Jelang Olimpiade 2020, Felcra Malaysia Siapkan Produk Pangan Halal ke Jepang

gomuslim.co.id- Industri produk halal kini sedang diincar oleh beberapa kalangan pengusaha. Melalui berbagai ajang bergengsi di dunia, para pengusaha mencoba untuk masuk pasar yang di dalamnya banyak Muslim yang berpartisipasi. Salah satunya yang dilakukan oleh Felcra Berhad (Felcra). Baru-baru ini, perusahaan asal Malaysia tersebut berencana memperluas lahan bisnis baru dengan memasok produk pangan halal ke Jepang jelang penyelenggaraan Olimpiade 2020.

Sebagaimana diketahui, ajang perhelatan olahraga internasional Olimpiade Musim Panas 2020 atau dikenal dengan Games of the XXXII Olympiad itu dijadwalkan akan diselenggarakan di Tokyo, Jepang, pada tanggal 24 Juli-9 Agustus 2020 mendatang. Tokyo diumumkan sebagai kota tuan rumah dalam sidang IOC ke-125 di Buenos Aires, Argentina, pada tanggal 7 September 2013 silam.

Chairman Felcra Datuk Bung Mokhtar Radin Mokhtar mengungkapkan rencana memasok produk pangan halal tersebut setelah pihaknya dihubungi oleh salah satu perusahaan besar dari Negeri Sakura. Perusahaan Jepang tersebut berminat melakukan kerja sama produk halal dengan Felcra dalam ajang olahraga paling bergengsi di dunia.

“Perlu saya jelaskan bahwa produk yang mereka minta kepada kami jumlahnya sangat besar. Jadi, kami masih mencari cara untuk bisa memenuhi kebutuhan itu. Sebagaimana kita tahu, dalam ajang olimpiade itu pasti akan banyak hadir Muslim dari seluruh dunia yang membutuhkan produk dan makanan yang diperbolehkan agama,” katanya sebagaimana dikutip Bernama beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Mokhtar menambahkan, Felcra juga telah menyertakan Departemen Pengembangan Islam (Jakim) untuk terlibat di pabrim tuna dan sardin mereka di Filipina agar bisa mendapat sertifikat halal. Dengan demikian, Felcra yakin tak ada masalah dengan rantai pasok. “Saat ini kita tengah mempersiapkan hal-hal penting yang mendasar seperti sertifikat halal dari lembaga yang terpercaya,” tambahnya.

Melalui bisnis pangan halal dan perumahan, Felcra menargetkan bisa meraih laba 100 juta ringgit per tahun mulai 2018. "Ini karena Felcra sedang berjuang mencetak laba di tengah merosotnya harga karet dan minyak sawit," ungkap Mokhtar. Sejak jadi perusahaan terbuka pada 1997, Felcra sudah membagi dividen lebih dari 9,5 miliar ringgit kepada 110.420 investornya.

Sebagai tuan rumah Olimpiade 2020, Jepang kini tengah menyiapkan diri sebaik mungkin. Dalam waktu persiapan sepanjang empat tahun, Direktur Kementerian Divisi Kebijakan Ekonomi, Tetsuya Otsuru memastikan acara olahraga akbar tersebut akan menarik banyak pengunjung. “Saya pikir akan banyak pengunjung Muslim yang datang ke Jepang empat tahun mendatang. Untuk itu kami ingin menjamin kebutuhan halal kepada mereka tentang selama berada di sini,” ujarnya.

Selama ini, kata Otsuru, Jepang memiliki tradisi terbatas untuk menyiapkan makanan halal. Ia mengungkapkan bahwa pihaknya perlu banyak belajar dari negara-negara mayoritas Muslim. Fokus Jepang, menurut Otsuru adalah mengadopsi standar-standar persiapan sesuai syariah yang telah dipatuhi oleh negara-negara Muslim. “Kami akan belajar ke negara-negara yang berpengalaman dalam sertifikasi halal, seperti negara Timur Tengah atau Asia Tenggara,” katanya.

Pihak kementerian lain menyatakan akan ada pengeluaran untuk perusahaan-perusahaan Jepang dalam mendapatkan sertifikasi yang layak. Maka mereka akan mendapatkan dana bantuan dari pemerintah. “Akan tetapi, saat ini belum ada langkah pasti, tetapi kami rasa penting untuk memulai dan meningkatkan dengan perusahaan-perusahaan di sektor swasta, contohnya tentang sertifikasi halal dari Brunei ke depannya,” imbuhnya. (njs/dbs)


Back to Top