Hijaber Ini Jadi Legislator Muslim Somalia Pertama di Amerika Serikat

gomuslim.co.id- Seorang muslimah asal Somalia ini dipilih negara bagian Minnesota untuk menjadi legislator perwakilan mereka di pemerintahan Amerika Serikat. Muslimah ini pun menjadi hijaber pertama Somalia yang bekerja di pemerintahan Amerika Serikat. 

Adalah Ilhan Omar, seorang analis kebijakan yang berpengalaman. Dia adalah aktivis DFL progresif, koalisi builder dan pendidik masyarakat. Baru-baru ini, ia menjabat sebagai Direktur Inisiatif Kebijakan di Women Organizing Perempuan, di mana dia diberdayakan wanita Afrika Timur untuk mengambil peran kepemimpinan sipil di komunitas mereka. Ilhan tinggal di kawasan Tepi Barat Minneapolis bersama suami dan tiga anak mereka. 

Wanita muslim yang berusia 34 tahun ini datang ke Amerika sebagai pengungsi pada 20 tahun yang lalu dan mengalahkan lawan Republiknya untuk mendapatkan kursi di dewan perwakilan rakyat. Ketika berusia dua belas tahun,  Ilhan bersama keluarganya bermigrasi ke negara Amerika untuk menghindari perang saudara di Somalia. Selama empat tahun pertama, Ilhan harus hidup bersama keluarganya di kamp penampungan pengungsi asal Kenya. Kini, dia terpilih mewakili Minnesota sebagai legislator.

“Ini adalah permulaan dari sesuatu yang baru. Distrik ini memiliki warisan membuat sejarah. Saya senang atas nilai-nilai progresif kami dan mampu menapak hingga Gedung Capitol untuk mewakili warga yang beraneka ragam di distrik ini serta menjadi pemenang bagi dan untuk mereka,” ungkap Ilhan yang dikutip Start Tribune.

Omar yang tergabung dalam partai lokal Minnesota Democratic-Farmer-Labor-Party (DFL) ini, terpilih mewakili distrik 60B Minneapolis dalam pemilu 8 November lalu. DFL sendiri berafiliasi dengan Partai Demokrat AS. Dia menggantikan Phyllis Kahn, juga dari DFL, yang menduduki kursi parlemen Minnesota untuk distrik 60B sejak tahun 1973.

“Saya bersemangat untuk memperjuangkan nilai-nilai progresif kita dan mampu berdiri di Capitol (negara bagian Minnesota) mewakili orang-orang yang beragam dari distrik saya dan menjadi pemenang bersama mereka dan untuk mereka,” imbuhnya.

Negara bagian Minnesota memiliki kantor parlemen yang disebut Minnesota State Capitol yang terletak di kota Saint Paul. Omar menyatakan dirinya ingin membantu wiraswasta wanita, mecapai reformasi hukum dan memastikan suplai air serta udara bersih untuk konstituennya.

Ilhan berkiprah di bidang politik mulai pada usia 14 tahun ketika dia sebagai penerjemah untuk kakeknya di Kaukus DFL lokal. Dia datang untuk melakukan advokasi untuk perubahan di tingkat akar rumput yang dibuat Ilhan jatuh cinta dengan proses demokrasi.

Setelah menganjurkan sebagai organisasi mahasiswa di Edison High School, Ilhan bekerja sebagai pendidik kesehatan masyarakat di University of Minnesota, Best Buy di Minnesota Departemen Pendidikan dan paling baru-baru ini Aide Kebijakan senior untuk Anggota Minneapolis Dewan Kota Andrew Johnson. Di Balai Kota, Ilhan menyaksikan kekuatan membawa suara baru untuk mencerminkan nilai-nilai masyarakat. Melalui pekerjaannya sebagai analis kebijakan dan advokasi masyarakat, Ilhan telah maju isu-isu penting, termasuk dukungan untuk keluarga yang bekerja, akses pendidikan, perlindungan lingkungan, dan ekuitas ras. (nat/dbs)


Back to Top