna Iphone dunia. Kenyataan ini memicu ide remaja berusia 15 tahun untuk memberikan sebuah ide kepada perusahaan teknologi ini.

Untuk diketahui, Rayouf Alhumedh sendiri merupakan gadis asal Arab Saudi yang tinggal di Berlin, Jerman. Ia mengajukan desainnya kepada Unicode agar diperkenalkan bersamaan dengan rilis Unicode 10 tahun depan. 

Seperti banyak remaja lain, Rayouf menggunakan berbagai emoji ketika berkomunikasi dengan teman via Whatsapp (WA). Namun, ia mengaku kesal karena tidak karena tidak ada karakter yang mampu mengidentifikasi identitasnya sebagai muslimah berhijab.

Kepada Washington Post, ia berkata bahwa dirinya menginginkan sebuah emoji untuk merepresentasikan dirinya."Saya ingin sesuatu yang merepresentasikan diri saya, juga jutaan perempuan yang menggunakan jilbab setiap hari, dan bangga dengan apa yang mereka kenakan."

Setelah beberapa bulan mengampanyekan keinginannya, Unicode, perusahaan R&D Apple akhirnya mengabulkan harapannya. Ia juga mendapat dukungan dari berbagai pihak termasuk Mena Albalkimi, perempuan asal Arab Saudi yang menyampaikan keinginan yang sama kepada media Inggris Metro.

"Saya akan sangat senang apabila ada emoji hijab. Saya pikir penting untuk memiliki rangkaian emoji yang beragam dan menggambarkan semua kebudayaan. Apalagi hijab telah banyak disalahartikan sebagai penghalang dalam menjalani aktivitas sehari-hari," kata dia.

Selain emoji hijab, Unicode juga menyetujui 51 desain lain. Salah satu juga mendapat sambutan ialah emoji menyusui ibu (breastfeeding).  Akan ada 36 emoji baru berbentuk wajah, termasuk mimik meringis dengan mata berbintang, wajah tersenyum sembari berdandan, serta ekspresi terkejut dengan kepala meledak.

Di bagian makanan, pengguna akan menemuka menu baru berupa pie, pretzel, dan sandwich. Ada pula koleksi emoji hewan baru seperti jerapah, zebra, anjing, dan t-rex. Direncanakan, emoji-emoji ini baru bisa dipakai pada pertengahan tahun 2017 mendatang. 

Sementara itu, meskipun pangsa pasar ponsel Apple mengalami penurunan, tapi perusahaan yang dipimpin Tim Cook ini tetap meraup keuntungan dalam jumlah besar.

Berdasarkan etimasi analis BMO Capital Markets Tim Long, Apple menyumbang 103,6% dari laba usaha industri smartphone di kuartal ketiga 2016. Padahal di periode yang sama di tahun sebelumnya, Apple hanya mendapatkan 90%. Kenapa perusahan besutan Steve Jobs itu mampu menembus lebih dari 100%? Menurut Long, ini lantaran ada vendor yang menderita kerugian cukup besar, sehingga membuat besaran keuntungan Apple di industri ponsel jadi lebih besar ketimbang lainnya. Apple sendiri memiliki pangsa pasar sebesar 13,2% . (ari/dbs)

Baca juga:

Netizen Segera Miliki Emoji Hijab Untuk ‘Ngobrol’ Online


Back to Top